Ultah ke 12 Hima PBI Berlangsung Meriah

UNIKU JAYA – Himpunan Mahasiswa (Hima) Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kuningan (Uniku), menggelar kegiatan puncak acara “The 12 Anniversary of English Department” di Halaman Depan Gedung Student Center Iman Hidayat Kampus I Universitas Kuningan (Uniku), Kamis (27/12/2018).

Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Kuningan yang diwakili  Asisten Daerah (Asda) I Maman Hermansyah, M.Si., dengan didampingi Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., Dekan FKIP Yeyen Suryani, M.Pd., Wakil Dekan I Dadang Solihat, M.Pd. BI., Wakil Dekan II Haruji Satianugraha, M.Pd., Ketua Prodi PBI Erwin Oktoma, M.Pd., Sekretaris Prodi PBI Muhammad Aprianto BN, M.Pd., Ketua Hima PBI Adi Zaenuri, Ketua Pelaksana “The 12 Anniversary of English Department” Ilham Nugraha dan tamu undangan lainnya.

Ketua Pelaksana “The 12 Anniversary of English Department” Ilham Nugraha dalam laporannya, mengatakan, bahwa untuk pelaksanaan anniversary ke 12 tahun 2018 itu diisi dengan berbagai kegiatan seperti ED Cup (Turnamen Futsal Putera/ Puteri se-Uniku) yang diselenggarakan di Gelanggang Olahraga (GOR) Ewangga Kuningan pada tanggal 21 – 23 Desember 2018, hari ini adalah puncak acaranya ada hiburan rakyat dan CCU Expo yang didalamnya ada delapan (8) kebudayaan baik dalam negeri maupun luar negeri dan besok ada kegiatan tausiyah serta santunan anak yatim piatu yang akan diselenggarakan di Mesjid Daarul Muttaallimin Kampus I Uniku.

“Alhamdulillah, untuk kegiatan futsal yang diikuti oleh 36 tim itu berjalan cukup lancar dan sukses. Mohon doanya juga, untuk puncak acara hari ini dan besok juga, semoga diberikan kelancaran dan sukses tanpa adanya hambatan,” tuturnya.

Lebih jauh, dirinya menjelaskan, untuk CCU Expo sendiri itu merupakan para mahasiswa Prodi PBI FKIP Uniku yang mengontrak mata kuliah CCU, wajib mengikuti kegiatan pameran atau expo tersebut dengan membuat kelompok-kelompok untuk memamerkan kebudayaan-kebudayaan baik dalam negeri maupun luar negeri.

“Ada delapan (8) kebudayaan yang diexpokan pada puncak anniversary Hima PBI yang ke-12 diantaranya United Kingdom (U.K), Saudi Arabia, Netherlands, India, Ambon, Madura, Manado dan Padang. Disamping ada CCU Expo, di puncak acara aka nada hiburan rakyat yang mana dosen, staf dan mahasiswa ikut serta memeriahkan dan berbaur bersama dengan menampilkan suara emasnya diatas panggung terbuka di depan Gedung SC,” jelasnya.

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Yeyen Suryani, M.Pd., dalam sambutannya, mengatakan, dirinya menyampaikan selamat ulang tahun bagi Prodi PBI yang ke-12, semoga usia yang masih muda belia ini, kedepan Prodi PBI tetap eksis dan kompak selalu serta konsisten dengan melahirkan kembali mahasiswa dan mahasiswi yang berprestasi baik di bidang akademik maupun non akademik.

“Walaupun usianya masih muda belia, namun Prodi PBI sarat akan prestasi kemahasiswaan baik di bidang akademik maupun non akademik. Prodi PBI memiliki nama di bidang debat bahasa inggris, duta bahasa Jawa Barat dan duta bahasa nasional. Semoga, kedepan PBI terus melahirkan mahasiswa dan mahasiswi yang berpresatsi baik di bidang akademik maupun non akademik,” tuturnya.

