Galang Adhitia Mahardika Mahasiswa Berprestasi 2020

UNIKU JAYA – Galang Adhitia Mahardika yang merupakan mahasiswa semester enam (6) dari program studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kuningan (Uniku), akhirnya terpilih menjadi mahasiswa berprestasi (Mapres) tingkat Universitas tahun 2020 setelah menyingkirkan tujuh (7) mahasiswa dan mahasiswi terbaik dari masing-masing Fakultas yang ada di Universitas Kuningan (Uniku).

“Galang sapaan akrabnya itu, sebelumnya merupakan wakil terbaik dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) bersama dengan Sindi Ladya Baharizqi yang dikirimkan untuk mengikuti proses seleksi pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat Universitas tahun 2020,” kata Iim Abdul Karim, SP., selaku Kepala Bagian Kemahasiswaan BAAK Uniku saat dimintai keterangannya di Ruang Kerjanya, Rabu (11/03/2020).

Lebih jauh, sambung mantan Kepala Bagian (Kabag) Umum Uniku itu, menjelaskan, bahwa terpilihnya saudara Galang ini diambil berdasarkan tiga (3) kategori penilaian yang meliputi karya tulis ilmiah, prestasi dan penguasaan bahasa inggris, berhasil mendominasi dengan jumlah nilai yang paling tinggi setelah dilakukan komulatif dari ketiga (3) dewan juri yang melakukan proses seleksi pemilihan mapres tingkat Universitas tahun 2020 tersebut.

“Galang berhasil mencatatkan nilai dari ketiga kategori tersebut seperti karya tulis ilmiah (74,84), prestasi (50) dan bahasa inggris (86) dengan jumlah komulatif 70,73. Dirinya berhasil memaparkan karya tulisnya yang berjudul “English Shortcut : Pola Percakapan Bahasa Inggris Sehari-Hari dan Analisis Kesulitan Dalam Berbicara Bahasa Inggris”,” jelasnya.

Ditambahkannya, untuk posisi kedua pilmapres tingkat universitas tahun 2020 berhasil diraih oleh saudara Ujang Taopiqurrohman dari Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi (FE) dengan jumlah nilai komulatif 64,41 dan tempat ketiga diraih oleh saudari Dessy Rizky Amalia dari Prodi Teknik Informatika (TI) Fakultas Ilmu Komputer (FKOM) dengan nilai komulatif 63,80.

“Dengan terpilihnya saudara Galang menjadi mahasiswa berprestasi tingkat Universitas tahun 2020 selain mendapatkan penghargaan dan uang kadeudeuh, dirinya juga berhak mewakili ke tingkat Rayon sebagai wakil dari Uniku untuk mengikuti proses seleksi pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat rayon yang akan diselenggarakan pada awal bulan akhir Maret atau awal bulan April 2020,” tambahnya.

Diakhir keterangannya, Iim sapaan akrabnya itu berharap, dengan menjadi wakilnya Uniku saudara Galang tersebut, diharapkan kembali mampu mengharumkan nama lembaga dan bisa menjadi yang terbaik serta menjadi wakil dari tingkat Rayon seperti pada pilmapres tahun 2018 atas nama Ayu Ellen mahasiswa berprestasi dari Prodi Kehutanan Fakultas Kehutanan (Fahutan) sebagai wakil dari Uniku menjadi yang terbaik dan berhak mewakili Rayon ke tingkat Kopertis.

“Semoga, prestasi dengan mangharumkan nama lembaga di tingkat Rayon kembali bisa diraih oleh ananda Galang seperti saudari Ayu Ellen yang merupakan mahasiswa berprestasi 2018 Uniku yang berhasil menjadi yang terbaik di tingkat Rayon dan berhak mewakili Rayon ke tingkat Kopertis bisa kembali diraih oleh saudara Galang,” harapnya.

Sedangkan, Wakil Rektor III Universitas Kuningan (Uniku) Ilham Adhya, M.Si., mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi atas terselenggaranya pemilihan mahasiswa berprestasi (Mapres) tahun 2020 tingkat Universitas yang berjalan dengan lancar dan sukses.

