Visi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kuningan

“Terwujudnya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang Unggul, Berkarakter dan Berdaya saing serta memiliki komitmen yang tinggi terhadap pemberdayaan masyarakat.”

Misi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kuningan

  1. Melaksanakan proses pembelajaran, bimbingan dan pelatihan pada mahasiswa sesuai dengan perkembangan IPTEK dengan dihasilkannya karya-karya yang kreatif dan inovatif yang berlandaskan budaya akademik dan nilai-nilai karakter bangsa,
  2. Memberikan kontribusi nyata dalam memajukan pendidikan di Indonesia melalui penguatan sumber daya manusia, penyelenggaraan riset-riset dalam bidang pendidikan dan keilmuan yang menunjang kualitas pendidikan,
  3. Menjadi agen pembaharuan di bidang pendidikan, serta mendampingi masyarakat untuk tanggap terhadap perubahan dan perkembangan sosial dan budaya,
  4. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat berbasis penelitian yang dapat memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan masyarakat.

Tujuan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kuningan

  1. Mengembangkan potensi mahasiswa sehingga menjadi mahasiswa yang bertanggung jawab, sehat jasmani dan rohani, berakhlak mulia dan menjadi teladan bagi peserta didik dan  masyarakat.
  2. Menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu pendidikan, teknologi dan seni yang memiliki nilai-nilai moral dan berorientasi global, serta memiliki jiwa kewirausahaan yang dapat dikembangkan di lingkungan sekolah maupun masyarakat.
  3. Menghasilkan penelitian di bidang pendidikan serta dipublikasikan
  4. Membantu, melayani dan mendampingi masyarakat dalam bidang pendidikan dan pembelajaran di sekolah dan di luar sekolah.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mempunyai 6 Program Studi :

Terakreditasi B

VISI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

“Unggul Dalam Berkarya Profesional Dalam Bertindak Dengan Didasari Iman Dan Taqwa”

MISI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

  1. Menghasilkan tenaga kependidikan Bahasa Inggris yang profesional sesuai dengan tuntutan jaman.
  2. Menghasilkan tenaga kependidikan Bahasa Inggris yang berwawasan  luas dan peka akan perubahan (Agen pembaharu)
  3. Menghasilkan tenaga kependidikan Bahasa Inggris yang beriman dan bertaqwa dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi.

TUJUAN

  1. Membekali mahasiswa dengan kemampuan atau keterampilan berbahasa yaitu kemampuan membaca, menulis, berbicara dan menyimak.
  2. Membekali mahasiswa dengan Ilmu Kebahasaan.
  3. Membekali mahasiswa dengan dasar dasar Ilmu Penelitian khususnya penelitian bahasa untuk melakukan penelitian dan inovasi baru sesuai dengan bidangnya.
  4. Membekali mahasiswa dengan ilmu kependidikan sebagai dasar untuk menjadi tenaga kependidikan yang tangguh dan profesional.

Terakreditasi A

VISI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

Pada tahun 2032 menjadi program studi pendidikan bahasa dan sastra indonesia yang unggul dan berkomitmen tinggi terhadap pemberdayaan masyarakat serta menghasilkan lulusan yang berkarakter dan profesional”

MISI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

  1. Menyelenggarakan pendidikan bagi calon sarjana pendidikan  Bahasa dan Sastra Indonesia sesuai dengan kaidah-kaidah pendidikan berbasis kompetensi dan perkembangan pendidikan modern.
  2. Menyelenggarakan penelitian-penelitian dalam bidang pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
  3. Mengadakan pengabdian kepada masyrakat dalam bidang pendidikan, kebahasaan, dan kesaatraan dengan melibatka dosen dan mahasiswa
  4. Memberikan layanan pembelajaran dan administrasi akademik yang berkualitas untuk mendukung proses kuliah mahasiswa.
  5. Meningkatkan kompetensi dan motivasi dosen dan tenaga kependidikan untuk dapat memerankan fungsinya dengan optimal dalam mendukung keberhasilan pendidikan mahasiswa.
  6. Mengembangkan dan mengimplementasikan model-model dan metode pembelajaran yang memperkuat karakter mahasiswa sesuai dengan  konsep multiple intelligence, agar mahasiswa siap menghadapi tantangan zaman yang selalu berubah.
  7. Mengembangkan penelitian-penelitian yang terintegrasi dengan kepentingan pembelajaran dan pengabdian pada masyarakat.
  8. Menjadi sarana terjadinya pertemuan-pertemuan ilmiah baik lingkup lokal maupun nasional sehingga dapat memberikan warna dan kontribusi yang nyata dalam kemajuan ilmu dan teknologi pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
  9. Menyelenggarakan pendidika karekter yang terintegrasi dalam setiap perkuliahan demi menciptakan lulusan yang berkerakter
  10. Meningkatkan kerjasama yang saling menguntungkan baik di bidang pendidikan maupun di luar bidang pendidikan berbasis Tri Darma Perguruan Tinggi.

