Uniku Raih Peringkat ke-64 UI Green Metric Nasional 2018

UNIKU JAYA – Universitas Kuningan (Uniku) menggelar kegiatan pencanangan “Uniku Green Campus” menuju Universitas ramah lingkungan di Halaman Depan Gedung Fakultas Kehutanan (Fahutan) Kampus I, Kamis (20/12/2018).

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Kuningan M Ridho Suganda, M.Si., Ketua Dewan Pengurus Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan (YPSAK) Drs. Uri Syam, SH., MH., beserta jajarannya, Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., beserta jajarannya mulai dari Dekan, Wakil Dekan, Ketua Program Studi, Kepala Biro, Kepala Unit, Dosen dan Staf Tenaga Kependidikan yang ada di lingkungan Uniku, Perwakilan dari TNGC, Perwakilan dari Kacab Dishut Wilayah VIII Kabupaten Kuningan, Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Perwakilan dari Perhutani, Perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Kuningan (Uniku) mulai dari BEM Fakultas, Himpunan Mahasiswa (Hima), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Organisasi Kemahasiswaan yang ada di Uniku dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan pada hari ini merupakan salah satu upaya Uniku menuju Universitas yang ramah lingkungan.

“Maka dari itu, pada hari ini Uniku menggelar kegiatan pencanangan “Uniku Green Campus” yang menjadi salah satu upaya untuk menuju Universitas ramah lingkungan,” tuturnya.

Lebih jauh, sambung mantan Wakil Rektor III Uniku dua (2) periode itu, menjelaskan, bahwa keikutsertaan Uniku dalam Green Metric yang baru beberapa bulan yang lalu tersebut, sedikit demi sedikit berjalan perlahan – lahan , step by step, mampu menunjukan progress yang sangat signifikan.

“Alhamdulillah, Uniku di Green Metric 2018 berhasil menempati posisi ke-64 dari perguruan tinggi negeri (PTN) maupun  swasta (PTS) se-Indonesia dan di dunia Uniku menempati peringkat ke-698. Untuk di Jawa Barat sendiri, hanya ada dua perguruan tinggi yaitu Uniku dan Telkom yang berada di peringkat 10 Green Metric nasional. Penilaian ini dilihat dari enam (60 indikator seperti penataan ruang terbuka hijau, energy, sampah, air, transportasi dan pendidikan serta penelitian,” jelasnya.

Ditambahkannya, di pemeringkatan perguruan tinggi Kemenristekdikti Uniku berada di peringkat ke-249 dan di peringkat Unirank berada di peringkat 171.

“Alhamdulillah, prestasi yang diraih ini dijadikan semangat dan motivasi dorongan untuk Uniku agar lebih baik, lebih berkembang dan lebih maju lagi kedepannya. Semalam, saya mendapatkan kabar bahwa Prodi Matematika FKIP berhasil meraih akreditasi “B” dengan jumlah nilai 332 dan SPMI Uniku terbaik menjadi acuan dan contoh bagi SPMI se-wilayah III Cirebon,” tambahnya.

Keberhasilan ini, merupakan hasil kerja keras dari seluruh elemen sivitas akademika Uniku meliputi jajaran pimpinan rektorat, fakultas, prodi, kepala biro dan Unit serta dosen, staf tenaga kependidikan dan mahasiswa, sehingga sekarang Uniku fokus menatap maju kedepan dengan meningkatkan terus kualitasnya menjadi yang lebih baik, lebih maju dan lebih berkembang lagi.

“Semoga, Uniku tetap mendampingi, melayani dan memberi yang terbaik. Perlu diketahui bersama, bahwa Uniku sedang mengajukan empat (4) Prodi Baru yaitu Prodi Ilmu Lingkungan, Teknik Sipil, Teknik Elektro dan Ekonomi Syariah,” harapnya.

Sedangkan, Ketua Dewan Pengurus Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan (YPSAK) Drs. Uri Syam, SH., MH., mengatakan, dirinya atas nama pribadi dan yayasan, menyambut baik dan menyampaikan dukungan serta apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Rektor berserta jajarannya yang mencanangkan “Uniku Green Campus”.

“Saya atas nama pribadi dan yayasan, sangat mendukung dan tentunya menyambut baik serta memberikan apresiasi kepada Rektor beserta jajarannya yang telah mencanangkan “Uniku Green Campus”. Dirinya hanya berpesan, agar Green Campus tersebut harus terintegrasi,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kuningan M. Ridho Suganda, M.Si., dalam sambutannya, dirinya menyampaikan apresiasi dan mendukung sepenuhnya program Green Campus yang dicanangkan oleh Uniku tersebut.

“Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kuningan, sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan Uniku untuk mempelopori sebagai Green Campus. Semoga, langkah ini dapat ditiru oleh lembaga-lembaga lainnya yang ada di Kabupaten Kuningan. Kami juga patut berbangga atas prestasi yang diperoleh Uniku saat ini yang sudah masuk peringkat ke-64 kampus yang Green dari ribuan perguruan tinggi se-Indonesia,” tuturnya.

Data tersebut kami peroleh dari pemeringkatan UI Green Metric yang mana sebagai lembaga pemeringkatan Green Campus yang diakui dunia. Dan kami meyakini, se-wilayah III Cirebon, baru Uniku yang sudah masuk perguruan tinggi yang memperoleh pengakuan kampus yang green.

“Kami atas nama Pemda Kabupaten Kuningan, mengucapkan selamat dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kerja keras seluruh civitas Uniku yang telah mewujudkan Uniku Green Campus serta mengharumkan nama baik Kabupaten Kuningan,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan pameran fhoto hasil karya dari mahasiswa dan dosen Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Ilmu Komputer (FKOM) yang akan mengikuti pameran foto di Cirebon akhir tahun ini. Dalam kesempatan itu juga, dilakukan penandatanganan nota kesepahaman atau kerjasama antara Uniku dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kuningan. (Sep)

Berita Terbaru

Informasi Terbaru

Agenda Terbaru