Tentang Sekolah Pascasarjana

Sekolah Pascasarjana (SPs) Universitas Kuningan berdiri pada tahun 2006 seiring dengan dibukanya Program Studi Pendidikan Ekonomi (S2). Selanjutnya pada tahun 2011 bertambah satu program studi yaitu Pendidikan Biologi (S2). Pada tahun 2017 Dikti mengeluarkan ijin operasional untuk Program Studi Manajemen (S2) sehingga menambah program studi di SPs menjadi tiga program studi.

Pada tahun 2014 Program Studi Pendidikan Biologi terakreditasi B kemudian menyusul pada tahun 2015 Program Studi Pendidikan Ekonomi juga memperoleh akreditasi B. Hal ini menunjukkan peningkatan kualitas SPs. Peningkatan kualitas program studi di SPs ternyata tidak berdampak pada peningkatan jumlah peminat menjadi mahasiswa SPs Uniku. Jumlah mahasiswa di SPs selama tiga tahun terakhir dapat dilihat pada tabel berikut :

Tabel 2.1.

Perkembangan jumlah Mahasiswa

Program Studi Tahun 2014/2015 Tahun 2015/2016 Tahun 2016/2017 Tahun 2017/2018
Pendidikan Ekonomi 46 50 47 34
Pendidikan Biologi 61 62 41 26
Manajemen 23

 

Pada tabel 2.1 dapat dilihat perkembangan jumlah mahasiswa setiap program studi selama tahun 2014 sampai 2017 mengalami naik turun baik program studi Pendidikan Ekonomi maupun Pendidikan Biologi. Penurunan jumlah mahasiswa selama kurun waktu tiga tahun ini disebabkan antara lain jumlah lulusan di wilayah Kabupaten Kuningan sudah banyak sedangkan di wilayah di luar Kuningan banyak yang belum mengetahui keberadaan SPs ini sehingga perlu dilakukan promosi yang lebih gencar ke wilayah di luar Kabupaten Kuningan. Program Studi Magister Manajemen mulai menerima mahasiswa baru dan sebanyak 23 orang merupakan mahasiswa angkatan pertama.

Website Resmi Sekolah PascaSarjana Universitas Kuningan : https://pasca.uniku.ac.id/

Visi Sekolah Pascasarjana Universitas Kuningan

“Terwujudnya Sekolah Pascasarjana yang unggul dalam pengembangan ilmu dan teknologi melalui riset inovatif yang bermanfaat bagi pemberdayaan masyarakat”

Misi Sekolah Pascasarjana Universitas Kuningan

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang kreatif, berkarakter dan berdaya saing.
  2. Menyelenggarakan riset ilmiah yang berkualitas untuk menghasilkan karya inovatif yang dapat menunjang pembelajaran, pengembangan keilmuan dan pemberdayaan masyarakat.
  3. Menyelenggarakan program pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  4. Mengembangkan kerjasama dengan institusi nasional dan internasional dalam rangka meningkatkan kualitas dan reputasi institusi.

Tujuan Sekolah Pascasarjana Universitas Kuningan

  1. Menghasilkan lulusan yang kreatif, berkarakter, dan berdaya saing.
  2. Menghasilkan karya-karya riset yang inovatif dan teruji yang bermanfaat dalam pengembangan keilmuan, pembelajaran, dan pemberdayaan masyarakat.
  3. Meningkatkan kualitas kehidupan sosial, ekonomi, budaya masyarakat secara berkelanjutan.
  4. Meningkatkan reputasi institusi pada tataran nasional dan internasional.
  5.  

Sekolah Pascasarjana Memiliki 3 Program Studi :

Proses Akreditasi B

VISI PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN S2

“Pada Tahun 2032 menjadi Pusat Studi dan Pengembangan Sumerdaya Manusia yang Unggful dan Profesional dalam Bidang Pendidikan di Jawa Barat”

MISI PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN S2

  1. Membina dan mengembangkan   kehidupan akademik yang sehat sesuai dengan nilai-nilai  dan norma-norma yang berkembang  di dunia akademik.
  2. Menyelenggarakan riset-riset ilmiah yang tidak saja mampu mendorong pertumbuhan ilmu dan teknologi lagi juga dapat menjamin kebutuhan dunia industri dan bisnis yang berkembang sangat pesat dewasa ini.
  3. Menjadi sarana terjadinya pertemuan-pertemuan ilmiah baik lingkup lokal maupun nasional sehingga dapat memberikan warna dan kontribusi yang nyata dalam kemajuan ilmu dan teknologi.
  4. Melayani, memandu, dan menyatu dengan masyarakat dalam upaya ikut serta mewujudkan masyarakat baru Indonesia yang adil dan makmur.
  5. Menjadi sarana penggodokan generasi muda sehingga mampu mandiri, profesional, dan berakhlak mulia yang bermanfaat bagi dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.

TUJUAN PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN S2

  1. Menyiapkan  peserta  didik menjadi kader bangsa yang mandiri, profesional, dan berakhlak mulia.
  2. Mempersiapkan peserta didik menjadi ilmuwan muda yang memiliki integritas dan dedikasi yang tinggi serta memiliki komitmen untuk mengembangkan ilmu dan teknologi.
  3. Mengembangkan ilmu dan teknologi serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat.
  4. Melayani dan mendampingi pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan di segala bidang.
  5. Menjadi mitra masyarakat bisnis dalam upaya mengembangkan kehidupan yang lebih baik.
  6. Melayani dan mendampingi masyarakat untuk tumbuh manjadi masyarakat yang cerdas, kreatif, dan mandiri.