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki wawasan dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
  2. Menghasilkan lulusan yang terampil melaksanakan pembelajaran dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
  3. Menghasilkan lulusan yang siap mengabdi di masyarakat dalam bidang pendidikan bahasa dan Sastra
  4. Menghasilkan lulusan yang bertanggung jawab, bermoral, dan mencintai profesi sebagai guru dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.

Terakreditasi B

VISI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI

Terwujudnya Program Studi Pendidikan Biologi yang terkemuka dalam penyelenggaraan Tri Darma Perguruan Tinggi, dan memiliki komitmen terhadap pemberdayaan masyarakat.”

MISI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI

  1. Melaksanakan pembelajaran, bimbingan, dan pelatihan sesuai dengan kaidah-kaidah pendidikan berbasis kompetensi dan perkembangan pendidikan modern untuk menghasilkan calon guru biologi yang kreatif dan inovatif di bidang biologi dan pendidikan biologi.
  2. Mengembangkan penelitian dalam bidang pendidikan biologi dan biologi murni yang terintegrasi dengan kepentingan pembelajaran dan pemberdayaan masyarakat
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat berbasis penelitian bagi kemajuan masyarakat.
  4. Meningkatkan kerjasama yang saling menguntungkan baik di bidang maupun di luar bidang pendidikan berbasis Tri Darma Perguruan Tinggi.

TUJUAN

  1. Menghasilkan Calon guru biologi yang mempunyai kompetensi dalam bidang pendidikan, professional dan berkarakter.
  2. Menghasilkan lulusan menjadi ilmuwan yang memiliki integritas tinggi dalam mengembangkan pendidikan biologi di sekolah dan masyarakat.
  3. Menghasilkan karya ilmiah dan penelitian di bidang biologi dan pendidikan biologi untuk perbaikan mutu kerja dan kehidupan.
  4. Menjadi mitra pemerintah dalam memberikan pelayanan di bidang pendidikan untuk memajukan kualitas pendidikan sesuai dengan perkembangan jaman.

Terakreditasi B

VISI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI

Terwujudnya Program Studi Pendidikan Ekonomi yang Unggul dan Menghasilkan Lulusan yang Profesional, Berkarakter, Inovatif, Kreatif dan Inspiratif.”

MISI PROGRAM STUDI PENDIDIKANEKONOMI

  1. Menyelenggarakan pendidikan Calon Sarjana dalam bidang Pendidikan Ekonomi secara terpadu serta adaptif terhadap perubahan
  2. Menyelenggarakan Kegiatan ilmiah dalam bidang Pendidikan Ekonomi.
  3. Membina dan mengembangkan kehidupan akademik yang sehat sesuai dengan nilai-nilai dan norma-norma yang berkembang di dunia akademik.
  4. Melayani, memandu, dan menyatu dengan masyarakat dalam upaya ikut serta membangun masyarakat.

TUJUAN

  1. Menyiapkan  peserta  didik menjadi kader bangsa yang mandiri, profesional, dan berakhlak mulia.
  2. Mempersiapkan peserta didik menjadi ilmuwan muda yang memiliki integritas dan dedikasi yang tinggi serta memiliki komitmen untuk mengembangkan ilmu dan teknologi.
  3. Mempersiapkan peserta didik menjadi tenaga Pendidik/Guru yang professional, kreatif, inovatif serta berakhlak mulya
  4. Menghasilkan Sarjana Pendidikan dalam bidang Pendidikan Ekonomi yang siap berperan dalam kehidupan masyarakat
  5. Melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi.

