Menwa Gelar Pembaretan Anggota Baru

UNIKU JAYA – Resimen Mahasiswa (Menwa) Mahawarman Batalyon IX Sunan Gunung Djati Cirebon Kompi Universitas Kuningan (Uniku) menggelar upacara pembaretan anggota baru di Gedung Student Center Iman Hidayat Kampus I Universitas Kuningan (Uniku), Senin (30/12/2019).

Hadir dalam upacara pembaretan tersebut, Bupati Kuningan yang diwakili oleh Kepala Bidang Pendidikan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs. Ayip Syarip Rahmat, M.Pd., Perwakilan dari Kodim 0615 Kuningan, Perwakilan dari Polres Kuningan, Perwakilan dari Kesbangpol Kuningan, Perwakilan Satpol PP Kuningan, Rektor Universitas Kuningan (Uniku), Perwakilan Pengurus IARMI, Ketua Pembina Resimen Mahasiswa (Menwa) Uniku, Demisioner Menwa Uniku, Perwakilan seluruh Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Univesritas Kuningan (Uniku), Orang tua wali dan tamu undangan lainnya.

Menurut inspektur upacara yang dalam kesempatan ini dipimpin oleh Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada anggota Menwa yang baru saja pulang dari pendidikan dan pada hari ini sudah sah menjadi anggota baru dari Menwa Mahawarman Batalyon IX Sunan Gunung Djati Cirebon Kompi Universitas Kuningan (Uniku).

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan pembaretan ini. Dan, saya ucapkan selamat kepada ketiga anggota Menwa, yang pada hari ini sudah sah menjadi anggota baru dari Menwa Mahawarman Batalyon IX Sunan Gunung Djati Cirebon Kompi Universitas Kuningan (Uniku) setelah selama dua (2) minggu mengikuti pendidikan di Bandung,” tuturnya.

Lebih lanjut, Dikdik menjelaskan, bahwa latihan yang telah diikuti selama kurang lebih dua (2) minggu itu harus bisa menumbuhkan jiwa kedisiplinan dalam setiap anggota baru Menwa Mahawarman Batalyon IX Sunan Gunung Djati Cirebon Kompi Universitas Kuningan (Uniku).

“Menjadi Menwa itu harus bisa memberikan contoh dan menjadi teladan yang baik bagi mahasiswa dan mahasiswi lainnya dalam hal kedisiplinan dan tanggung jawab untuk memotivasi tugasnya sebagai mahasiswa,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Kuningan yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Kepala Bidang Pendidikan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kuningan Drs. Ayip Syarip Rahmat, M.Pd., dalam sambutannya, pihaknya sangat menyambut baik dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap jajaran pengurus Menwa Mahawarman Batalyon IX Sunan Gunung Djati Cirebon Kompi Universitas Kuningan (Uniku) atas terselenggaranya kegiatan pembaretan bagi anggota baru.

“Ini merupakan satu momen yang sangat berharga bagi eksistensi Menwa Mahawarman Batalyon IX Sunan Gunung Djati Cirebon Kompi Universitas Kuningan (Uniku). Keberadaan Menwa merupakan salah satu indikator bahwa ada aktivitas mahasiswa yang memiliki kecenderungan untuk  mengembangkan sikap yang tanggap, rapih, tertib dan sikap cekatan. Sikap ini harus selalu dijaga dengan baik oleh anggota Menwa,” ujarnya.

Menwa merupakan salah satu kekuatan sipil yang dilatih dan dipersiapkan untuk mempertahankan NKRI sebagai perwujudan sistem pertahanan keamanan rakyat semesta. Menwa juga merupakan salah satu komponen warga Negara yang mendapatkan latihan militer.

“Untuk itu sudah seharusnya para anggota Menwa harus memiliki jiwa disiplin yang tinggi, bertanggung jawab dan harus memiliki nilai lebih serta menjadi teladan bag rekan-rekannya di kampus,” jelasnya.

Kegiatan pembaretan tersebut, ditutup dengan dilakukan kegiatan atraksi bela diri dari ketiga anggota Menwa yang baru, ucapan selamat dan foto bersama. (Sep)

Berita Terbaru

Informasi Terbaru

Agenda Terbaru

There are no upcoming events at this time.