Terakreditasi B

VISI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI S2

Terwujudnya Program Studi Magister Pendidikan Biologi Yang Berkualitas Dan Menghasilkan Lulusan Yang Berkarakter, Inovatif Dan Kreatif Di Jawa Barat Pada Tahun 2032

MISI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI S2

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan Program Studi Pendidikan Biologi yang terpadu serta fungsional dalam menghasilkan pengguna iptek di bidang pendidikan biologi
  2.  Mengembangkan serta meningkatkan potensi setiap peserta didik secara berkelanjutan.
  3. Mengembangkan bahan ajar dan pembelajaran dengan berbagai pola yang memungkinkan meningkatnya hasil belajar dan kinerja dalam berbagai kondisi sesuai dengan kurikulum pendidikan biologi.
  4.  Menyelenggarakan kegiatan untuk berkembangnya kemampuan dalam mengelola lembaga pendidikan dan pelatihan sebagai organisasi belajar.
  5.  Menyelenggarakan penelitian dan kajian baik untuk memperkaya khasanah pengetahuan dalam pendidikan biologi, maupun untuk memecahkan masalah pembelajaran yang aktual
  6. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat, serta meningkatkan keselarasan kegiatan akademik dan sosial.

TUJUAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI S2

  1. Mempunyai pemahaman yang akurat tentang hakekat keilmuan ilmu pendidikan dan perspektif yang visioner dan berkarakter yang pada gilirannya akan menjadi landasan untuk mengembangkan bidang ilmu tersebut.
  2.  Mampu memahami secara komprehensif dan integratif berlandaskan ilmiah ilmu pendidikan pada umumnya dan pendidikan biologi pada khususnya.
  3. Mampu merangkum secara koheren proses pendidikan yang secara obyektif terjadi di semua lingkungan kehidupan dan kemudian menyikapinya berdasarkan konsep-konsep pendidikan biologi sehingga terjadi pemberdayaan proses pendidikan yang optimal.
  4. Mampu meningkatkan profesionalisme pendidikan biologi.
  5.  Mampu menerapkan pendekatan sistem dalam rangka pengembangan pembelajaran dan pelatihan.
  6. Mampu menciptakan (creating) a) rancangan program pembelajaran, b) produk-produk pembelajaran, serta c) sistem pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat pengguna.
  7.  Mampu menggunakan berbagai sumber belajar.
  8. Mampu melakukan proses pengelolaan yang terkait dengan tindakan, a) memperkirakan (forecasting), b) merencanakan (planning), serta c) melakukan pemeriksaan (evaluation and supervision)

Terakreditasi B

VISI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI S2

“Pada tahun 2032, menjadi pusat pengembangan studi dan pengembangan Sumber Daya Manusia dalam bidang Pendidikan Ekonomi yang terpercaya dan terdepan serta menjadi bagian dan akselerasi pembangunan di Indonesia”

MISI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI S2

  1. Membina dan mengembangkan program studi Pendidikan Ekonomi yang ilmiah, utuh, terpadu, serta fungsional.
  2. Meningkatkan kemampuan kepakaran dan profesionalisme para lulusan sebagai tenaga pendidik, akademik, praktisi dan peneliti di bidang Pendidikan Ekonomi.
  3. Menyebarluaskan hasil penelitian, telaah tindakan dan keterampilan untuk dimanfaatkan berbagai pihak yang memerlukan dukungan ilmu pendidikan Ekonomi dalam rangka pemerataan kesempatan pendidikan dan meningkatkan mutu pendidikan.
  4. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pengajaran yang secara substansial dan struktural sesuai dengan kurikulum magister Pendidikan Ekonomi yang berlaku.
  5. Melakukan kegiatan penelitian dan pengembangan di bidang Pendidikan Ekonomi baik untuk kepentingan “body of knowledge” maupun untuk terapannya serta mandiri atau terpadu dengan kegiatan pendidikan dan pengajaran.

TUJUAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI S2

  1. Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni di dalam bidang pendidikan ekonomi (pada setiap level dan satuan pendidikan) atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.
  2.  Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi, dan atau seni di dalam bidang pendidikan ekonomi melalui pendekatan inter atau multidisipliner.
  3. Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan pendidikan ekonomi, serta mampu mendapat pengakuan nasional maupun internasional.
  4. Mampu memecahkan masalah yang berhubungan dengan pendidikan ekonomi,
  5. Mampu mengelola pendidikan baik dalam tataran makro, meso, maupun mikro dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan.
  6. Mempunyai landasan yang kokoh dalam pemahaman keilmuan serta mampu melakukan penelitian secara mandiri dalam meningkatkan kepekaan mencermati dan mengatasi masalah – masalah pendidikan yang berkembang khususnya bidang ekonomi.
  7.  Mempunyai kemampuan professional yang tinggi, adaptif dan antisipatif terhadap perubahan dalam bidang pendidikan ekonomi serta siap membaktikan ilmu yang telah dimilikinya bagi kepentingan masyarakat.