Rektor Lepas Mahasiswa PKM FH Tahun Akademik 2019 / 2020

UNIKU JAYA – Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., didampingi Dekan Fakultas Hukum (FH) Dr. Haris Budiman, SH., MH., Wakil Dekan II Dr. Diding Rahmat, SH., MH., Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Oding Syafrudin, MM., melepas secara resmi 51 mahasiswa semester lima (5) untuk mengikuti kegiatan pembekalan dan pelepasan Praktek Kerja Mahasiswa (PKM) di berbagai instansi, lembaga, atau organisasi Pemerintah yang ada di Kabupaten Kuningan maupun diluar Kabupaten Kuningan.

Kegiatan pembekalan dan pelepasan mahasiswa PKM tahun akademik 2019 / 2020 itu, berlangsung di Ruang Kelas Lantai II Fakultas Hukum (FH) Universitas Kuningan (Uniku), Jumat (24/01/2020).

Dekan Fakultas Hukum (FH) Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Haris Budiman, SH., MH., dalam sambutannya, mengatakan, bahwa kegiatan PKM ini merupakan salah satu kegiatan akdemik yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa FH Uniku ketika menginjak semester lima (5).

“PKM adalah salah satu kegiatan akademik yang wajib diikuti oleh mahasiswa dan mahasiswi semester lima (5) FH Uniku. Kegiatan ini akan berlangsung setelah selesai melaksanakan ujian akhir semester (UAS). Mereka, mahasiswa dan mahasiswi sebagai peserta akan disebar ke beberapa instansi, lembaga, atau organisasi Pemerintah yang memiliki keterkaitan dengan Fakultas Hukum (FH) Uniku baik di dalam Kabupaten Kuningan maupun diluar Kabupaten Kuningan,” tuturnya.

Masih menurutnya, Praktek Kerja Mahasiswa (PKM) merupakan mata kuliah wajib dengan bobot 2 sks yang diambil dan diikuti oleh tiap mahasiswa FH di lingkungan Uniku.

“PKM merupakan mata kuliah yang dilaksanakan di lapangan (di luar kampus) yakni pada instansi – instansi yang memiliki relevansi dengan persoalan aplikasi  keilmuan yang dikembangkan pada setiap jurusan atau prodi dalam rangka mengembangkan wawasan, keterampilan dan sikap tentang dunia kerja yang akan dikembangkan,” ujarnya.

Lebih jauh, sambung dekan jebolan S3 Unisula Semarang Jawa Tengah itu, menjelaskan, bahwa tujuan  dari praktek kerja mahasiswa secara umum untuk mahasiswa mampu mengaplikasikan kemahiran teoritik dilokasi PKM agar mengerti dan beradaptasi terhadap tuntutan dunia kerja dan mahasiswa mampu mendapatkan pengalaman kerja yang relevan sehingga yang bersangkutan memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang memadai di bidangnya.

“Serta mahasiswa mampu menjalin interaksi, komunikasi dan koordinasi dengan sesama mahasiswa, dosen pembimbing lapangan FH maupun pihak institusi mitra selaku lokasi PKM,” jelasnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., dalam sambutannya, dirinya mengucapkan selamat kepada seluruh peserta yang akan mengikuti kegiatan PKM tahun akademik 2019 / 2020 di berbagai instansi, lembaga atau organisasi Pemerintah selama kurang lebih satu (1) bulan lamanya.

“Saya sampaikan selamat mengikuti kegiatan PKM tahun akademik 2019 / 2020. Dan, saya juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran FH Uniku walaupun diusianya yang masih terbilang belia diangka  8 tahun ini, FH Uniku terus merangkak maju kedepan,” tuturnya.

Lebih jauh, Dikdik sapaan akrabnya, berpesan, ketika nantinya saudara ditempatkan di lokasi PKM, agar saudara bisa langsung beradaptasi dengan lingkungan di sekitar lokasi PKM dan dirinya juga mengingatkan agar selalu menjaga nama baik almamater Uniku.

“Selamat mengikuti kegiatan PKM ini, semoga bisa berjalan dengan lancar dan sukses. Ingat selalu menjaga nama baik almamater Universitas Kuningan (Uniku) dimana pun saudara ditempatkan di lokasi PKM baik di kabupaten Kuningan maupun diluar Kabupaten Kuningan,” pesannya.

Hadir dalam acara tersebut, Rektor Uniku Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., Dekan FH Dr. Haris Budiman, SH., MH., Wakil Dekan I Dr. Suwari Akhmaddian, SH., MH., Wakil Dekan II Dr. Diding Rahmat, SH., MH., Ketua Program Studi (Prodi) Ilmu Hukum Erga Yuhandra, SH., MH., Sekretaris Prodi Ilmu Hukum Bias Lintang Dialog, SH., M.Kn., Kepala Laboratorium Gios Adhyaksa, SH., MH., Kepala Tata Usaha Iwan Tresna, SE., Dosen dan Staf Tenaga Kependidikan Prodi Ilmu Hukum FH Uniku. (Sep)

Berita Terbaru

Informasi Terbaru

Agenda Terbaru

There are no upcoming events at this time.