Siapkan Lulusan Berkualitas dan Kompeten, Uniku-LSP HKI Bersinergi

UNIKU JAYA – Dalam rangka menyiapkan lulusan Fakultas Hukum yang berkualitas dan kompeten, Universitas Kuningan (Uniku) bersinergi dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Hukum Kontrak Indonesia (LSP HKI). Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Uniku dan LSP HKI dan juga Perjanjian Kerja Sama (PKS/MoA) antara Fakultas Hukum (FH) Uniku dan LSP HKI ini digelar Jumat pagi (13/08/2021).

Dalam sambutannya, Direktur LSP HKI, Sabela Gayo, memaparkan kerjasama ini antara lain bertujuan untuk memberikan pendidikan, pelatihan, dan praktik kerja berbasis kompetensi, uji sertifikasi, serta pemberian SKPI bagi lulusan FH Uniku.

“Kami dari LSP HKI sangat menyambut baik kerjasama ini dan berharap agar kerjasama ini bisa kita implementasikan dalam rangka melaksanakan pendidikan dan pelatihan sekaligus uji kompetensi bagi lulusan Fakultas Hukum Universitas Kuningan maupun pemangku kepentingan lainnya di Kabupaten Kuningan dan Kabupaten/Kota sekitar,” paparnya.

Lebih jauh, dirinya menyebut LSP HKI memiliki 5 (lima) skema sertifikasi.

“LSP HKI saat ini memiliki 5 skema sertifikasi, meliputi skema sertifikasi klaster perencanaan kontrak pengadaan barang dan jasa, penerapan kontrak konstruksi, jabatan ahli kontrak kerja konstruksi, mitigasi risiko kontrak kerja konstruksi, dan pengelolaan kontrak pengadaan barang dan jasa,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Uniku, Dr. H. Dikdik Harjadi, S.E., M.Si., dalam sambutannya menyampaikan kerjasama ini merupakan momentum yang baik untuk menyiapkan lulusan Uniku yang kompeten.

“Ini merupakan sebuah momentum yang sangat baik bagi Universitas Kuningan karena seperti yang kita ketahui bersama bahwa saat ini pemerintah, dalam hal ini Kemdikbud Ristek, terus mendorong bagaimana agar lulusan perguruan tinggi mampu terserap oleh dunia kerja yang mana salah satunya yaitu harus memiliki kompetensi yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh industri,” ungkapnya.

Lebih jauh, Dikdik berharap melalui uji sertifikasi profesi ini para lulusan Uniku memiliki kompetensi yang bisa diakui oleh dunia industri.

“Harapannya tentu para lulusan dari setiap fakultas di Universitas Kuningan, tidak hanya Fakultas Hukum, memiliki kompetensi yang bisa diakui oleh dunia industri. Dan yang lebih luasnya adalah bagaimana para lulusan ini memiliki daya saing. Ini merupakan tanggung jawab perguruan tinggi untuk mempersiapkan para lulusan agar mereka tidak hanya semata-mata menguasai bidang keilmuan, tetapi juga memiliki kompetensi spesifik sesuai bidang ilmuannya,” pangkasnya. (nit)

Bagikan berita ini :

Berita Terbaru

Informasi Terbaru

Agenda Terbaru

There are no upcoming events at this time.