Kinerja PKM Uniku Naik Peringkat “Memuaskan”

UNIKU JAYA – Menurut surat keputusan (SK) Dirjen Penguatan Risbang nomer 20/E/KPT/2019 tanggal 27 September 2019 tentang pemeringkatan perguruan tinggi berbasis Kinerja Pengabdian pada Masyarakat 2016 – 2018, ada 127 perguruan tinggi yang masuk kluster unggul dan sangat bagus sebagaimana diumumkan pada tanggal 05 November 2019 dengan nomer B/990/E33/RA.03/2019 perihal peringkat perguruan tinggi berbasis Kinerja Pengabdian pada Masyarakat.

Sehubungan dengan hasil pemeringkatan tersebut diatas yang diumumkan pada tanggal 05 November 2019, Universitas Kuningan (Uniku) naik peringkat menjadi peringkat (kluster) memuaskan (Satisfactory).

“Ada empat (4) kluster pada kinerja pengabdian pada masyarakat yaitu kurang memuaskan (Marjinal), memuaskan (Satisfactory), sangat bagus (Very Good) dan unggul (excellent),” kata Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Kuningan (Uniku) Oding Syafrudin, MM., saat dimintai keterangannya di Ruang Kerjanya, Kamis (14/11/2019).

Lebih jauh, Oding sapaan akrabnya, menambahkan, penilaian kinerja pengabdian pada masyarakat didasarkan pada unsur yaitu sumber daya, manajemen dan luaran.

“Ada tiga (3) dasar penilaian kinerja pengabdian masyarakat yaitu unsur sumber daya, menejemen dan luaran,” ujarnya.

Oding berharap, naiknya peringkat kinerja pengabdian masyarakat diikuti juga dengan naiknya peringkat kinerja penelitian ke peringkat yang lebih atas yaitu peringkat madya dari peringkat binaan.

“Semoga, naiknya peringkat kinerja pengabdian pada masyarakat diikuti juga dengan naiknya peringkat kinerja penelitiannya dari peringkat binaan menuju peringkat madya. Peringkat perguruan tinggi itu sangat penting dan menjadi perhatian semua pihak karena menunjukan mutu perguruan tinggi tersebut,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Rektor I Uniku Dr. Anna Fitri Hindriana, M.Si., menyampaikan, apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada LPPM Uniku yang telah bekerja keras sehingga naiknya peringkat kinerja pengabdian pada masyarakat dengan peringkat “Memuskan”.

“Alhamdulillah, ini patut kita syukuri bersama atas raihan capaian prestasi naiknya peringkat kinerja pengabdian pada masyarakat dengan predikat “Memuaskan”. Terimakasih saya sampaikan dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak khususnya LPPM Uniku yang telah bekerja keras sehingga bisa naiknya peringkat. Tetap semangat dan terus bekerja, jangan langsung berpuas diri. Tetap focus dan semangat dalam bekerja karena tantangan di depan akan semakin berat dan perjalanan pun masih panjang,” tuturnya.

Anna sapaan akrabnya yang juga mantan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Uniku tersebut, berharap, dengan naiknya peringkat kinerja pengabdian pada masyarakat diikuti dengan naiknya peringkat kinerja penelitiannya.

“Semoga, kinerja penelitiannya juga ikut naik peringkat dari binaan menjadi madya. Mudah-mudahan, bisa terwujud dan terealisasikan karena peringkat perguruan tinggi itu sangat penting menjadi perhatian semua pihak karena menunjukan mutu dari perguruan tinggi tersebut,” harapnya. (Sep)

Berita Terbaru

Informasi Terbaru

Agenda Terbaru

  1. Awal Perkuliahan Semester Ganjil Tahun Akademik 2019-1

    23 September 2019 @ 8:00 - 18 January 2020 @ 22:00