FKOM Uniku Gelar Workshop Reorientasi Kurikulum

UNIKU JAYA – Fakultas Ilmu Komputer (FKOM) Universitas Kuningan (Uniku) menggelar Workshop Reorientasi Kurikulum dalam rangka menghadapi Revolusi Industri 4.0 dengan menghadirkan 4 narasumber sekaligus, yaitu Dr. Anna Fitri Hindriana, M.Si., Fahmi Yusuf, M.D.S.I., Dadang Hamdani, M.Kom., dan Solikin, S.Si., MT. selaku Direktur Eksekutif APTIKOM Pusat. Workshop yang digelar di Fakultas Ilmu Komputer Uniku ini dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Kuningan, Dr. H. Dikdik Harjadi, S.E., M.Si., Rabu (21/08/2019).

Ketua Pelaksana Workshop Reorientasi Kurikulum, Panji Novantara, M.T., dalam laporannya menyampaikan workshop ini digelar dengan maksud untuk menciptakan sebuah kurikulum yang sesuai dengan visi misi Fakultas Ilmu Komputer dan juga Universitas Kuningan.

“Maksud diadakannya Kegiatan Workshop ini adalah; 1) terciptanya kurikulum yang sesuai dengan visi dan misi masing-masing Program Studi, visi dan misi Fakultas Ilmu Komputer serta visi dan misi Universitas Kuningan; 2) terciptanya kurikulum yang sesuai dengan acuan dari Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM) dan asosiasi DKV; dan 3) terciptanya kurikulum yang mampu menjawab tantangan kebutuhan dunia kerja dengan memperhatikan KKNI yang diterapkan pemerintah,” ujarnya.

Lebih jauh, dirinya menjelaskan bahwa reorientasi kurikulum di Fakultas Ilmu Komputer sudah melalui beberapa tahapan yang dilakukan sejak 30 Juli 2019.

“Reorientasi kurikulum di FKOM sudah melalui beberapa tahapan, yaitu Dekanat dan prodi sudah membahas kurikulum mata kuliah tingkat Fakultas pada 30 Juli 2019 dan pembahasan kurikulum di masing-masing Prodi pada 8-19 Agustus 2019. Hari ini, 21 Agustus 2019, FKOM menggelar Workshop Reorientasi Kurikulum Program Studi dan diakhiri Rapat Komisi masing-masing Prodi serta rapat pleno draft kurikulum di lingkungan FKOM. Terakhir, akan diadakan Rapat Penetapan Kurikulum oleh Senat Fakultas pada 23-24 Agustus 2019,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Ilmu Komputer, Dadang Hamdani, M.Kom., dalam sambutannya berharap dengan digelarnya Workshop Kurikulum ini, FKOM bisa memiliki kurikulum yang mampu menciptakan alumni yang bisa bersaing di era Revolusi Industri 4.0.

“Melalui reorientasi kurikulum, harapannya FKOM akan memiliki kurikulum yang mampu memberikan sesuatu yang positif bagi mahasiswa sehingga nanti lulusan FKOM Uniku memiliki kompetensi yang bisa digunakan untuk bersaing dan menghadapi segala tantangan di era Revolusi Industri 4.0,” harap Dadang.

Disisi lain, Rektor Uniku, Dr. H. Dikdik Harjadi, S.E., M.Si., mengungkapkan moment reorientasi kurikulum harus dimanfaatkan sebaik-baiknya sehingga Prodi maupun Fakultas mampu menghasilkan sebuah struktur kurikulum yang visioner.

“Kurikulum menjadi salah satu komponen yang sangat menentukan berhasil tidaknya sebuah proses pembelajaran. Sehingga, reoreintasi kurikulum ini menjadi moment yang sangat tepat untuk mereposisi semua Prodi yang ada di FKOM. Oleh karena itu, kurikulum harus dipersiapkan dan dirancang dengan sebaik-baiknya sehingga bisa menghasilkan sebuah struktur kurikulum yang visioner yang mampu menjawab segala tantangan yang ada di era Revolusi Industri 4.0,” ujarnya.

Selanjutnya, Dikdik menyampaikan FKOM yang memiliki basis teknologi harus mampu menjadi leader dalam menjawab tantangan di era Revolusi Industri 4.0.

“FKOM yang basisnya adalah teknologi harus mampu menjadi leader atau komponen terdepan didalam menjawab tantangan di era teknologi yang sangat berkembang ini. Disini, kita tidak bisa lagi hanya berpikir bagaimana mahasiswa lulus tanpa pernah memikirkan setelah lulus mereka mau seperti apa. Maka, disitulah pentingnya bagi kita untung merancang kurikulum dengan sabaik-baiknya.” Ungkap Dikdik. (nit)

Berita Terbaru

Informasi Terbaru

Agenda Terbaru

There are no upcoming events at this time.