Ridho Hadiri Puncak Dies Natalis ke-26 Prodi Manajemen

UNIKU JAYA – Wakil Bupati Kuningan H Muhammad Ridho Suganda, SH., M.Si., menghadiri acara puncak rangkaian kegiatan dalam rangka dies natalis ke-26 Program Studi (Prodi) Manajemen Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Kuningan (Uniku), yang diselenggarakan bersamaan dengan program “Manajemen Art” Himpunan Mahasiswa Manajemen (HMM) tahun 2021.

Kegiatan yang diawali dengan upacara penyambutan seni tari dan ditutup penampilan dari “Teater Siliwangi” tersebut, diselenggarakan di Gedung Student Center Iman Hidayat Kampus I Uniku, Rabu (29/09/2021).

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Kuningan yang akrab disapa Kang Ridho, mengatakan, kepada sivitas akademika Uniku khususnya Prodi Manajemen FE, terkait dengan dies natalis ke-26 ini, saya ucapkan selamat dan sukses .

“Semoga, dengan usia perjalanan yang ke-26 tahun lembaga pendidikan ini, selalu memiliki semangat dan komitmen yang tinggi dalam mewujudkan pendidikan Kabupaten Kuningan yang berkualitas dan memiliki keunggulan dalam mencetak SDM Kabupaten Kuningan yang unggul dan terampil,” tuturnya.

Dikatakannya, ibarat perjalanan kehidupan seorang manusia, usia 26 tahun merupakan usia yang sarat dengan kemapanan, kedewasaan dan kearifan dalam bersikap dan berperilaku, itulah harapan saya dan tentunya merupakan harapan segenap warga masyarakat Kabupaten Kuningan.

“Oleh karena itu melalui acara ini, saya berharap kiranya acara dies natalis ini dapat dijadikan momentum yang sangat strategis dalam mengevaluasi kinerja lembaga pendidikanini selama 26 tahuyn berkiprah, yang tentunya telah banyak hal – hal yang dilakukan dalam melaksanakan fungsi – fungsi akademik maupun fungsi sosial kemasyarakatan lainnya melalui pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi sesuai visi dan misi yang diemban, sehingga diharapkan mampu menjadi lembaga pendidikan tinggi terdepa, dalam mewujudkan pelayanan pendidikan tinggi yang berkualitas kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Kuningan,” katanya dengan nada penuh harap.

Menurutnya, Universitas memiliki peran strategis dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan nasional dengan menciptakan tenaga pendidik dan kependidikan yang unggul, kreatif, inovatif, takwa, mandiri dan cendekia yang saya harap ini juga dilakukan oleh teman – teman Universitas Kuningan (Uniku).

“Saya yakin Uniku akan terus meningkatkan berbagai layanan baik secara internal maupun eksternal selama masa pandemic ini. Walau saat ini perayaan dies natalis masih diperingati dengan prinsip kesederhanaan karena masih dalam pandemic covid 19 tetapi jangan mengurangi makna momentum dies natalis ke-26 Prodi Manajemen FE Uniku hari ini,”ujarnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., mengatakan, yang pertama yang ingin saya katakan adalah ucapan selamat dies natalis bagi Prodi Manajemen FE Uniku yang ke-26 tahun. “Semoga Prodi Manajemen FE Uniku tambah maju dan tumbuh berkembang lagi kedepannya,” ucapnya dengan penuh harap.

Menurutnya, momentum dies natalis adalah sebagai salah satu momen untuk sujud syukur dan merenung melakukan introspeksi diri, melakukan evaluasi agar apa yang sudah dilaksanakan, dan apa yang belum terlaksana, dapat terealisasi dengan lebih baik kedepannya.

“Momen dies natalis seharusnya dilakukan sebagai salah satu langkah untuk sujud syukur dan melakukan introspeksi diri, melakukan evaluasi luar dan dalam agar program kerja yang sudah dilaksanakan dapat kembali terlaksana. Dan, bagi program yang belum terlaksana agar dapat direalisasikan kedepannya sehingga dapat terlaksana dengan baik,” ujarnya.

