Sampaikan Aspirasi, BEM Gelar “Canda Uniku” Untuk Lembaga

UNIKU JAYA – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Kuningan (Uniku) yang merupakan lembaga teringgi dari BEM Fakultas dan Himpunan Mahasiswa (Hima), menyelenggarakan kegiatan yang diberi nama dengan “Canda Uniku”. Kegiatan yang dibalut dengan sederhana dan protokol kesehatan tersebut, menghadirkan bintang tamu komika terkenal di Kabupaten Kuningan, yang juga merupakan  alumni dan aktifis Uniku Iman Nugraha atau lebih dikenal dengan nama “Iman Ugoz”. Kegiatan Canda Uniku yang kali pertama digelar tersebut, berlangsung di Kompleks Koperasi Mahasiswa (Kopma), Kamis (01/04/2021).

Menurut Ketua Pelaksana Kegiatan Canda Uniku, Tiyana, dalam laporannya, mengatakan, kegiatan Canda Uniku ini bertujuan untuk menyampaikan aspirasi atau pendapatnya dari mahasiswa untuk lembaga. “Karena pada prinsipnya menyampaikan aspirasi itu tak perlu dengan nada keras maupun kencang, cukup dengan canda seperti ini juga aspirasi akan tersampaikan dan diingat demi kemajuan lembaga yang kita cintai,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua BEM Uniku Teguh Nendra, dalam sambutannya, di kesempatan yang luar biasa ini, kami Bem Uniku melalui Kemendagri menggelar kegiatan Canda Uniku dengan tema “Dari Mahasiswa Oleh Mahasiswa  Untuk Lembaga.”

“Dalam menyampaikan aspirasi, tentu tidak dengan suara keras dan lantang sajah untuk didengar, akan tetapi lewat candaan yagn dapat menimbulkan gelak tawa juga, mungkin akan jauh lebih mudah diingat oleh kita bersama,” tuturnya.

Menurutnya, adapun tujuan dari diselenggarakannya kegiatan tersebut adalah untuk menghidupkan kembali nilai-nilai demokrasi, khususnya nilai demokrasi yang ada di ruang lingkup Uniku.

“Berbicara terkait dengan nilai demokrasi, kita harus dapat memahami bahwa prinsip dari nilai demokrasi adalah suatu bentuk Pemerintahan, yang dimana warga negaranya atau masyarakat memiliki hak yang sama,” ujarnya.

Dikatakannya, hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak, hak untuk mendapatkan kedudukan hukum yang sama, hak untuk menyampaikan pendapat di muka umum tanpa adanya rasa takut, tanpa adanya tekanan. “Dan inilah prinsip daripada nilai demokrasi yang harus tetap kita jaga bersama,” katanya.

Sementara itu, Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., menuturkan, pihaknya sangat menyambut baik kegiatan Canda Uniku yang diselenggarakan oleh BEM Universitas Kuningan (Uniku) tersebut. “Ini menurut saya kegiatan yang sangat bermanfaat dan memiliki nilai positif khususnya bagi mahasiswa maupun bagi lembaga. Karena kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan aspirasi atau pendapatnya bagi kemajuan lembaga,” tuturnya.

Lebih jauh, sambung Dosen Magister Manajemen Sekolah Pascasarjana Uniku yang merupakan jebolan Universitas Pasundan (Unpas) Bandung, menjelaskan, bahwa hal-hal penyampaian aspirasi itu tidak mesti disampaikan dengan suara lantang dan keras. “Namun, dalam bentuk kegiatan seperti ini, aspirasi atau pendapatnya bagi kemajuan lembaga akan tersampaikan dengan baik,” jelasnya.

Menurutnya, ada sembilan (9) mahasiswa dan mahasiswi Uniku yang sedang melaksanakan kegiatan magang bersertifikant di FHCI BUMN. Kemudian, bukan hanya itu, ada sekitar 35 orang mahasiswa Uniku yang lolos dalam program “Kampus Mengajar” dari Kemendikbud RI.

“Kita patut berbangga dan bergembira, karena mahasiswa dan mahasiswi Uniku mampu menunjukan kualitas dan memiliki daya saing yang dapat disejajarkan dengan mahasiswa dan mahasiswi dari perguruan tinggi ternama dan yang ada di kota-kota besar,” ujarnya.

Dikatakannya, Uniku juga pada tahun ini dapat bantuan UKT program Pemerintah melalui Kemendikbud RI yang diperuntukan bagi mahasiswa dan mahasiswi Uniku yang terdampak pandemic covid 19.

“Alhamdulillah, Uniku mendapatkan bantuan UKT dari Pemerintah mungkin paling banyak diantara perguruan tinggi di wilayah III Cirebon. Mudah-mudahan, Uniku juga kembali mendapatkan bantuan atau beasiswa lainnya yang lebih banyak dan lebih besar lagi kedepannya,” katanya.

Dikdik juga berpesan bagi mahasiswa dan mahasiswi Uniku untuk terus berinovasi, berkreatifitas dan berkarya agar kembali menorehkan prestasi demi prestasi baik di bidang akademik maupun non akademik. “Semoga, mahasiswa dan mahasiswi Uniku tetap terus menorehkan prestasi di tingkat nasional maupun internasional, baik di bidang akademik maupun non akademik,” pesannya dengan penuh harap.

Diakhir keterangannya, Dikdik juga mengajak kepada seluruh civitas akademika Uniku untuk tetap berdoa dan menerapkan protokol kesehatan dalam melakukan aktifitas sehari-hari. “Ingat prokesnya yah !!! Kita belum divaksin, mari kita berdoa agar segera divaksin dan pandemic ini segera berakhir sehingga kita bisa kembali hidup normal,” pungkasnya. (Sep)

Bagikan berita ini :

Berita Terbaru

Informasi Terbaru

Agenda Terbaru

There are no upcoming events at this time.