Wabup Buka Pencanangan Rumah Sahabat Desa (RSD), Festival Potensi Daerah dan Pameran Poster Penelitian Dosen Uniku

UNIKU JAYA – Wakil Bupati Kuningan Muhammad Ridho Suganda, M.Si., secara resmi membuka kegiatan “Pencanangan Rumah Sahabat Desa (RSD), Festival Potensi Daerah dan Pameran Poster Penelitian Dosen Universitas Kuningan (Uniku)” di Gedung Student Center Iman Hidayat Kampus I, Kamis (17/01/2019).

Dalam sambutannya, Wabup Kuningan M Ridho Suganda, M.Si., mengatakan, negara kepulauan merupakan salah satu julukan yang dimiliki Indonesia. Ribuan pulau terbentang luas dengan daratan yang bersatu padu dengan lautannya.

“Masing-masing pulau terdiri dari ratusan daerah dengan potensinya yang beragam baik di kota maupun desa. Namun masing-masing memiliki cara yang berbeda dalam mengoptimilkan potensi desa yang ada. Setiap desa tentu memiliki potensinya masing-masing. Namun, tidak semua desa berhasil untuk memanfaatkannya, mengembangkan, bahkan mengoptimalkannya,” tuturnya.

Melihat keadaan ini, kini banyak lembaga baik negeri maupun swasta yang mulai memerhatikan hal ini dan ingin mengembangkan potensi desa. Hal ini disebabkan oleh adanya keyakinan dari sejumlah lembaga internasional maupun lokal yang menyatakan Indonesia akan menjadi salah satu kekuatan dunia pada 2030.

“Kekuatan tersebut dapat terjadi apabila seluruh daerah, baik di kota dan maupun di desa, dapat saling berkolaborasi untuk mengembangkan potensinya. Namun, seperti yang kita sadari bahwa saat ini sering terjadi kesenjangan antara desa dengan kota. Hal ini yang menyebabkan pengembangan potensi menjadi tidak maksimal,” ujarnya.

Oleh karena itu, hadirnya Rumah Sahabat Desa (RSD) menjadi salah satu solusi untuk memecahkan masalah desa dan mengembangkan potensi desa tersebut. Oleh karena itu, kami menyambut baik inisiasi dari PT Danarta dalam merintis RSD di Kabupaten Kuningan.

“Kami berharap Uniku bisa bersinergi dalam mengembangkan RSD tersebut dari sisi pendampingannya. Hadirnya RSD merupakan solusi atas permasalahan dan untuk pengembangan desa yang ada di Kabupaten Kuningan, yang memiliki visi misi yang sama untuk mengembagkan potensi desa dan saya berharap dengan keikutsertaan mahasiswa dan kaum muda dalam pengembangan desa, sangat membantu Kabupaten Kuningan dalam pengembangan di sektor media sosial dengan mempromosikan pariwisata dan yang lainnya,” tambahnya.

Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., dalam sambutannya, menyampaikan, Apresiasi penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran panitia pelaksana yang telah mempersiapkan kegiatan ini sehingga bisa terlaksana dengan lancar dan sukses.

“Terimakasih atas kepercayaan kepada Uniku khususnya dalam launching Rumah Sahabat Desa (RSD) yang pada hari ini akan diresmikan. Dan, saya sampaikan selamat datang di kampus kebanggaannya masyarakat Kabupaten Kuningan,” tuturnya.

Lebih jauh, sambung penikmat kopi hitam itu, menjelaskan, bahwa ada kesamaan visi,  salah satunya Uniku memiliki komitmen dalam pemberdayaan masyarakat. Kegiatan ini memberikan kontribusi terhadap masyarakat kuningan dengan di dukung oleh DAD dan BCA.

“Kegiatan yang didukung oleh DAD dan BCA itu, ada kesamaan visi dengan Uniku yang memiliki komitmen dalam pemberdayaan kepada masyarakat,” sambungnya.

Dirinya berharap, dengan diselenggarakannya kegiatan ini yang mana bentuk realisasi dari kerjasama antara Uniku dengan DAD itu, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak.

“Semoga, dari kegiatan yang merupakan realisasi kerjasama tersebut, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak,” harapnya.

Sedangkan, President BCA Herry Theo dalam sambutannya, mengatakan, saya mewakili BCA, mengucapkan terimakasih karena telah mendukung kegiatan kami dan kami harapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Kabupaten Kuningan.

“Terimakasih saya sampaikan kepada DAD dan Uniku yang telah mendukung kegiatan ini dan kita juga berharap, semoga kegiatan yang diselenggarakan pada hari ini memberikan manfaat bagi masyarakat Kabupaten Kuningan,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT. Danarta Anugrah Divina (DAD) Teguh Aaron Muir dalam sambutannya, mengatakan, desa memiliki potensi yang sangat besar, mencoba untuk mengembangkan dengan menggali potensi-potensi yang ada di desa tersebut.

“Perlu diketahui bersama, RSD sudah ada di 12 Kabupaten dan kita ini sangat terbuka untuk pengembangan potensi dan masyarakat desa,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut juga, dimeriahkan dengan penampilan seni tari dari Sanggar Gupay, penampilan pencak silat dari saudara Taoufik Septiyana, seminar, penampilan teater siliwangi dan parade band. (Sep)

Berita Terbaru

Informasi Terbaru

Agenda Terbaru