Rektor UNIKU: KKN Tematik Kewirausahaan Dongkrak Indek Daya Beli Masyarakat Kuningan

UNIKU JAYA – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Kewirausahaan kerjasama USAID-Kemenristekdikti-Universitas Kuningan yang akan berlangsung selama 3 tahun berturut-turut di sejumlah lokasi di Kuningan harus mampu mendongkrak indeks daya beli masyarakat Kuningan. Bila daya beli meningkat, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kuningan akan meningkat pula.

Demikian ditegaskan Rektor Universitas Kuningan, Dr. H. Dikdik Harjadi, M.Si. pada Rapat Koordinasi KKN Uniku Tahun Akademik 2018/2019 yang berlangsung di Student Center Iman Hidayat, Senin (1/7/2019).

Dikdik mengungkapkan, indeks pendidikan dan kesehatan di Kabupaten Kuningan sudah cukup bagus. Namun, indeks daya beli masih rendah.

“Melalui KKN Tematik Kewirausahaan, kita harus membantu Pemda Kuningan untuk mendongkrak daya beli masyarakat. Bila usaha masyarakat bisa berlangsung secara mandiri dan berkesinambungan, multi-years, dibina dan dimonitor secara terencana insya Allah akan berdampak pada penguatan daya beli masyarakat,” ujar Dikdik.

Ia menegaskan, keberhasilan KKN bila dilakukan secara berkelanjutan dari tahun pertama hingga ketiga, diharapkan berlangsung di lokasi yang sama sehingga keberhasilannya terukur dengan baik.

“Semoga tahun pertama KKN Tematik Kewirausahaan berlangsung dengan lancar. Tahun kedua dan ketiga akan berlanjut di lokasi yang sama sehingga berkesinambungan. Jadi, tidak dimulai dari awal lagi,” ujar Dikdik.

Demi kesuksesan KKN tahun ini, Dikdik menghimbau seluruh panitia agar melakukan koordinasi dengan baik dengan Pemda dan berbagai stakeholder serta memfasilitasi para peserta KKN dengan sebaik-baiknya.

Ketua LPPM Uniku, Drs. Oding Syafruddin, M.M., mengungkapkan KKN Tematik Kewirausahaan tahun pertama ini diikuti oleh 1187 mahasiswa yang tersebar di 61 desa di Kabupaten Kuningan.

“49 kelompok yang masing-masing terdiri dari 20-22 mahasiswa reguler akan disebar di kawasan perbatasan dan 12 kelompok mahasiswa kelas karyawan disebar di kawasan perkotaan,” jelas Oding.

Lebih jauh, Oding menjelaskan pelaksanaan KKN di lokasi akan dilaksanakan pd tanggal 23 juli sampai dengan 23 Agustus 2019 dan akan diakhiri dengan expo KKN pada tanggal 24-25 Agustus 2019. (ruz/sep)

Berita Terbaru

Informasi Terbaru

Agenda Terbaru

  1. Awal Perkuliahan Semester Ganjil Tahun Akademik 2019-1

    23 September 2019 @ 8:00 - 18 January 2020 @ 22:00