Ratusan Dosen Ikuti Workshop Penyusunan Proposal Hibah Penelitian Dikti

UNIKU JAYA – Sebanyak 106 dosen Universitas Kuningan (Uniku) dari berbagai Fakultas dan Program Studi (Prodi), mengikuti kegiatan workshop penyusunan proposal hibah dikti yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Uniku di Gedung Student Center Iman Hidayat Kampus I, Sabtu (06/04/2019).

Acara yang menghadirkan dua (2) narasumber Agus Gumilar, ST., M.Kom., dan Dr. Palti Sitorus dari L2DIKTI serta dimoderatori oleh Kepala Bidang (Kabid) Penelitian LPPM Erlan Darmawan, M.Kom., dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor III Uniku Ilham Adhya, M.Si., dengan didampingi Ketua LPPM Uniku Oding Syafrudin, MM., dan Kepala Bidang (Kabid) Pengabdian Tatang Rois, M.Si.

Ketua LPPM Uniku Oding Syafrudin, MM., dalam sambutannya, mengatakan, kegiatan yang diikuti oleh 106 dosen Uniku itu bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pengelolaan yang bermutu dan meningkatkan partisipasi dosen dalam penelitian.

“Serta untuk meningkatkan keterampilan atau pemahaman teknik menyusun proposal khusus skema penelitian Dikti,” tuturnya.

Tahun 2019, jumlah judul penelitian internal ada 109 judul dan penelitian Dikti yang lolos ada 14 judul untuk penelitian dosen pemula.

“Dalam lima (5) tahun terakhir, dosen Uniku tidak pernah mendapat penelitian Dikti diluar penelitian pemula. Disatu sisi jumlah dosen yang kualifikasi S3 (doctor) semakin meningkat. Hal ini menunjukan peningkatan kualifikasi dosen S3 tidak dibarengi dengan peningkatan mutu penelitian. Ini harus menjadi perhatian bersama,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III Uniku Ilham Adhya, M.Si., dalam sambutannya, mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi dan menyampaikan ucapan terimakasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada LPPM Uniku yang telah menyelenggarakan kegiatan yang sangat bermanfaat dan positif sekali bagi peningkatan kualifikasi dan kualitas dosen Uniku dalam tri dharma perguruan tinggi.

“Pertama, saya ucapkan selamat datang kepada dua (2) narasumber dari L2DIKTI yang telah memenuhi undangan kami untuk berbagi informasi, ilmu dan wawasannya dalam penyusunan proposal hibah penelitian Dikti. Dan, tak lupa, dirinya juga menyampaikan terimakasih kepada pihak penyelenggara yang mana dari LPPM Uniku yang telah mampu menyelenggarakan yang sangat positif dan memiliki banyak manfaat khususnya bagi para dosen Uniku sebagai upaya peningkatan kualifikasi dan kualitas dalam tri dharma perguruan tinggi,” tuturnya.

Dirinya berharap, dengan diselenggarakan kegiatan workshop tersebut, diharapkan LPPM Uniku bisa terus konsisten menyelenggarakan kegiatan seperti ini setiap tahunnya karena dirasa memiliki banyak manfaatnya khususnya bagi para dosen Uniku.

“Saran saja, sekarang mungkin workshop penyusunan proposal hibah penelitian dikti diselenggarakan. Kedepan, mungkin akan kembali diselenggarakan workshop penyusunan proposal hibah pengabdia. Itu sih, hanya saran saja biar penilitian dan pengabdian seimbang dan sama – sama bisa berjalan dengan baik,” harapnya.

Turut hadir, Wakil Rektor III Universitas Kuningan (Uniku) Ilham Adhya, M.Si., dua narasumber Agus Gumilar, ST., M.Kom., dan Dr. Palti Sitorus dari L2DIKTI, Dekan Fakultas Hukum (FH) Haris Budiman, SH., MH., Dekan Fakultas Kehutanan (Fahutan) Dr. Toto Supartono, M.Si., Dekan Fakultas Ekonomi (FE) Dr. Herma Wiharno, M.Si., Ketua LPPM Uniku Oding Syafrudin, MM., Kepala Bidang Penelitian Erlan Darmawan, M.Kom., Kepala Bidang Pengabdian Tatang Rois, M.Si., dan tamu undangan lainnya. (Sep)

Berita Terbaru

Informasi Terbaru

Agenda Terbaru