Uniku Gelar Wisuda ke-23

UNIKU JAYA – Universitas Kuningan (Uniku) hari ini, Kamis (04/04/2019), menggelar upacara wisuda ke-23 di Gedung Student Center Iman Hidayat Kampus I. Kegiatan wisuda yang diawali dengan upacara penyambutan dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Dapur Sastra (Dapsas) tersebut, diikuti oleh 534 wisudawan dan wisudawati dari berbagai program studi (Prodi) yang ada di lingkungan Universitas Kuningan (Uniku).

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan penyerahan “Uang Kadeudeuh” dari Bank BJB Kuningan dan PT. Djarum kepada saudara Fakhri dan Nursidik sebagai mahasiswa dan wisudawan berprestasi tahun 2019.

Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., dalam sambutannya, menuturkan, mengawali pidato  ini, perkenankanlah kami secara pribadi dan atas nama institusi, untuk mengungkapkan rasa terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bapak/Ibu/Saudara, yang telah berkenan memenuhi undangan kami untuk menghadiri Upacara Wisuda Lulusan Pascasarjana, Sarjana, dan Diploma Universitas Kuningan (Uniku) Tahun 2019.

“Kami juga ingin mengungkapkan rasa terima kasih kami yang lebih khusus, kepada Bapak/Ibu/Saudara, orangtua/wali yang telah memilih Universitas Kuningan (Uniku), dan memberi kepercayaan penuh kepada kami, untuk mendidik putra/putri/keluarganya selama beberapa tahun terakhir. Dan dengan rasa syukur dan bahagia, pada hari ini, kita semua akan menyaksikan mereka diwisuda,” tuturnya.

Secara keseluruhan jumlah wisudawan dan wisudawati yang dilantik berjumlah 534 Wisudawan. Terdiri dari 3 orang wisudawan dari Program  (D3), 507 orang wisudawan/wisudawati dari Program (S-1), dan 24 orang wisudawan/wisudawati dari Program (S-2). Dari 534 wisudawan/wisudawati, 148 wisudawan atau 27,7 % di antaranya memperoleh predikat dengan pujian/cumlaude.

“Untuk jenjang S1, Indek Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi 3,96 (Tiga Koma Sembilan Enam) atas nama Nurik Nuranty dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (PGSD). Sementara untuk jenjang S2, IPK tertinggi 3,92, diraih oleh Rahmayanti  dari Prodi Magister Pendidikan Ekonomi.  Sementara untuk waktu tempuh studi, tercepat untuk jenjang S1 diraih oleh  Silvia Agustin dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) FKIP dengan waktu 3 Tahun 10 Bulan 14 hari. Untuk Jenjang S2 diraih oleh Yara Intan Luvita dari Prodi Pendidikan Ekonomi dengan waktu 2 Tahun 1 Bulan 16 Hari,” ujarnya.

Mulai hari ini, gelar akademik sudah di tangan Anda semua. Perjuangan panjang Anda menempuh pendidikan di Universitas Kuningan (Uniku), kini sudah membuahkan hasilnya. Ijazah yang Anda punyai adalah ibarat “tiket” yang bisa dipergunakan untuk memasuki lapangan pekerjaan dan pilihan-pilihan pengabdian lainnya.

Hari ini pula, ketabahan dan kesabaran saudara dalam menempuh pendidikan selama beberapa tahun di Universitas Kuningan (Uniku) membuahkan hasil yang membanggakan dengan diperolehnya gelar akademik Magister, Sarjana, dan Ahli Madya yang merupakan salah satu puncak pencapaian akademik saudara. Untuk itu, mewakili pimpinan Universitas Kuningan (Uniku), para guru besar, dosen dan tenaga kependidkan UNIKU, saya menghaturkan selamat dan turut bangga dengan prestasi Saudara tersebut.

“Saya harap, saudara mampu mengamalkan ilmu yang telah dipelajari dalam profesi saudara masing-masing secara lebih bertanggung jawab dan berkualitas. Sebagai bagian dari lulusan Universitas Kuningan (Uniku) nantinya saya harap saudara sekalian mampu berperan aktif dan berinisiatif dalam menerapkan ilmu yang saudara dapatkan demi kesejahteraan masyarakat luas. Ingatlah, zaman ini adalah zaman yang sangat kompetitif dan serba cepat. Kita telah memasuki era Revolusi Industri 4.0. Itulah sebabnya, zaman ini membutuhkan manusia-manusia yang responsif dan mampu mengantisipasi perubahan. Karena itu, hadapilah zaman ini dengan penuh semangat dan etos kerja, disertai dengan jati diri dan moral yang kuat, Jangan mudah terbuai dengan kesenangan sesaat,” ungkapnya.