“Alhamdulillah, setelah pada akhir pekan kemarin 8 mahasiswa dan mahasiswi terbaik dari tiap Fakultas yang ada di Uniku memaparkan penelitiannya dihadapan tiga (3) juri yang kompeten dibidangnya, hari ini sudah bisa diketahui bersama siapa yang menjadi mahasiswa berprestasi (Mapres) Uniku tahun 2020. Mapres 2020 tersebut adalah Galang Adhitia Mahardika dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) FKIP Uniku,” tuturnya.

Lebih jauh, Ilham berharap, dengan terpilihnya saudara Galang ini, diharapkan dirinya yang merupakan wakil Uniku yang akan dikirimkan ke tingkat Rayon, yang akan diselenggarakan pada awal bulan mendatang itu, mampu kembali lolos ke tingkat Kopertis Wilayah IV Jawa Barat dan Banten.

“Mohon doa dan dukungannya dari kita semua agar saudara Galang ini mampu kembali lolos sebagai wakil dari Rayon yang akan melanjutkan perjuangannya ke tingkat Kopertis Wilayah IV Jabar dan Banten nantinya seperti dua (2) tahun kemarin berhasil ditorehkan oleh saudari Ayu Ellen dari Prodi Kehutanan Fahutan Uniku,” harapnya.

Diakhir sambutannya, mantan Dekan Fahutan itu, mengucapkan selamat kepada seluruh peserta seleksi mahasiswa berprestasi tahun 2020 yang berjumlah delapan (8) orang tersebut.

“Terimakasih atas partisipasi dan kontribusinya, tetap semangat dan tetap fokus dalam belajar. Jadikan kegiatan ini sebagai tempat untuk manambah ilmu, menambah pengalaman dan sebagai bahan evaluasi agar kedepannya bisa lebih baik lagi. Kalian itu memang luar biasa, saya ucapkan selamat. khusus bagi saudara Galang Adhitia Mahardika, saya sampaikan selamat berjuang,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor Uniku Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., menyampaikan, bahwa dirinya mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran panitia yang telah mempersiapkan kegiatan pemilihan mahasiswa berprestasi (Mapres) tahun 2020 sehingga bisa berjalan dengan baik, lancar dan sukses.

“Terimakasih saya sampaikan kepada seluruh jajaran panitia yang sudah terlibat dalam proses pemilihan Mapres 2020 ini sehingga bisa berjalan dengan lancar dan sukses. Dan saya juga mengucapkan terimakasih kepada kedelapan mahasiswa dan mahasiswi berprestasi yang merupakan wakil dari tiap Fakultas yang ada di Uniku atas partisipasi ikut mensukseskan kegiatan Pilmapres tahun 2020 ini. Saya juga mengucapkan selamat bagi yang terpilih sebagai Mapres Uniku tahun 2020 yaitu saudara Galang Adhitia Mahardika dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) FKIP Uniku,” tuturnya.

Diterangkannya, dalam proses Pilmapres 2020 ini sebelum ke tingkat Universitas, mereka itu (mahasiswa dan mahasiswi) harus mengikuti proses seleksi terlebih dahulu di masing-masing Fakultas.

“Mereka sebelum ke tingkat Universitas, diseleksi terlebih dahulu di tiap Fakultas. Dari hasil proses seleksi di tingkat Universitas yang digelar akhir pekan kemarin ini dan melalui hasil akhir dari ketiga Dewan Juri, akhirnya terpilih tiga (3) terbaik. Ketiganya adalah Galang Adhitia Mahardika di posisi pertama dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), di posisi kedua ada Ujang Taopiqurrohman dari Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi (FE) dan di posisi ketiga ada Dessy Rizky Amalia dari Prodi Teknik Informatika (TI) Fakultas Ilmu Komputer (FKOM),” terangnya.

Dikdik sapaan akrabnya yang juga mantan Wakil Rektor III dua (2) periode itu, menitipkan pesan, agar tetap semangat dan tetap fokus dalam belajar. “Jangan, gara-gara tidak terpilih menjadi mahasiswa berprestasi, lantas kalian jadi tidak semangat lagi dalam belajar dan beraktifitas di kampus, tetapi harus tetap semangat,” pungkasnya. (Sep)

Berita Terbaru

Informasi Terbaru

Agenda Terbaru

There are no upcoming events at this time.