Karya Kreatif 40 Calon Alumni DKV UNIKU Bersinar di Pameran FINEX Chapter 5

UNIKU JAYA – Sebanyak 40 mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Kuningan (FKOM UNIKU) sukses menyelenggarakan pameran Tugas Akhir bertajuk Final Exhibition (FINEX) Chapter 5, setelah sebelumnya dinyatakan lulus dalam sidang akhir pada 24 Juni 2025.

Pameran yang berlangsung selama dua hari, Kamis hingga Jumat (26–27 Juni 2025), diselenggarakan di Gedung Graha Wangi, Jl. Veteran No. 15, Kuningan, Jawa Barat. Acara ini berlangsung meriah dan penuh antusiasme, dengan dihadiri oleh lebih dari 100 apresiator dari berbagai kalangan, mulai dari masyarakat umum hingga pejabat daerah.

Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Kuningan, Hj. Tuti Adriani, S.H., M.Kn., yang hadir mewakili Bupati Kuningan. Turut hadir dalam pembukaan perwakilan dari Diskopdagperin, Disdikbud, Disporapar, serta Wakil Rektor III UNIKU, Dr. Novi Satria Pradja, M.Pd., Kepala Program Studi DKV Jerry Dounald Raharjaan, M.Sn., dan jajaran dosen DKV UNIKU.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Kuningan menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan ini. “Pameran ini bukan hanya ajang unjuk karya dan kreativitas mahasiswa, tetapi juga cermin dari proses akademik yang selama ini dijalani dengan tekun, kritis, dan penuh semangat inovatif. Ini merupakan bentuk nyata dari pendidikan berbasis praktik dan inovasi,” ungkapnya.

Pameran FINEX merupakan agenda rutin tahunan Program Studi DKV UNIKU yang diselenggarakan setelah mahasiswa menyelesaikan sidang akhir. Pada FINEX Chapter 5 ini, sebanyak 34 mahasiswa memamerkan karya tugas akhir berbasis proyek visual, sementara 6 lainnya menyampaikan hasil kajian dalam bentuk seminar nonformal.

Selain sebagai bentuk selebrasi atas pencapaian akademik, kegiatan ini juga menjadi media inspiratif untuk memperkenalkan berbagai ide kreatif mahasiswa kepada masyarakat luas. Hasil karya peserta akan dihimpun dalam buku katalog sebagai dokumentasi dan arsip resmi Prodi DKV UNIKU.

Peserta FINEX Chapter 5 berasal dari angkatan 2018 hingga 2021. Berikut beberapa judul karya tugas akhir yang ditampilkan:

  1. Addin Mohammad Yafis – Analisis Visual Poster Film Losmen Melati

  2. Agung Ismayana – Perancangan Corporate Identity “Hasil Bumi Kuningan”

  3. Alan Taufiqurohman – Visualisasi Kopi Sugih Wangi Melalui Fotografi Komersial Sebagai Media Promosi

  4. Alif Sobarudin – Kampanye Pencegahan Anoreksia Nervosa Bagi Remaja Melalui Motion Graphic

  5. Ande Masriyadi – Promosi Wisata Desa Bantaragung Melalui Video Aerial

  6. Aziz Zulfikri – Perancangan Identitas Visual dan Media Promosi UMKM Kue Cucur

  7. Diandra Mauludin – Perancangan Animate dalam Animasi “Aku dan Academic Burnout” Sebagai Media Informasi untuk Mahasisw

  8. Dicka Ardiansvah – Pengembangan Identitas Visual Yayasan Saungaji Layung Hibar

  9. Doni Teja Kusuma – Media Informasi Dampak Kebakaran Hutan dan Lahan (Studi Kasus: Bukit Lambosir)

  10. Dzaky Asshafiq – Analisis Fenomena Vandalisme Jenis Tagging di Kecamatan Banjarharjo Melalui Semiotika Pierce

  11. Fajar Sidik Setiawan – Perancangan Board Game Materi Perkalian dan Pembagian Untuk Siswa Sekolah Dasar

  12. Fahmi Nugraha R – Media Informasi Situs Bale Kabuyutan Cirebon Timur

  13. Farash Teja Gumilang – Representasi Visualisasi Lingga dan Yoni dalam Konteks Kekinian Melalui Fotografi

  14. Farhan Faturrohman – Perancangan Identitas Visual Papais Monyong Ibu Inah

  15. Farhan Maulanna – Analisis Poster Film Agak Laen Karya Evan Wijaya

  16. Fatimah Zahra – Buku Cerita Bergambar Sebagai Media Pengenalan Tokoh Punakawan Wayang Golek Bagi Anak Usia 9-12 Tahun