Lebih jauh, sambung mantan Wakil Rektor III Uniku dua (2) periode itu, menjelaskan, sesuai dengan amanat UU No.12 Tahun 2012 tentang pendidikan Tinggi, dan Permenristekdikti No. 44 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi,  mengisyaratkan bahwa didalam proses pendidikan di perguruan tinggi sekurang-kurangnya memiliki standar yang telah ditetapkan secara nasional dan harus terjamin mutunya.  Untuk itulah Universitas Kuningan telah melakukan penguatan kelembagaan melebihi standar nasional dikti, dan meningkatkan mutu dengan menerapkan system penjaminan mutu, baik Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) maupun Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME).

“Uniku senantiasa terus berupaya untuk melakukan penguatan kelembagaan yang salahsatunya meningkatkan akreditasi program studi.  Setelah Meraih Akreditasi Institusi dengan peringkat B, beberapa bulan yang lalu, 3 Program Studi yang ada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan melakukan Re-akreditasi. Program Studi tersebut adalah Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.  Berdasarkan hasil Assesment lapangan (Visitasi) maka ketiga Program studi tersebut kini mendapatkan akreditasi dengan peringkat B.  Dengan demikian seluruh Prodi yang ada di FKIP sekarang telah terakreditasi minimal B, bahkan Prodi PBSI saat ini terakreditasi peringkat A.  Dengan raihan tersebut, maka dari 17 Prodi yang dimiliki UNIKU saat ini 14 Prodi telah terakreditasi minimal B. Dalam rangka pengembangan kelembagaan, UNIKU terus berupaya untuk mengembangkan program studi baru sebagai bentuk jawaban dari kebutuhan masyarakat yang semakin berkembang.  Saat ini UNIKU sedang dalam proses pengusulan pembukaan Prodi baru, yaitu: Prodi Ilmu Lingkungan, Prodi Teknik Sipil dan Prodi Teknik Elektro.  Mohon doanya semoga diberikan kelancaran,” sambungnya.

Dijelaskannya, buah dari kesungguhan UNIKU untuk terus mengembangkan diri serta menata kelembagaanya, Alhamdulillah berdasarkan hasil pemeringkatan PT baik negeri maupun swasta dari Kemenristekdikti pada tahun 2018, UNIKU berada pada peringkat 249 dari 4.203 PT di Indonesia.  Capaian ini merupakan peringkat kedua terbaik diantara PTS yang ada di Jawa Barat bagian Timur. Selain berupaya meningkatkan mutu pembelajaran maupun kelembagaan, kami juga memiliki komitmen untuk menciptakan atmosphere kampus yang mampu memberikan dukungan kepada proses pembelajaran.  Salah satu komitmen tersebut adalah dengan dicanangkannya program  “UNIKU GREEN CAMPUS”.

“Program ini bertujuan untuk menciptakan kampus yang ramah lingkungan sehingga mampu menciptakan suasana yang kondusif bagi warga kampus. Alhamdulillah pada tahun 2018, berdasarkan penilaian dari UI-Green Matrik sebuah lembaga pemeringkatan PT yang memiliki komitmen terhadap pengelolaan lingkungan kampus, UNIKU menempati peringkat ke 64 Nasional.  Capaian ini menjadikan UNIKU sebagai PTS kedua di Jawa Barat yang masuk dalam 100 besar pemeringkatan UI-Green Matrik. Untuk itu saya ucapkan terima kasih kepada seluruh civitas akademika UNIKU yang telah bekerja keras sehingga mampu menorehkan prestasi yang membanggakan ini,” jelasnya.

Ditambahkannya, UNIKU sebagai institusi yang kini menginjak usia 15 tahun terus berupaya keras agar memiliki daya saing tinggi.  Untuk itu kerjasama dan perluasan jejaring dengan berbagai lembaga maupun perguruan tinggi besar harus terus dilakukan.  Dalam beberap bulan terakhir beberapa kerjasama di dalam negeri yang telah dilakukan, diantaranya adalah MoU dengan Universitas Muhamadiyah Malang (UMM), MoU dengan Universitas Pasundan (Unpas), MoU dengan Institut Pertanian Bogor (IPB), Pembaharuan MoU dengan Pemda Kabupaten Kuningan, MoU dengan Lapas Kabupaten Kuningan dan Mou dengan BNN Kabupaten Kuningan. Sementara kerjasama luar negeri yang telah dilakukan beberapa waktu yang lalu dengan beberapa Perguruan Tinggi di Philipina, yaitu Lyceum of The Philipines University, Tarlac Agriculture University, System Plus College Foundation dan Imus Institute of Science and Technology.

“Dengan ditandatanganinya MoU dengan 4 PT di Philipina, hingga saat ini UNIKU telah menjalin kerjasama dengan 11 PT yang berada di malaysia, Thailand dan Philipina.

Beberapa implementasi dari program kerjasama ini adalah selesainya 5 orang mahasiswa dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNIKU yang mengikuti kegiatan PPL di Thailand selama 3 Bulan, selesainya 3 orang mahasiswa dari University Utara Malaysia mengikuti kegiatan perkuliahan selama satu semester di Fakultas Ilmu Komputer UNIKU, 45 orang mahasiswa dan 3 orang dosen dari Sekolah pascasarjana UNIKU mengikuti International Lecturer di Universitas Kebangsaan Malaysia dan Rencana Sit-in programe 7 orang mahasiswa pascasarjana dari University Utara Malaysia ke Universitas Kuningan,” tambahnya.

