Tingkatkan Keterampilan Dasar Akademik, Uniku Gelar “In House Training”

UNIKU JAYA – Dalam rangka untuk meningkatkan keterampilan dasar akademik dosen, Universitas Kuningan (Uniku) menggelar kegiatan “In House Training (IHT)”. Kegiatan IHT yang direncanakan sesuai dengan agenda acara itu, akan berlangsung selama lima (5) hari kedepan dengan dipusatkan di Ruang Kelas Pusat Bahasa Lantai II Gedung Rektorat Kampus I Uniku, Rabu (02/09/2020).

Menurut Wakil Rektor I Uniku Dr. Anna Fitri Hindriana, M.Si., didampingi Wakil Rektor II Fahmi Yusuf, MMSI., saat dimintai keterangan, mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya dalam rangka meningkatkan keterampilan dasar akademik dosen.

“IHT ini merupakan salah satu program Uniku sebagai salah satu upaya dalam rangka meningkatkan keterampilan dasar akademik dosen,” tuturnya.

Dikatakannya, program IHT yang merupakan ranah akademik dan kepegawaian itu, dirancang akan berlangsung selama lima (5) hari kedepan dimulai dari tanggal 02 – 07 September 2020.

“IHT akan berlangsung selama lima (5) hari kedepan dimulai hari Rabu – Senin tanggal 02 – 07 September 2020,” katanya.

Lebih jauh, sambung mantan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) itu, mengungkapkan, program IHT ini selain dalam rangka meningkatkan keterampilan dasar akademik dosen, kegiatan tersebut juga bisa dikatakan sebagai persyaratan usulan jabatan akademik dosen asisten ahli.

“Selain sebagai upaya dalam rangka meningkatkan keterampilan dasar akademik dosen, kegiatan IHT ini bisa juga dikatakan sebagai persyaratan usulan jabatan akademik dosen asisten ahli,” ungkapnya.

Dijelaskannya, IHT yang rencananya akan dilaksanakan selama lima (5) hari kedepan itu, diikuti oleh delapan (8) orang dosen sebagai peserta IHT tahun 2020. Mereka akan digembleng dengan materi-materi yang meliputi etika profesi dosen, budaya akademik di perguruan tinggi, analisis kompetensi, konsep pengembangan kurikulum dan desain pembelajaran dan penyusunan RPS.

“Bukan hanya hanya materi itu saja, namun di IHT juga diberikan materi lainnya seperti desain pembelajaran dan penyusunan SAP, teori belajar dan motivasi, penilaian hasil belajar, perencanaan, dan  kontruksi soal, model-model pembelajaran inovatif, dasar-dasar komunikasi pendidikan dan dasar-dasar keterampilan mengajar, media pembelajaran, praktek mengajar (microteaching) dan post test,” jelasnya.

Anna sapaan akrabnya berharap, dengan diselenggarakannya kegiatan IHT selama lima (5) dan 40 jam itu, diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dasar akademik dosen Uniku, terutama bagi dosen baru dan muda.

“Semoga, kegiatan IHT ini memberikan manfaat bagi dosen baru yang muda-muda ini agar keterampilan dasar akademik kualitasnya meningkat setelah mengikuti kegiatan IHT yang digelar 5 hari dengan 40 jam tersebut,” harapnya. (Sep)

Berita Terbaru

Informasi Terbaru

Agenda Terbaru

There are no upcoming events at this time.