Tax Goes to Campus Resmi Digelar KPP Pratama Kuningan

UNIKU JAYA – KPP Pratama Kuningan bekerjasama dengan Tax Center Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Kuningan (Uniku), secara resmi menggelar kegiatan yang bertemakan “Tax Goes to Campus” di Aula Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Kuningan (Uniku), Selasa (21/09/2021).

“Kegiatan “Tax Goes to Campus” merupakan kegiatan yang setiap tahun dilakukan. Pada tahun ini mengusung tema generasi muda sadar pajak wujud bela negara.  Selain kegiatan tax goes to campus pada bulan sebelumnya, telah dilaksanakan kegiatan yang sama namun kegiatan tersebut dinamakan pajak bertutur  dan dilaksanakan di SMAN 2 Kuningan,” kata Junanda selaku Kepala KPP Pratama Kuningan mengawali sambutan.

Menurutnya, apa si manfaat yang dirasakan karena adanya pembayaran pajak dan arti dari wujud bela negara, seperti yang dirasakan saat ini yang mana kita dalam keadaan pandemi covid-19 dan masyarakat Indonesia menerima vaksin gratis itu merupakan suatu wujud bela negara kontribusi pajak pada APBN itu sebesar 82%.

“Wujud bela negara dari pada pajak adalah kita bisa menjaga keamanan negara dengan melakukan pembelanjaan atas alutsista, infrastruktur yang kita rasakan saat ini. Restitusi dipermudah yang mana waktunya hanya 1 bulan,” ujarnya.

Dikatakannya, Adik adik mahasiswa ini merupakan mitra bagi KPP untuk memberikan informasi kepada masyarakat terkait dengan pajak dan ketika masyarakat semakin sadar pajak maka pendapatan negara akan meningkat.

“Yang masih sangat kurang dalam pembayaran pajak untuk wajib pajak badan. Yang menjadi penyebab wajib pajak sedikit melakukan pembayaran pajak apakah ketidaktahuan dari pada wajib pajak tersebut ataukah memang disengaja. Dan juga sistem pembayaran pajak saat ini adalah self assesment dan office assessment,” katanya.

Diterangkannya, dengan adanya Tax Center KPP mendorong agar senantiasa Tax Center dapat membuka KJA (Kantor Jasa Akuntan), yang mana KJA tersebut bisa agar mahasiswa membantu masyarakat dalam perhitungan perpajakan pperpajakanny.

“Dan apabila KJA ini berjalan kita lihat apakah pelaporan wajib pajak kepada kpp itu meningkat atau tidak,” terangnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., dalam sambutannya, mengatakan, acara “Tax Goes to Campus” bukan merupakan kegiatan yang baru, tentu kegiatan ini bisa meningkatkan pemahaman bagi para mahasiswa terkait dengan perpajakannya.

“Dan ini juga merupakan kegiatan yang diikuti oleh lembaga – lembaga dibawah Kementrian Keuangan,” tuturnya.

Menurutnya, menarik sekali ketika temanya generasi muda sadar pajak wujud bela negara. Terdapat ketiga kata kunci dalam tema tersebut. “Negeri Indonesia ini negeri yang besar dan negara kita negara kaya. Yang mana saking kayanya banyak negara lain yang melirik. Untuk mengelola negara tentu membutuhkan dana apalagi Indonesia ini negara yang luas dan besar yang mana terdapat 13.000 pulau,” ujarnya.

Lebih jauh, sambung Dikdik, mengungkapkan, sumber utama dari pembiayaan itu adalah pajak seperti yang sudah dikatakan yaitu sebesar 83%. Mahasiswa kemarin banyak mendapatkan beasiswan KIP yang mana dana tersebut bukan dari pembayaran spp, melainkan salah satunya adalah dari pembayaran pajak.

“Oleh karena itu, tantangan bagi pengelolaan dari pembayaran pajak ini. Perlu adanya kesadaran bahwasannya pajak itu adalah wajib. Dan tanggung jawab kita bersama. Pemahaman dari masyarakat atas pajak tentu menjadi perhatian penting,” ungkapnya.

Diterangkannya, mahasiswa diharapkan dapat menjadi jembatan untuk masyarakat dalam memberikan pemahaman bagi masyarakat terkait dengan pentingnya pembataran pajak. “Semakin besar pemasukan negara maka semakin cepat pembangunan yang kita rasakan. Kita mungkin tidak bisa membantu negara ini, paling tidak sebagai wujud bela negara kita dengan ini yaitu dengan membantu memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk membayaran pajak serta sadar untuk melakukan pembayaran,” pungkasnya.

Sekedar informasi saja, sebelumnya dilaksanakannya kegiatan “Tax Goes to Campus, pada hari Senin (20/09/2021) kemarin telah dilaksanakan pelantikan bagi 26 orang pengurus Tax Center FE Uniku. Acara pelantikan yang dilaksanakan secara sederhana di Aula FE Uniku itu, secara resmi dilantik oleh Dekan FE Dr. Lili Karmela Fitriani, M.Si. (Sep)

Bagikan berita ini :

Berita Terbaru

Informasi Terbaru

Agenda Terbaru

There are no upcoming events at this time.