Pada forum ini, ijinkan saya untuk menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang sebesar-besarnya  kepada para pemberi beasiswa.

“Alhamdulillah, pada tahun 2018/2019 ini kami telah menyalurkan beasiswa sebesar Rp. 1.407.000.000,-     kepada 301 mahasiswa yang berhak. Atas nama para mahasiswa penerima beasiswa,  saya menghaturkan terima kasih yang sebesar-besarnya,” ungkapnya.

Dikdik sapaan akrabnya, dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami juga ingin menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada mahasiswa Uniku yang telah mengharumkan nama Universitas Kuningan dalam 6 bulan terakhir ini dengan torehan beberapa prestasi Ammar Chania ( PE-FKIP) meraih juara II Lomba Cerita Inspiratif tingkat nasional di UIN Alaudin Makasar Tahun 2018, Amar Chania (PE-FKIP) meraih juara 2 Lomba Opini dan Quote Inspire 2018 di Universitas Syah Kuala  Aceh, Tiga orang mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika yaitu Jaka Haerul, Esa Sabila dan Mila meraih Juara 2 Liga Media Pembelajaran Matematika di IAIN Cirebon, Taofik Septiana (PBI), Meraih Medali Perunggu PORDA Jabar 2018, Agung Prasetya ( Manajemen) Meraih Juara 1 dan Pesilat Terbaik dalam Kejurnas Pencak Silat Tahun 2018, Rina Hardianti dan Gunawan Firdaus ( Manajemen) meraih juara 3 Kejurnas Pencak Silat 2018, Mahasiswa Uniku menyapu bersih juara dalam Duta Baca Kearsipan  dan Perpustakaan Kabupaten Kuningan 2018 yaitu Dahrul Mu’min (PBI) juara 1, Ammar Chania (PE) Juara 2, Dela Agustin (FH) dan Ujang Taofiqurohman (Manajemen)  Juara 3 dan Yani Andriyani (FH) dan Adinda Ilana maudy (PBI) juara Harapan 1.

“ Serta, meraih Juara Umum Olimpiade BEM se Wil Cirebon Juara 1 Bola Basket Putri, Juara 2 Bola Basket Putra, Juara 1 Bulutangkis Beregu, Juara 1 Bola Voly Putri, Juara 1 Lomba debat, Tiga orang mahasiswa Prodi Pend. Matematika meraih Juara 1 Lomba Gema Mahasiswa Matematika Tahun 2018 yang diselenggarakan oleh UPI Bandung a.n. Sandy, Egy dan Evi, meraih predikat Film Terbaik dengan judul “ Dalang Pamungkas”, Penata Artistik Terbaik a.n. Muhamad Ridwan Firdaus, Pemeran Wanita Terbaik a.n. Ayu Sri Lestari (Semuanya dari Prodi DKV-FKOM) dalam Festival Film Fiksimini Bahasa Sunda Tingkat Jawa Barat 2018), meraih Juara 1 lomba Ilustrasi Jakarta Fashion Trend 2018 a.n Alan maulana (Manajemen), meraih Juara 1 dan 2 dalam Lomba desain cendera mata 2018 yang diselenggarakan oleh Disporapar Kab. Kuningan a.n Idam Idzin (SI-FKOM) dan Alan Maulana (Manajemen), meraih Duta Terfavorit dalam Pemilihan Duta Perpustakaan Jawa Barat a.n. Ujang Taufiqurrohman ( Prodi Manajemen ), meraih juara II Lomba Baca Puisi dalam Festival Literasi Uhamka Jakarta Tahun 2019 a.n. Dede Rudiansyah (Prodi PBSI ) dan meraih juara I Lomba Essay dalam Festival Literasi Uhamka (FLU)  Jakarta Tahun 2019 a.n M Saefudin (Prodi PBSI). Kami ucapkan selamat dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas semua capaian prestasi tersebut,” ujarnya.

Diakhir sambutannya, saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh dosen dan tenaga kependidikan di Universitas Kuningan atas segala kerja keras dan pengabdiannya sehingga dapat menghantarkan para mahasiswa dalam menyelesaikan studinya. Kami juga menghaturkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pimpinan Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan yang senantiasa membimbing dan mendukung program-program yang kami laksanakan.

“Kepada Bapak Kepala LLDIKTI Wilayah IV, kami juga menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang sebesar-besarnya atas segala pembinaan, dorongan dan bantuannya kepada kami. Kepada Bapak Bupati dan Ketua DPRD Kabupaten Kuningan kami menghaturkan terima kasih atas segala perhatian, dukungan dan bantuan yang diberikan kepada UNIKU dan kepada para pemberi beasiswa dan pihak-pihak lain yang memiliki kepedulian terhadap UNIKU, kami ucapkan terima kasih,” pungkasnya. (Sep)

Berita Terbaru

Informasi Terbaru

Agenda Terbaru