Menwa Gelar Pembaretan Anggota Baru

UNIKU JAYA – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Resimen Mahasiswa (Menwa) Mahawarman Batalyon IX Sunan Gunung Djati Cirebon Kompi Universitas Kuningan (Uniku), menggelar upacara pembaretan anggota baru di Lapangan Rektorat Kampus I Universitas Kuningan (Uniku), Senin (31/12/2018).

Hadir dalam upacara pembaretan tersebut Bupati Kuningan yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Dr. Dian Rahmat Yanuar, M.Si., Perwakilan dari Kodim 0615 Kuningan, Perwakilan dari Polres Kuningan, Perwakilan dari Kesbangpol Kuningan, Perwakilan dari Satpol PP Kuningan, Perwakilan Dinas Perhubungan (Dishub) Kuningan, Ketua Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan (YPSAK) Drs. Uri Syam, SH., MH., beserta jajarannya, Rektor Universitas Kuningan Dr. Dikdik Harjadi, M.Si., beserta jajarannya, Komandan Rayon Mahawarman Batalyon IX Sunan Gunung Djati Cirebon beserta jajarannya, Pembina UKM Menwa Uniku Sahlan, M.Pd., Komandan Kompi Uniku Asep Rusdiana, Orang Tua Wali dan Tamu Undangan yang hadir.

Menurut Inspektur upacara yang dalam kesempatan ini dipimpin oleh Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Dikdik Harjadi, M.Si., dalam amanatnya, mengatakan, bahwa latihan yang telah diikuti harus bisa menumbuhkan jiwa kedisiplinan dalam setiap diri anggota Resimen Mahasiswa (Menwa).

“Saya ucapkan selamat datang kembali ke kampus kita tercinta kepada tujuh (7) anggota baru Menwa yang baru saja mengikuti diksar di Bandung. Menjadi Menwa, harus bisa menjadi contoh yang baik bagi mahasiswa dan mahasiswi Uniku lainnya dalam hal kedisiplinan dan tanggung jawab untuk memotivasi tugasnya sebagai mahasiswa,” ujarnya.

Lebih jauh, sambung mantan Wakil Rektor III dua (2) periode itu, menjelaskan, bahwa regenerasi dalam sebuah organisasi itu harus ada. Karena maju mundurnya sebuah organisasi itu bisa dilihat dari adanya estapet regenerasi kepemimpinan organisasi.

“Alhamdulillah, Menwa Uniku tetap menjaga eksitensinya dengan selalu melakukan regenerasi estapet kepemimpinannya dengan baik, dengan adanya kader-kader baru yang bisa melanjutkan proses perjuangan dari sebuah organisasi tersebut,” jelasnya.

Diakhir amanatnya, Rektor Uniku yang akrab disapa Dikdik itu, berpesan, agar Resimen mahasiswa harus dapat menumbuhkan rasa cinta kepada tanah air melalui kegiatan-kegiatan bela negara.

“Menwa harus dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air melalui kegiatan-kegiatan bela negara,” pesannya.

Sementara itu, Bupati Kuningan yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kuningan Dr. Dian Rahmat Yanuar, M.Si., dalam sambutannya, mengatakan, saya menyambut baik dan menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap jajaran Resimen Mahasiswa (Menwa) Mahawarman Batalyon IX Gunung Jati Kompi Universitas Kuningan (Uniku) atas terselenggaranya kegiatan pembaretan bagi anggota baru Menwa Kompi Uniku.

“Ini merupakan satu momen yang sangat berharga bagi keberlangsungan Menwa Mahawarman terkhusus bagi kompi Uniku,” tuturnya.

Menwa perlu mempersamakan persepsi, bahwa Menwa adalah organisasi non structural. Jadi setiap anggota Menwa jangan mengharapkan adanya honor atau gaji karena negara tidak menyediakan itu.

“Menwa adalah organisasi non politik. Setiap anggota Menwa jangan terlibat politik praktis. Jangan kemana-mana tetapi harus ada dimana-mana. Jadikan Menwa sebagai pemersatu karena semangat anggota Menwa sangat idealis namun selama aktif di Menwa harus tetap fokus pada tugas utamanya sebagai mahasiswa. Aktifitas di Menwa seyogyanya menajdi batu loncatan dalam meraih kesuksesan sebab kesuksesan diraih melalui usaha keras. Kesuksesan adalah pilihan sadar, bukan akibat. Oleh karena itu, kesuksesan diraih dengan usaha,” ujarnya.

Diakhir sambutannya, dirinya berpesan, ada pepatah yang mengatakan, “Setiap jaman ada orangnya dan setiap orang ada jamannya”.

“Itu artinya setiap orang harus bisa menunjukan peran yang berarti di jamannya. Tentu peran yang baik untuk kesuksesan dan membawa nama harum negara. Saya sampaikan terimakasih kepada orang tua yang sudah memberikan izin kepada anaknya untuk di didik menjadi Menwa, karena saya yakin mereka akan di didik menjadi manusia yang berdisiplin tinggi,” pungkasnya. (Sep)

Berita Terbaru

Informasi Terbaru

Agenda Terbaru

  1. Awal Perkuliahan Semester Ganjil Tahun Akademik 2019-1

    23 September 2019 @ 8:00 - 18 January 2020 @ 22:00