  17. Fahrizky Ausan Maulana – Pengenalan Materi IPA Kelas 7 Bagian Gaya dan Gerak Melalui Media Komik

  18. Hamdan Romdoni – Analisis Karakterisasi Tokoh Yuli Sebagai Orang Ketiga dalam Film Noktah Merah Perkawinan

  19. Helma Juniar Anggraeni – Board Game Sebagai Media Edukasi Jenis Sayur untuk Siswa Sekolah Dasar di Kuningan

  20. Hendri Fuad – Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Daur Air untuk Siswa Kelas 5 (Studi Kasus: SD Negeri Sangkanurip)

  21. Iyan Sofyan – Perancangan 3D Environment dalam Animasi “Aku dan Academic Burnout”

  22. Jeasya Delvino Putra – Kampanye Proteksi Terhadap Ular Liar di Lingkungan Rumah Tinggal

  23. Lazuardi Rahman – Ilustrasi Karakter 2 Dimensi Sebagai Media Informasi Pengenalan Jajanan Tradisional Putri Noong

  24. M. Rifki Fitra Allif Faridzki – Perancangan Ulang Brand Identity Art Wan

  25. Mochammad Rafli Aryaditya – Edukasi Artefak Kereta Kencana Paksi Naga Liman Melalui Desain Antarmuka Berbasisi Web

  26. Mochammad Yusril Ihza Mahendra – Visualisasi Karya Potrait Tipografi Dengan Pencahayaan Studio Fotografi (Studi Kasus: Figur Rektor Uniku)

  27. Mona Tri Sundari – Kajian Makna Visual Motif Ikan Dewa Pada Batik Kamuning

  28. Muhamad Faiz Nur – Pesona Kebun Teh Cipasung Majalengka Melalui Photostory Sebagai Media Informasi

  29. Muhammad Djakiuddin Adnan – Kesenian Tradisional Sisingaan sebagai Simbol Perlawanan Terhadap Penjajah di Kabupaten Subang dalam Media Cerita Bergambar

  30. Muhammad Fachri Awalludin – Adaptasi Cerita Rakyat Nepsonyi Rambut Kasih karya Sumartha ke dalam Cerita Bergambar Digital

  31. Muhammad Irfan – Penerapan Teknik Sinematografi dalam Video Promosi Wisata Alam Pasir Batang Kuningan Melalui Visual Storytelling

  32. Muhammad Raihan Al-Faridzi – Perancangan Motion Graphic Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Sistem Tata Surya Bagi Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar

  33. Muhammad Rouyani – Perancangan Buku Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Bagi Anak Sekolah Dasar

  34. Rama Ananta Pramudya – Kampanye Pengenalan Burung Rangkong Badak di Gunung Tilu Kuningan Melalui Ilustrasi Digital

  35. Rena Regina – Kampanye Media Sosial dalam Meningkatkan Pemahaman Anemia Pada Remaja Putri di Kuningan

  36. Reski Herdiansyah – Kajian Narasi Visual Republik Sandal Jepit dalam Perspektif Identitas Budaya

  37. Reza Nurajizah – Ekspresi Gerak Tari Buyung Melalui Fotografi Seni Sebagai Pelestarian Budaya

  38. Rizki Pajarudin – Perancangan Fotografi Konseptual Tentang Manajemen Waktu Sebagai Media Informasi

  39. Samsul Muarrif – Buku Cerita Bergambar Sebagai Media Informasi Pengenalan Alat Musik Tradisional Karinding

  40. Sophi Sevyla Nur Aziza – Visualisasi Foto Produk Sari Kurma Zaidan Syifa Sebagai Sarana Promosi

Dengan keberhasilan penyelenggaraan pameran ini, para calon alumni DKV UNIKU menutup masa studi mereka dengan penuh kebanggaan. FINEX Chapter 5 bukan hanya menjadi ruang pamer, tetapi juga panggung apresiasi atas kerja keras, kreativitas, dan dedikasi mereka selama menempuh pendidikan di Universitas Kuningan. (red)

Bagikan berita ini :

Berita Terbaru

Informasi Terbaru

Agenda Terbaru