LPM Gelar Workshop Re-Orientasi Kurikulum MBKM

UNIKU JAYA – Berorientasi pada program Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) terkait kurikulum “Merdeka Belajar Kampus Merdeka”, Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Kuningan (Uniku) menyelenggarakan kegiatan workshop reorientasi kurikulum “Merdeka Belajar Kampus Merdeka”.

Kegiatan workshop yang diikuti oleh tiga (3) orang perwakilan dari setiap program studinya terdiri dari Ketua Program Studi (Kaprodi) dan Dosen, Wakil Dekan I dan Dekan, yang ada di lingkungan Universitas Kuningan (Uniku), dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., Rabu (28/04/2021).

Rio Priantama, S.T., M.T.I, selaku Kepala Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Kuningan (Uniku) dalam laporannya, menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan langkah berkelanjutan dari proses reorientasi kurikulum MBKM bagi seluruh Prodi dalam rangka pemenuhan 8 IKU yang ditetapkan Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti).

“Workshop ini sebagai langkah berkelanjutan dari proses reorientasi kurikulum MBKM bagi seluruh Prodi dalam rangka pemenuhan 8 IKU yang ditetapkan oleh Dikti,” tuturnya.

Rio sapaan akrabnya, mengatakan, untuk narasumbernya pada workshop kali ini, LPM mengundang narasumber yang kompeten dibidangnya dengan menghadirkan Dr. Ir. Syamsul Arifin, MT., dari Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS) secara daring.

“Alhamdulillah, dalam workshop kali ini, LPM hadirkan narasumber bernama Dr. Ir. Syamsul Arifin, MT., dari ITS yang juga merupakan Tim Ahli Kurikulum dan Pembejalaran (Akademik, Vokasi, Profesi, dan LPTK) Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Belmawa Kemenristekdikti,” ujarnya.

Menurutnya, diharapkan para peserta yang terdiri dari Prodi – Prodi mendapatkan gambaran dan teknis pelaksanaan reorientasi kurikulum.

“Diharapkan, sebelum pekasanaan semester ganjil 2021 – 2022, kurikulum kita sudah terorientasi dengan MBKM,” harapnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., dalam sambutannya, mengatakan, pihaknya atas nama pribadi dan lembaga sangat mengapresiasi kegiatan yang dinakhodai dan digagas oleh LPM Uniku dengan menyelenggarakan kegiatan workshop rekontruksi kurikulum MBKM tahun 2021.

“Ini kegiatan sangat positif dan bermanfaat sekali. Apalagi dengan mengahdirkan Dr. Ir. Syamsul Arifin, MT., yang merupakan Tim Ahli Kurikulum dan Pembelajaran Belmawa Kemenristkdikti. Saya apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran panitia kegiatan workshop kali ini terutama bagi LPM Uniku yang telah mempersiapkan kegiatan workshop kali ini, sehingga bisa berjalan dengan lancar dan sukses,” tuturnya.

Lebih jauh, Dikdik sapaan akrabnya, menambahkan, pada prinsip dan intinya Universitas Kuningan (Uniku) siap beroreintasi kurikulumnya ke MBKM.

“Uniku pada intinya maupun prinsipnya sangat siap untuk berorientasi terhadap kurikulum MBKM tahun 2021. Uniku siap melaksanakan MBKM,” tambahnya.

Dikdik berharap, dengan diselenggarakannya kegiatan workshop tersebut, diharapkan para peserta dapat memahami dan mengimplementasikan isi materi yang disampaikan oleh narasumber pada gelaran workshop kali ini.

“Ikuti kegiatan ini sampai dengan selesai. Saya berharap, para dosen, para Ketua Prodi, Wakil Dekan I dan Dekan, betul-betul memahami dan dapat mengimplementasikannya apa yang disampaikan oleh narasumber workshop. Semoga kegiatan workshop kali ini dapat bermanfaat,” harapnya. (Sep)

Bagikan berita ini :

Berita Terbaru

Informasi Terbaru

Agenda Terbaru

There are no upcoming events at this time.