Seratus Mahasiswa Ikuti Diseminasi Informasi P4GN BNN Kuningan

UNIKU JAYA – Sebanyak 100 mahasiswa dan mahasiswi Universitas Kuningan (Uniku) mengikuti kegiatan “Diseminasi Informasi P4GN Melalui Talkshow” yang diselenggarakan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Kuningan di Aula Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Kampus I, Senin (29/04/2019).

Ketua Panitia Pelaksana Diseminasi Informasi P4GN Melalui Talkshow Toni Sutrisno dalam laporannya, mengatakan, tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut adalah terbangunnya komunikasi, jejaring kerja dan kepedulian stakeholeder dan masyarakat terutama lingkungan pendidikan untuk melakukan pemecahan masalah narkoba secara mandiri melalui sumber daya manusia yang dibina, penyebaran informasi tentang P4GN melalui sosialisasi P4GN di lingkungan pendidikan dan meningkatnya pengetahuan menimbulkan sikap kesadaran dan dapat merubah perilaku untuk menghindari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

“Serta, terbangunnya sinergi program P4GN, komitmen bersama antara BNN Kabupaten Kuningan dengan stakeholder,” tuturnya.

Adapun dasar penyelenggaran dari kegiatan tersebut adalah Undang-Undang Republik Indonesia nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dan peraturan Presiden nomor 23 tahun 2010 tentang Badan Narkotika Nasional.

“Bahkan, di peraturan Kepala Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia nomor 23 tahun 2017 tentang perubahan kelima atas peraturan Kepala Badan Narkotika Nasional nomor 3 tahun 2015 tentang organisasi dan tata kerja Badan Narkotika Nasional Provinsi dan Badan Narkotika Nasional Kabupaten / Kota dan surat pengesahan Dipa BNN tahun 2019,” ujarnya.

Lebih jauh, sambung Toni sapaan akrabnya, menjelaskan, dalam diseminasi informasi P4GN ada tiga (3) materi diantaranya mengenai mahasiswa sebagai pilar pembangunan tanpa narkoba dan permasalahan narkotika dan lingkungan mahasiswa.

“Serta, materi mengenai lingkungan kampus bersih narkoba dan ditutup dengan diskusi,” jelasnya.

Sedangkan, Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., dalam sambutannya, mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi dan menyampaikan terimakasih kepada BNN Kabupaten Kuningan atas kepercayaan kepada Uniku untuk menyelenggarakan kegiatan diseminasi informasi P4GN melalui talkshow.

“Terimakasih saya sampaikan dan apresiasi kepada BNN Kabupaten Kuningan atas kepercayaannya kepada Uniku. Saya juga menyampaikan selamat datang kepada tiga (3) narasumber di Kampus Uniku,” tuturnya.

Lebih jauh, sambung Dikdik sapaan akrabnya, berharap, dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut, diharapkan dapat menambah wawasan dan ilmu untuk mencegah peredaran narkoba di lingkungan sekitar mulai dari diri kita, keluarga, kampus dan masyarakat.

“Kita berkomitmen untuk bersih dari narkoba. Untuk itu, kegiatan ini sangat tepat dan bermanfaat sekali untuk mencegah peredaran narkoba di lingkungan kampus. Jangan kau gadaikan masa depanmu untuk kenikmatan sesaat. Ingat penyesalan tidak datang datang diawal tetapi diakhir,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BNN Kabupaten Kuningan Edi Heryadi, M.Si., dalam sambutannya, mengatakan, narkoba sudah masuk ke mana saja tanpa kecuali kampus, mahasiswa sebagai pilar pembangunan harus bersih dari narkoba.

“Masa-masa ini merupakan masa yang rawan karena pencairan jati diri hingga harus waspada akan ancaman penyalahgunaan dan peredaran narkoba di mahasiswa, penentu masa depan adalah generasi muda yaitu mahasiswa,” tuturnya.

Tanpa partisipasi masyarakat kampus mustahil masalah narkoba dapat teratasi dengan kepedulian dan peran aktif civitas akademikalah kampus bersinar dapat terwujud.

“Harus adanya peran serta dan keaktifan dari seluruh civitas akademika Uniku bersama-sama memerangi peredaran penyalahgunaan narkoba, sehingga dari peran serta sivitas akademika nantinya akan terwujud kampus bersinar yang terbebas dari narkoba,” pungkasnya. (Sep)

Berita Terbaru

Informasi Terbaru

Agenda Terbaru

There are no upcoming events at this time.