Sedangkan, Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., dalam sambutannya, mengatakan, dalam momen ulah tahun itu ada dua (2) hal, yang pertama adalah bersyukur dengan pencapaian apa yang sudah diraih oleh PBI di usia ke 12 itu. Dan yang kedua adalah introspeksi diri dan mengevaluasi kekurangan-kekurangan sebelumnya agar kedepannya bisa lebih baik lagi.

“Saya mengucapkan selamat ulang tahun yang ke 12 bagi Prodi PBI. Momen ultah ini patut kita syukuri bersama atas pencapaian prestasi yang sudah diraih dan yang kedua melakukan introspeksi diri dengan mengevaluasi kekurangannya agar kedepannya bisa lebih baik, lebih maju dan lebih berkembang lagi,” tuturnya.

Di usia yang relatif masih muda dan bisa dikatakan masih belia itu, Prodi PBI FKIP Uniku capaian prestasinya sangat membanggakan dan luar biasa sekali.

“Prodi PBI sudah terakreditasi “B” oleh BAN-PT. Mahasiswa dan mahasiswinya sarat akan prestasi, mulai dari bidang akademik maupun non akademik, Prodi PBI selalu meraih prestasi yang bisa mengharumkan dan membanggakan nama Uniku di tingkat lokal, regional, nasional maupun internasional. Perlu diketahui bersama, bahwa enam (6) orang mahasiswa dan mahasiswi Uniku sedang melaksanakan kegiatan PPL selama enam (6) bulan di Thailand,” jelasnya.

Lebih jauh, sambung pendukung Persib Bandung itu, berharap, dengan capaian prestasi demi prestasi yang sudah diraih oleh PBI, harus dipertahankan dengan melakukan regenerasi agar bisa terus kembali konsisten melahirkan mahasiswa dan mahasiswi yang berprestasi baik di bidang akademik maupun non akademik.

“Semoga, PBI FKIP Uniku bisa terus konsisten dengan malahirkan mahasiswa dan mahasiswi yang berprestasi baik di bidang akademik maupun non akademik. Mohon doanya, Insya Allah di bulan depan kita (Uniku) akan melaksanakan penandatangan kerjasama (MoU) dengan beberapa perguruan tinggi atau lembaga pendidikan di Filipina,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Kuningan yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Asisten Daerah (Asda) I Maman Hermasnyah, M.Si., dalam sambuntannya, atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah  (Pemda) Kabupaten Kuningan, menyampaikan selamat ulang tahun yang ke-12 bagi Prodi PBI FKIP Uniku.

“Semoga, di usia yang ke-12 itu Prodi PBI FKIP Uniku bisa terus maju dan lebih berkembang lagi kedepannya,” tuturnya.

Anniversary ini merupakan salah satu bentuk silaturahmi yang dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan dengan mendukung literasi pendidikan di Kabupaten Kuningan.

“Dirinya menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Hima PBI FKIP Uniku karena salah satu bentuk silaturahmi yang dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan dengan mendukung literasi pendidikan di Kabupaten Kuningan. Dirinya juga mengharapkan dukungan dan dorongan untuk kemajuan Kabupaten Kuningan,” jelasnya.

Diakhir acara pembukaan “The 12 Anniversary of English Department” tersebut, dihibur dengan penampilan seni tari tradisional oleh mahasiswa dan mahasiswi Prodi PBI FKIP Uniku.

Tutur hadir, Bupati Kuningan yang diwakili oleh Asisten Daerah (Asda) I Maman Hermansyah, M.Si., Sekretaris dan Bendahara Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan (YPSAK) Drs. Djudjun Djuanda dan Endi Syaiful Rakhman, SH., Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., Dekan FKIP Yeyen Suryani, M.Pd., Wakil Dekan I Dadang Solihat, M.Pd. BI., Wakil Dekan II Haruji Satianugraha, M.Pd., Ketua Prodi PBI Erwin Oktoma, M.Pd., Sekretaris Prodi PBI Muhammad Aprianto BN, M.Pd., Ketua Hima PBI Adi Zaenuri, Ketua Pelaksana “The 12 Anniversary of English Department” Ilham Nugraha dan tamu undangan lainnya. (Sep)

Berita Terbaru

Informasi Terbaru

Agenda Terbaru

2019-01-03T13:13:51+00:00