Dikdik menuturkan, dirinya yang menjadi cikal bakal Ketua Prodi pertama Manajemen, hapal betul seluk beluk dan lika liku perjalanan dari awal sampai dengan pada hari ini mengenai Prodi Manajemen.

“Saya hapal dan memahami betul semua proses perjalanan mulai dari awal terbentuknya Prodi Manajemen sampai dengan sekarang meraih akreditasi A dan segudang prestasi akademik maupun non akademik yang ditorehkan oleh dosen maupun mahasiswa dan mahasiswinya. Semoga, Prodi Manajemen terus eksis dengan raihan prestasi – prestasi yang membanggakan, baik akademik maupun non akademik di tingkat Kabupaten, regional, nasional maupun internasional,” tuturnya penuh semangat.

Sedangkan, Dekan Fakultas Ekonomi (FE) Dr. Lili Karmela Fitriani, M.Si., mengatakan, dengan bertambahnya usia, bertambah dewasa Prodi Manajemen, yakin semakin mampu bersaing di kancah nasional maupun internasional. “Hal ini dibuktikan dengan beberapa prestasi – prestasi yang sudah ditorehkan oleh mahasiswa dan mahasiswinya. Kinerja dosen terus meningkat terutama di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat dan publikasi,” ucapnya.

Dikatakannya, kapabilitas dan kompetensi dosen serta mahasiswa harus terus ditingkatkan seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi. “Harus ditingkatkan seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi,” katanya.

Rina Masruroh, M.E.Sy., mengatakan, pihaknya yang menjadi generasi kelima sebagai Ketua Prodi Manajemen bersyukur dengan berbagai raihan prestasi akademik maupun non akademik yang berhasil ditorehkan oleh dosen, mahasiswa maupun Prodi Manajemennya sendiri.

“Alhamdulillah, Prodi Manajemen sudah terakreditasi A sejak 23 Oktober 2019 melalui SK BAN PT nomor : 403/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2019. Prodi kedua di Uniku yang meraih akreditasi A setelah Prodi PBSI. Kemudian, berbagai torehan prestasi yang ditorehkan oleh mahasiswa dan mahasiswi dari Prodi Manajemen,’ ujarnya.

Dikatakannya, Prodi Manajemen yang bermahasiswa sebanyak 1.875 orang dengan jumlah per angkatannya dimulai semester pertama 14 kelas, semester tiga 13 kelas, semester lima 12 kelas dan semester tujuh sebanyak 10 kel;as.

“Untuk jumlah dosen tetap di Prodi Manajemen sebanyak 26 orang (4 orang doctor,10 orang sedang menempuh jenjang S3 – 53,84 persen telah dan sedang berpendidikan S3), sebagian besar aktif menulis buku issn, telah memiliki HAKI, aktif melakukan penelitian dan publikasi ilmiah baik di jurnal nasional terakreditasi maupun jurnal internasional terakreditasi,” katanya.

Kemudian, masih menurut Rina, ada satu orang dosen lolos program sertifikasi kompetensi teknis dosen dan tenaga kependidikan tahun 2021 pada skema certified marketing analyst.

“Ada juga enam orang dosen menjadi trainer digital entrepreneur academi pada balitbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informarika,” ucapnya.

Sementara itu, Luki Prayudi selaku Ketua Pelaksana, mengatakan, bahwa jatuh tepatnya hari lahirnya Prodi Manajemen itu, tepatnya di tanggal 12 September kemarin, yang langsung diisi dengan kegiatan seminar nasional keesokan harinya, dengan menghadirkan narasumber Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia.

“Hari ini mungkin puncaknya dari seluruh rangkaian acara dies natalis Prodi Manajemen ke-26 tahun yang bersamaan dengan kegiatan Manajemen Art tahun 2021,” ujarnya.

Dirinya menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu mendukung mensukseskan kegiatan tersebut, sehingga dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

“Terimakasih kepada semua pihak atas bantuan dan dukungannya sehingga kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik. Uniku Jaya…! FE Tangguh ! We are Manajemen !,” pungkasnya. (Sep)

Bagikan berita ini :

Berita Terbaru

Informasi Terbaru

Agenda Terbaru

There are no upcoming events at this time.