Hadapi Era Revolusi Industri 4.0, PBio Gelar Seminar Nasional

UNIKU JAYA – Dalam upaya merespon pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Era Revolusi Industri 4.0, Program Studi (Prodi) Pendidikan Biologi (PBio) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kuningan (Uniku) menggelar Seminar Nasional dengan mengusung tema ‘Pembelajaran Biologi di Era Revolusi Industri 4.0’. Seminar nasional ini digelar di Gedung Student Center Iman Hidayat Universitas Kuningan, Sabtu (22/02/2020).

Ketua pelaksana Seminar Nasional, Handayani, M.Pd., dalam laporannya mengatakan seminar nasional ini digelar sebagai upaya merespon pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Era Revolusi 4.0.

“Latar balakang pemilihan tema ‘Pembelajaran Biologi di Era Revolusi Industri 4.0’ terkait dengan semakin pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Era Revolusi 4.0 yang turut melahirkan perubahan ataupun pembaharuan di berbagai bidang kehidupan, tidak terkecuali bidang pendidikan,” ujarnya.

Selanjutnya, dirinya memaparkan seminar nasional ini menghadirkan empat orang narasumber yang ahli dibidangnya.

“Berkaitan dengan tema tersebut, kami menghadirkan empat orang narasumber sebagai pembicara utama, yaitu Prof. Dr. Budi S. Daryono selaku Guru Besar dan Dekan Universitas Gajah Mada sekaligus Ketua Konsorsium Biologi Indonesia, Puguh Karyanto, M.Si., Ph.D. dari Universitas Sebelas Maret selaku Ketua Konsorsium Pendidikan Biologi Indonesia, Dr. Yanti Herlanti, M.Pd. dari UIN Syarif Hidayatullah selaku Korwil Banten dan DKI Jakarta Himpunan Pendidik dan Peneliti Biologi Indonesia, dan Dr. Anna Fitri Hindriana, M.Si. selaku Wakil Rektor I Universitas Kuningan,” paparnya.

Lebih jauh, Handayani menambahkan seminar nasional ini juga menyajikan makalah pada sesi paralel disamping makalah utama.

“Disamping makalah utama, terdapat juga makalah yang disajikan pada sesi paralel yang terbagi menjadi bidang keahlian biologi dan pendidikan biologi yang diikuti 36 orang peserta dari berbagai institusi, yaitu Universitas Kuningan, Universitas Gajah Mada, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Pakuan Bogor, Universitas Siliwangi, IAIN Syekh NurJati, Universitas Galuh, IAIN Kudus dan Universitas Indraprasta. Sedangkan, untuk peserta non pemakalah sebanyak 87 dari kalangan dosen, peneliti, guru dan mahasiswa,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Universitas Kuningan (Uniku), Dr. H. Dikdik Harjadi, S.E., M.Si., dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya kepada Prodi PBio yang telah berhasil menyelenggarakan seminar nasional.

“Apreasi setinggi-tingginya saya sampaikan khususnya kepada Prodi Pendidikan Biologi dan secara lebih luas kepada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang hari ini berhasil menyelenggarakan kegiatan seminar nasional dengan menghadirkan empat narasumber yang ahli dibidangnya,” ujarnya.

Lebih jauh, Dikdik berharap kegiatan ini bisa dijadikan sebagai ajang silaturahmi dan memperdalam ilmu pengetahuan.

“Selain untuk memperdalam ilmu pengetahuan dalam upaya menghadapi Era Revolusi Industri 4.0, semoga kegiatan ini bisa dijadikan sebagai ajang silaturahmi bagi para dosen, peneliti, guru dan mahasiswa biologi dan pendidikan biologi,” harapnya. (nit)

Berita Terbaru

Informasi Terbaru

Agenda Terbaru

There are no upcoming events at this time.