Mahasiswa PBSI Borong Tiga Piala Sapardi 2019

UNIKU JAYA – Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kuningan (Uniku), kembali menorehkan prestasi dalam ajang lomba baca puisi dengan merebutkan piala Sapardi Djoko Damono 2019, yang diselenggarakan oleh STKIP Yasika Majalengka dalam acara FRASA (Festival Bahasa dan Sastra) Tingkat Jawa Barat.

FRASA dalam baca puisi dengan merebutkan piala Sapardi Djoko Damono digelar tiap tahun. Kompetisi ini adalah ajang mengasah bakat dalam mengapresiasi puisi, Lomba baca puisi ini diadakan pada tanggal 08 April 2019 kemarin yang diikuti oleh 80 peserta.

Dalam acara tersebut, mahasiswa dari Program Studi (Prodi) PBSI mewakili Uniku dalam ajang lomba baca puisi tersebut adalah Syahrozy, Jujun, Hikmat, Cucu Farida, Inayah, Raka Praja, Aden Eka P, dan Desi Puspa. Ke delapan mahasiswa dari PBSI berlomba dalam kemahirannya dengan membaca puisi.

Bagi mereka ini adalah sebuah proses untuk berkarya, berprestasi, dan berjuang untuk terus menebar manfaat. Setelah dewan juri mengumumkan lima (5) besar dan empat (4) perwakilan dari Uniku, yang masuk ke babak grand final atau lima (5) besar adalah Aden Eka P, Inayah, Raka Praja dan Syahrozy. Ke empatnya masuk sebagai finalis.

Sementara hasil pengumuman tiga (3) besar tersebut, jatuh kepada perwakilan mahasiswa dan mahasiswi dari Uniku. Ketiga mahasiswa dan mahasiwi yang mendapatkan juara adalah Raka Praja Pangestu meraih juara pertama (1), Juara 2 berhasil ditorehkan oleh saudari Lela Lailatul Inayah dan Juara 3 oleh Aden Eka Pradana. Tiga (3) juara dibabat langsung oleh mahasiswa dan mahasiswi dari Prodi PBSI FKIP Uniku .

“Syukur Alhamdulillah , bisa membawa nama Uniku kembali dalam lomba baca puisi tingkat Jawa Barat. Ini adalah buah proses terus berlatih dalam berkarya, berprestasi, dan tetap berjuang dalam apapun yang baik dan bermanfaat. Semoga ini bisa jadi semangat untuk semua mahasiswa universitas kuningan untuk tetap berkarya,” kata ketiga mahasiswa dan mahasiswi dari Prodi PBSI Raka,Inayah dan Aden saat dimintai keterangannya, Rabu (10/04/2019).

Sedangkan, dosen pembimbing sastra yang juga selaku Sekretaris Prodi PBSI FKIP Arip Hidayat, M.Pd., mengatakan, lomba ini sebagai ajang mengasah kemampuan sekaligus menimba pengalaman belajar. “Target utamanya bukan juara, tapi lebih kepada pembelajaran. PBSI mendorong semua mahasiswa untuk terus belajar, berkarya, dan berprestasi,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Prodi PBSI FKIP Ifah Hanifah, M.Pd,. mengatakan, dirinya menyampaikan terima kasih teruntuk kepada mahasiswa dan mahasiswi PBSI yang sudah menorehkan prestasi dan penghargaan dalam ajang Lomba Baca Puisi FRASA tingkat Jawa Barat tahun 2019.

“Semoga ini menjadi bekal pengalaman yang sangat berharga dan terus mau belajar untuk apapun yang bisa menunjang pendidikan dan kreatifitas tanpa membatasi diri untuk menjadi manusia yang berarti,” tuturnya.

Dengan diraihnya prestasi tersebut, diharapkan dapat menjadi dorongan untuk seluruh mahasiswa Universitas Kuningan (Uniku), bahwa ilmu bisa didapatkan dimana saja begitupun pengalaman. “Tanpa harus mengeluh karena kekurangan diri, tetapi mengoreksi diri bahwa ada kemampuan yang harus dikembangkan. Terus berlatih dan tetap berproses, berjuang untuk berkarya dan berprestasi,” ujarnya. (Au / Sep)

Berita Terbaru

Informasi Terbaru

Agenda Terbaru