Ratusan Mahasiswa Ikuti Workshop dan Screening Film Bareng Lola Amaria

UNIKU JAYA – Sebanyak 350 mahasiswa dan mahasiswi dari berbagai program studi (Prodi) yang ada di lingkungan Universitas Kuningan (Uniku), mengikuti workshop dan screening film dengan tema “Memahami Film sebagai Karya Sastra” yang diselenggarakan oleh program studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kuningan (Uniku) hasil kerjasama LA Zone Djarum dengan Radar Cirebon Televisi (RCTV).

Kegiatan workshop dan screening film yang berlangsung di Gedung Student Center Iman Hidayat Kampus I, Minggu (17/03/2019), menghadirkan narasumber seorang aktris dan sutradara bernama “Lola Amaria”.

Wakil Dekan I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Dadang Solihat, M.Pd. BI., dalam sambutannya, mengatakan, kegiatan workshop dan screening film itu diselenggarakan oleh program studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris yang diikuti oleh 350 mahasiswa sebagai peserta.

“Workshop dan screening film ini merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan Prodi PBI FKIP Uniku dengan diikuti oleh 350 orang mahasiswa sebagai pesertanya,” tuturnya.

Lebih jauh, sambung dosen PBI FKIP Uniku yang sedang menempuh jenjang S3 di salah satu Universitas di Jakarta itu, menyampaikan, apresiasi dan mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran panitia pelaksana yang mana dari Prodi PBI yang sudah dengan matang mempersiapkan acara tersebut sehingga bisa berjalan dengan lancar dan sukses.

“Saya sampaikan apresiasi dan menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya serta terimakasih kepada seluruh jajaran panitia pelaksana yang telah mempersiapkan kegiatan ini dengan matang sehingga bisa berjalan dengan lancar dan sukses. Semoga, kegiatan ini secara konsisten setiap tahun diselenggarakan,” ujarnya.

Sedangkan, Wakil Rektor III Universitas Kuningan (Uniku) Ilham Adhya, M.Si., mengatakan, dirinya juga mengapresiasi dan menyampaikan penghargaan bagi seluruh jajaran panitia pelaksana dan selamat datang kepada mba “Lola Amaria” di Kampus kebanggaannya masyarakat Kabupaten Kuningan.

“Terimakasih dan penghargaan yang steinggi-tingginya saya sampaikan kepada seluruh panitia pelaksana. Dan juga saya sampaikan selamat datang Mba Lola Amaria di Kampus Universitas Kuningan (Uniku) yang sudah memenuhi undangan dari PBI FKIP Uniku untuk berbagi ilmu dan pengalamannya mengenai workshop dan screening perfilman,” tuturnya.

Dirinya juga menjelaskan, bahwa Uniku sekarang berada di urutan ke 200 sekian pemeringkatan yang dikeluarkan oleh Kemenristekdikti dan juga Uniku sekarang sedang fokus “Green Campus” menuju kampus yang ramah lingkungan.

“Alhamdulillah, walaupun kita berada diujung timur perbatasan antara Jawa Barat dan Jawa Tengah, namun dari sisi prestasi kita jangan dianggap sebelah mata. Banyak prestasi-prestasi yang berhasil ditorehkan mahasiswa dan mahasiswi Uniku. Salah satu buktinya, kita pernah menjadi Duta Bahasa Jawa Barat dan Nasional atas nama Nursidik. Dan, baru saja kemarin salah satu mahasiswa Uniku dari Prodi Manajemen terpilih menjadi “Duta Terfavorite” dalam ajang pemilihan Duta Perpustakaan Jawa Barat yang diselengggarakan di Bandung,” jelasnya.

Lebih jauh, sambung dosen Fakultas Kehutanan (Fahutan) Uniku itu, berharap, dengan antusiasnya para peserta untuk mengikuti kegiatan workshop dan screening film dengan menghadirkan Mba Lola Amaria tersebut, diharapkan dapat menambah dan meningkatkan wawasan para peserta dengan memahami film sebagai karya sastra.

“Saya berharap, kegiatan yang digelar pada hari ini bisa menambah dan meningkatkan cara pandang para peserta khususnya mahasiswa dan mahasiswi Uniku dengan memahami film sebagai karya sastra,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Kuningan yang dalam kesempatan kali ini diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kuningan Dr. Dian Rahmat Yanuar, M.Si., mengatakan, dirinya juga sangat mengapresiasi dan menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran panitia atas terselenggaranya kegiatan yang sangat bermanfaat dan positif sekali bagi mahasiswa dan mahasiswi Uniku dengan membekali wawasan dengan memahami film sebagai karya sastra.

“Terimakasih saya sampaikan dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran panitia pelaksana yang telah mempersiapkan kegiatan workshop dan screening film sehingga bisa berjalan dengan baik dan lancar. Saya rasa, kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang sangat positif dan bermanfaat sebagai salah satu upaya untuk membekali mahasiswa dan mahasiswi Uniku dalam bidang perfilman dan screening film,” tuturnya.

Dirinya juga memiliki mimpi dan keinginan, suatu saat nanti Kabupaten Kuningan yang memiliki banyak destinasi dan panorama keindahan yang nan eksotis, yang sampai saat ini belum terexplore semuanya, bisa terexpose.

“Suatu saat nanti kita bisa membuat salah satu karya film yang mengangkat temanya atau berlatar di Kabupaten Kuningan sehingga bisa menaikan dan mengangkat nama daerah tersebut seperti contohnya laskar pelangi, sehingga bisa lebih terkenal dan pariwisata Kabupaten Kuningan semakin meningkat dan lebih dikenal banyak orang lagi kedepannya,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, sebelum dimulainya acara workshop dan screening film, para peserta dihibur terlebih dahulu dengan penampilan “D’Dellons” dan pemutaran film “LIMA”, baru dilanjutkan ke acara pembukaan dan acara inti dengan dimoderatori oleh salah satu dosen Uniku Lousy Loustiawaty, M.Sn.

Turut hadir, Bupati Kuningan yang dalam kesempatan kali ini diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kuningan Dr. Dian Rahmat Yanuar, M.Si., Wakil Rektor III Uniku Ilham Adhya, M.Si., Wakil Dekan I FKIP Dadang Solihat, M.Pd. BI., Ketua Prodi PBI Erwin Oktoma, M.Pd., Sekretaris Prodi Muhammad Aprianto BN, M.Pd., Kepala Laboratorium Bahasa Fahmi Hygienis, S.S., Dosen dan Staf Tenaga Kependidikan Prodi PBI, Lola Amaria, moderator Lousy Loustiawaty, M.Sn., Perwakilan dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Uniku, Perwakilan dari BEM FKIP, Ketua dan demisioner pengurus Hima PBI dan tamu undangan lainnya. (Sep)

Berita Terbaru

Informasi Terbaru

Agenda Terbaru