Uniku Kumpulkan 20 Camat dan 61 Kades KKN Tematik Kewirausahaan 2019

UNIKU JAYA – Universitas Kuningan (Uniku) menggelar Sosialisasi Kerjasama Kelembagaan antara Universitas Kuningan dengan Pemerintahan Desa dan KKN Tematik Kewirausahaan 2019 bertempat di Gedung Student Center Universitas Kuningan, Kamis, (18/07/2019).

Rektor Universitas Kuningan, Dr. Dikdik Harjadi, S.E., M.Si., menyampaikan KKN tahun ini dilaksanakan berbeda dari KKN tahun-tahun sebelumnya.

“KKN tahun 2019 yang dilaksanakan oleh Uniku tahun ini agak berbeda, karena KKN tahun ini memiliki tema yang kita sebut sebagai KKN Tematik. Untuk tahun ini, nama yang diusung yaitu KKN Tematik Kewirausahaan,” ujar Dikdik.

Selanjutnya, Dikdik menjelaskan bahwa KKN Tematik Kewirausahaan 2019 ini merupakan implementasi dari kerjasama antara Kemenristekdikti dan USAID.

“KKN Tematik yang mulai dilaksanakan tahun ini merupakan implementasi dari kerjasama yang dilaksanakan oleh Kemenristekdikti dan USAID. Dalam pelaksanaan KKN Tematik ini, Kemenristekdikti menggandeng 10 Perguruan Tinggi di Indonesia yang salah satunya adalah Uniku. Jadi, tentu ini adalah sebuah kehormatan tersendiri bagi Uniku karena Uniku menjadi satu dari 10 Perguruan Tinggi yang terpilih,” jelasnya.

Kemudian, Dikdik memaparkan bahwa dalam KKN Tematik Kewirausahaan ini, mahasiswa didorong untuk menggali potensi maupun produk unggulan di desanya masing-masing.

“Yang membedakan KKN Tematik ini dengan KKN tahun-tahun sebelumnya yaitu mahasiswa didorong untuk menggali potensi maupun produk unggulan di desanya masing-masing. Jadi, target dari kegiatan KKN tahun ini adalah mahasiswa bersama-sama dengan masyarakat desa mencoba menggali produk-produk unggulan yang bisa dikembangkan dan diunggulkan oleh desa masing-masing,” papar Dikdik.

Sebagai implementasi kerjasama antara Uniku dan USAID yang berlangsung selama 3 tahun, KKN Tematik ini akan digelar di desa yang sama untuk 3 tahun kedepan.

“Karena kerjasama dengan USAID ini berlangsung selama 3 tahun, maka program KKN Tematik rencananya akan dilaksanakan di desa yang sama dalam 3 tahun kedepan dengan tujuan agar produk yang telah digali bisa terus dikembangkan ditahun-tahun berikutnya,” ungkapnya.

Lebih jauh, Dikdik yakin bahwa KKN Tematik ini akan mampu bersinergi dengan berbagai program pembangunan di Kabupaten Kuningan.

“Saya yakin KKN Tematik ini sangat strategis dan penting karena kegiatan ini sangat bersinergi dengan program-program pembangunan khususnya di Kabupaten Kuningan,” pangkasnya.

KKN Tematik Kewirausahaan Tahun 2019 akan dilaksanakan mulai tanggal 23 Juli 2019. 1.187 mahassiswa akan mengikuti kegiatan KKN di 20 Kecamatan dan 61 Desa di Kabupaten Kuningan selama kurang lebih satu bulan. (nit)

Berita Terbaru

Informasi Terbaru

Agenda Terbaru