Ratusan Mahasiswa FKIP Uniku Ikuti Pelepasan PKM

UNIKU JAYA – Ratusan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kuningan (Uniku) mengikuti kegiatan Pelepasan Mahasiswa Praktek Keterampilan Mengajar (PKM) bertempat di Gedung Student Center Iman Hidayat Universitas Kuningan, Jumat-Sabtu (17-18/01/2020).

Dalam laporannya, Kepala Unit PKM dan Microteaching, Cucu Suhartini, M.Pd., menyampaikan kegiatan Praktek Keterampilan Mengajar (PKM) dilaksanakan secara berkelanjutan yaitu PKM I, PKM II, dan PKM III.

“Sebagai upaya menyelaraskan kurikulum di Perguruan Tinggi dalam mempersiapkan calon guru yang kompeten dan profesional, FKIP Uniku melaksanakan dan mengimplementasikan kegiatan Praktek Keterampilan Mengajar (PKM) yang terdiri dari PKM I, PKM II, dan PKM III,” ujarnya.

Selanjutnya, Cucu memaparkan kegiatan PKM diikuti oleh seluruh mahasiswa Semester 3 dan Semester 5 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kuningan (Uniku).

“Dalam hal ini, kegiatan PKM I diikuti oleh 289 Mahasiswa Semester 3 dan kegiatan PKM II diikuti oleh 281 Mahasiswa Semester 5. Jadi, total mahasiswa yang mengikuti kegiatan PKM I dan PKM II adalah sebanyak 570 mahasiswa yang berasal dari 6 Program Studi yang ada dilingkungan FKIP Uniku. 570 mahasiswa ini nantinya akan disebar di 35 sekolah mitra, baik ditingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, maupun Sekolah Menengah Atas,” paparnya.

Lebih jauh, dirinya mengatakan bahwa kegiatan PKM I dan PKM II masing-masing akan diselenggarakan selama 1 minggu.

“Adapun kegiatan PKM I akan dilaksanakan pada 27 Januari 2020 – 1 Februari 2020, sedangkan kegiatan PKM II akan dilaksanakan pada 3 Februari 2020 – 8 Februari 2020,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kuningan (Uniku), Yeyen Suryani, M.Pd., dalam sambutannya mengatakan kegiatan PKM I dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kultur sekolah.

“Kegiatan PKM yang dilakukan secara berkelanjutan mulai dari PKM I, II, dan III ini memiliki tujuannya masing-masing. Pada kegiatan PKM I, mahasiswa melakukan observasi dengan tujuan untuk mengetahui kultur sekolah, visi misi, SOTK, kegiatan ekstrakulikuler, maupun kegiatan guru di sekolah,” ujarnya.

Lebih jauh, Yeyen menyampaikan kegiatan PKM II dilakukan dengan tujuan untuk memantapkan kompetensi pedagogik dan profesional mahasiswa melalui penelaahan dan pengembangan perangkat pembelajaran.

“Selanjutnya, pada kegiatan PKM II, mahasiswa menelaah dan mengembangkan perangkat pembelajaran berupa program tahunan, program semester, silabus dan RPP. Melalui kegiatan PKM II, mahasiswa diharapkan dapat lebih memantapkan kompetensi pedagogik dan profesional serta memantapkan kemampuan awal guru melalui kegiatan telaah dan pengembangan perangkat pembelajaran yang harus disiapkan oleh seorang tenaga pendidik di sekolah,” jelasnya. (nit)

Berita Terbaru

Informasi Terbaru

Agenda Terbaru

There are no upcoming events at this time.