Ribuan Peserta Antusias Hadir, Uniku Sukses Selenggarakan Seminar Internasional

UNIKU JAYA – Universitas Kuningan (Uniku) yang merupakan kampus kebanggaannya masyarakat Kabupaten Kuningan, sukses menyelenggarakan seminar Internasional bernama 1st UNISET International Con­fe­rence yang terbagi menjadi 2 (dua) yaitu  Uniku International Con­fe­rence on Social Science untuk bidang Sosial dan Uniku International Con­fe­rence on Environment and Technology untuk bidang Eksakta.

Kegiatan seminar International yang dilaksanakan di green campus tersebut, berlangsung pada hari Sabtu (12/12/2020) secara daring dengan diikuti sebanyak 1.936 peserta, yang terdiri dari pemakalah dan peserta dari berbagai kampus di Indonesia dan luar negeri seperti India, Malaysia dan Thailand.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Oding Syafrudin, M.M., menyatakan, bahwa tugas dosen adalah mendesiminasikan hasil penelitiannya melalui media jurnal ilmiah atau prosiding, maka forum seminar internasional ini menjadi ajang desiminasi hasil-hasil penelitian yang dilakukan oleh dosen-dosen Uniku.

“Sehingga rekam jejak dosen dapat dilihat dari berapa banyak publikasi dan kompetensinya dalam bidang apa, dapat terlihat melalui akun scopus, sinta dan google scholar dapat diketahui rekam jejak publikasinya pada jurnal ilmiah maupun prosiding,” ujarnya.

Sedangkan, Ketua Panitia Seminar International yang juga merupakan Wakil Rektor (Warek) 1 Uniku Dr. Anna Fitri Hindriana.M.Si., me­nuturkan, bahwa kegiatan seminar Internasional ini yang menjadi keynote speaker adalah Dirjen Dikti Kemendikbud RI Prof. Ir. Nizam.M.Sc. Ph.D yang diwakili oleh Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbud Prof. drh. Aris Junaidi.Ph.D serta empat (4) narasumber lainnya dari empat (4) Negara yaitu Prof. Dr. Ku Ruhana Ku Mahmud dari UUM Malaysia, Prof. Dr.re,nat. Imam Widhiono.MS dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Jawa Tengah Indonesia, Dr. Duc Quang Ly dari Thammasat University, Bangkok Thailand dan Rahul Bhandari dari O.P. Jindal Global University India.

“Seminar sudah diselengarakan dengan baik, lancar dan sukses pada hari ini Savtu tanggal 12 Desember 2020 dengan disambut antusias oleh dosen – dosen di Uniku dan kampus lainnya dengan mempresentasikan karya ilmiahnya,” tuturnya.

Sementara itu, Rektor Uniku Dr. Dikdik Harjadi, S.E., M.Si., menyampaikan, bahwa UNISET ini merupakan seminar Internasional pertama kalinya di tingkat Universitas yang berbasis output prosiding yang terindeks scopus dan web of science.

“Maka, forum ini kesempatan baik bagi dosen-dosen pada umumnya dan dosen Uniku secara khusus, diharapkan dengan publikasi ilmiah yang tinggi juga dapat meningkatkan kinerja perguruan tinggi Uniku menjadi lebih baik lagi,” katanya.

Ditambahkan Dikdik, seminar Internasional ini selain ajang deseminasi hasil penelitian juga merupakan media komunikasi dengan mitra-mitra Uniku yang sudah melakukan kerjasama selama ini.

“Mitra-mita Uniku dapat berkolaborasi menjadi bagian dalam kegiatan seminar ini serta media promosi Kabupaten Kuningan Jawa Barat ke pihak luar,” tambahnya.

Terpisah, Ketua Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan (YPSAK) Drs. H. Uri Syam, S.H., M.H., dalam kesempatan tersebut, pihaknya mengapresiasi langkah Universitas Kuningan (Uniku) yang menyelenggarakan seminar Internasional yang sudah berjalan dengan sukses dan lancar.

“Kegiatan seminar ini, diharapkan semakin meningkatkan kualitas Uniku menjadi perguruan tinggi yang terkemuka di Indonesia dan membudayakan dosen-dosen Uniku untuk berkarya dan mendesiminasikannya pada dunia Internasional,” ungkapnya. (Rilis/Sep)

 

 

Berita Terbaru

Informasi Terbaru

Agenda Terbaru

There are no upcoming events at this time.