Ratusan Pesilat Ikuti Rektor Cup III Se-Kunci Bersama

UNIKU JAYA – Sebanyak 540 pesilat dari berbagai sekolah mulai dari tingkat SD / MI, SMP / MTS, SMA / SMK / MA dan undangan, mengikuti kegiatan “Rektor Cup III” se-wilayah Kunci Bersama di Gedung Student Center Iman Hidayat Kampus I Universitas Kuningan (Uniku), Sabtu (22/12/2018).

Acara yang akan berlangsung dari 22 – 25 Desember 2018 tersebut, dibuka secara resmi oleh Bupati Kuningan Acep Purnama, SH., MH., dengan didampingi Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., Ketua IPSI Kabupaten Kuningan Dr. Ukas Suharfaputra, M.P., Perwakilan dari Disporapar, Perwakilan dari Polres Kuningan, Perwakilan dari Kodim 0615 Kuningan, Wakil Rektor III Ilham Adhya, M.Si., Dekan Fakultas, Dewan Juri, Guru Pembina Paguron Silat, Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pencak Silat Uniku Ryan Kurniawan, SE., Ketua Pelaksana Rektor Cup III Nana Rusmana dan tamu undangan lainnya.

Ketua Pelaksana Rektor Cup III Nana Rusmana, dalam laporannya, mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu agenda tahunan dari UKM Pencak silat Uniku yang mana tahun 2018 ini adalah tahun ketiga (3) se-wilayah Kunci Bersama.

“Alhamdulillah, untuk tahun ini merupakan yang ketiga (3) kalinya kami UKM Pencak Silat Uniku menyelenggarakan kegiatan Rektor Cup se-wilayah Kunci Bersama dengan jumlah peserta mencapai 540 dari tujuh (7) Kabupaten, dua (2) Kota dan tiga (3) Kabupaten sebagai undangan,” tuturnya.

Rektor Cup III se-wilayah Kunci Bersama itu, memiliki tujuan sebagai wujud kepedulian mahasiswa terhadap budaya Indonesia dan lingkungan sekitarnya, bentuk kepedulian mahasiswa terhadap pembinaan prestasi olahraga khususnya cabang Pencak Silat dan sosialisasi keberadaan Uniku khususnya UKM Pencak Silatnya.

“Bukan hanya itu saja tujuan kami dari UKM Pencak Silat Uniku menyelenggarakan kegiatan Rektor Cup, namun pada intinya adalah sebagai sarana atau wadah untuk meningkatkan motivasi dan minat siswa siswi terhadap olahraga Pencak silat, membangun nilai budaya bangsa melalui Pencak Silat dan juga untuk mencari bibit atlet Pencak Silat yang berkualitas di tingkat SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK/MA dan undangan,” ujarnya.

Dirinya berharap, semoga Rektor Cup III se-wilayah Kunci Bersama itu, diharapkan dapat berjalan dengan lancar dan sukses serta menghasilkan bibit-bibit atlet Pencak Silat yang berkualitas.

“Semoga, dapat lahir bibit-bibit atlet Pencak Silat yang berkualitas dari gelaran kegiatan Rektor Cup III tersebut,” harapnya.

Masih ditempat yang sama, Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., dalam sambutannya, mengatakan, dirinya secara pribadi dan lembaga Uniku menyampaikan selamat datang di kampus kebanggaannya masyarakat Kabupaten Kuningan.

“Saya ucapkan selamat datang bagi para peserta Rektor Cup III se-wilayah Kunci Bersama di Kampus kebanggaannya masyarakat Kabupaten Kuningan,” tuturnya.

Lebih jauh, sambung pendukung Persib Bandung itu, menjelaskan, bahwa kegiatan Rektor Cup III ini sudah menjadi agenda tahunan dari UKM Pencak Silat Uniku.

“Untuk tahun pertama, Rektor Cup diselenggarakan se-wilayah III Cirebon. Di pelaksanaan Rektor Cup II dan III, baru memperluas cakupan wilayahnya menjadi se-wilayah Kunci Bersama dengan harapan selain mengenalkan keberadaan UKM Pencak Silat di Uniku khususnya, namun pada umumnya adalah sebagai promosi keberadaan kampus Uniku,” jelasnya.

Dirinya juga berharap, dengan diselenggarakan Rektor Cup III itu, diharapkan mampu melahirkan atlet-atlet Pencak Silat yang berkualitas sehingga kedepannya mampu melahirkan sebuah prestasi kebanggaan bagi dirinya sendiri, Paguron Silatnya maupun pada umumnya bagi Kabupatennya.

“Semoga, dari kegiatan Rektor Cup III ini akan lahir bibit-bibit atlet Pencak Silat yang berkualitas sehingga nantinya bisa menjadi kebanggaan bagi dirinya sendiri, Paguron Silatnya dan Kabupatennya,” harapnya.

Sedangkan, Ketua IPSI Kabupaten Kuningan Dr. Ukas suharfaputra, M.P., mengatakan, dirinya mengucapkan terimakasih dan menyampaikan apresiasi serta mendorong agar kegiatan Rektor Cup tersebut bisa menjadi agenda tahunan karena bisa memajukan dan meningkatkan kemampuan atlet serta sebagai promosi kampus Uniku sebagai kampus terbaik di Kabupaten Kuningan.

“Saya atas nama pribadi dan IPSI, mengucapkan terimakasih kepada Pak Rektor dan seluruh jajaran panitia penyelenggara Rektor Cup sehingga bisa berjalan dengan baik. Dirinya juga mendorong  agar kegiatan tersebut bisa menjadi agenda tahunan karena dapat memajukan dan meningkatkan kemampuan atlet serta bisa dijadikan sebagai ajang promosi kampus Uniku sebagai kampus terbaik di Kabupaten Kuningan,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Kuningan Acep Purnama, SH., MH., dalam sambutannya, mengatakan, dirinya atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kuningan, mengucapkan terimakasih dan mendukung serta menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran panitia pelaksana yang telah konsisten menyelenggarakan kegiatan Rektor Cup tersebut setiap tahunnya.

“Terimakasih saya sampaikan kepada seluruh jajaran panitia pelaksana yang telah konsisten menyelenggarakan kegiatan yang sangat positif sekali untuk pembinaan atlet di cabang olahraga pencak silat. Semoga dari kegiatan tersebut, akan lahir bibit-bibit atlet cabor pencak silat yang nantinya bisa menjadi kebanggaan dan mengahrumkan nama Kabupaten / Kota-nya masing-masing,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut juga, menampilkan pentas seni tari tradisional dan atraksi dari Ketua IPSI Kabupaten Kuningan beserta para pengurusnya. (Sep)

Berita Terbaru

Informasi Terbaru

Agenda Terbaru