Proses Akreditasi B

VISI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

Menjadi Program Studi yang mencetak guru sekolah dasar yang profesional, unggul, berkarakter dan berdaya saing serta berkomitmen tinggi terhadap pemberdayaan masyarakat”

MISI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

  1. Menyelenggarakan pendidikan sarjana dalam bidang Pendidikan Dasar yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan jaman.
  2. Menyelenggarakan kegiatan, penelitian, pengabdian dalam bidang Pendidikan Dasar. Menyelenggarakan pendidikan sarjana dalam bidang Pendidikan Dasar.
  3. Membina dan mengembangkan kehidupan akademik yang sehat sesuai dengan nilai-nilai dan norma-norma yang berkembang di dunia akademik.
  4. Membangun dan mengembangkan kemampuan nonakademik yang dibutuhkan di  sekolah dasar.
  5. Menjadi sarana pembinaan mahasiswa agar mampu mandiri, profesioal dan berakhlak mulia, bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat.
  6. Menjadi sarana pembinaan mahasiswa agar siap pakai menjadi pembina-pembina kegiatan eksra kurikuler di sekolah dasar.

TUJUAN

Tujuan dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar ini adalah menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan dalam menerapkan ilmu dan pengetahuan ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Tujuan untuk memperbaiki sistem pembelajaran dalam rangka memecahkan masalah-masalah belajar telah ditetapkan dalam SK Dekan Nomor 17/PGSD – UNIKU/KNG/2013, antara lain:

  1. Menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu pedagogic yang berkarakter dan berdayasaing, mampu mengembangkan perangkat pembelajaran yang berbasis multi media yang dapat dikembangkan di sekolah dasar
  2. Menghasilkan karya ilmiah dan penelitian di bidang pendidikan dasar yang dipublikasikan dan menjunjung tinggi hak kekayaan intelektual (HKI)
  3. Mempersiapkan Guru Sekolah Dasar untuk menjadi kader bangsa yang mandiri dan berakhlak mulia serta dapat mengikuti tuntutan jaman.
  4. Mempersiapkan Guru Sekolah Dasar untuk menjadi pendidik yang memiliki integritas dan dedikasi tinggi serta memiliki komitmen untuk mengembangkan ilmu dan teknologi.
  5. Menjadi mitra pemerintah/ instansi terkait dalam mengembangkan, meningkatkan mutu pendidikan sekolah dasar
  6. Menghasilkan Guru Sekolah Dasar yang professional yang memiliki bebagai kompetensi, profesional,  pedagogik, kepribadian dan sosial
  7. Melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi.

Tujuan yang dinyatakan jelas terkait dan tidak terpisah dari Visi, Misi dan Tujuan Universitas dan Fakultas, menjadi prodi yang unggul dan berkomitmen tinggi dalam pemberdayaan masyarakat. Dalam hal ini tentu tujuan yang hendak dicapai harus meliputi universalitas, obyektivitas, kebebasan akademik, transparansi, efisiensi, demokratis, dan akuntabel. Semua nilai ini tercermin dalam semua proses penyelenggaraan pendidikan yang terintegrasi dalam tujuan Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Terakreditasi B

VISI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

Pada tahun 2032 menjadi Program Studi Pendidikan Matematika yang unggul dan kompetitif dalam bidang pendidikan matematika serta berkomitmen tinggi dalam pemberdayaan masyarakat.”

MISI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

  1. Menyelenggarakan pembelajaran, bimbingan dan pelatihan pada mahasiswa guna menghasilkan lulusan yang unggul dan kompetitif dalam bidang pendidikan matematika.
  2. Memberikan kontribusi nyata dalam penyelenggaraan penelitian pada bidang pendidikan dan ilmu matematika.
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat secara terpadu yang dapat memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan masyarakat.
  4. Membina dan mengembangkan kehidupan akademik yang sehat sesuai dengan nilai-nilai dan norma-norma yang berkembang di dunia akademik.
  5. Mengembangkan keilmuan matematika dalam bidang pendidikan yang mampu menemukan model-model pembelajaran dalam bidang pendidikan matematika.
  6. Menjadikan center pengembangan keilmuan pendidikan matematika bagi pendidik dan tenaga kependidikan matematika di wilayah Jawa Barat.

TUJUAN

  1. Mengembangkan potensi mahasiswa sehingga menjadi mahasiswa yang bertakwa, sehat jasmani dan rohani serta menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat.
  2. Menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu pendidikan matematika, teknologi dan seni yang memiliki nilai – nilai moral dan berdaya saing serta memiliki jiwa kewirausahaan yang dapat dikembangkan dilingkungan sekolah dan masyarakat.
  3. Menghasilkan karya ilmiah dan penelitian di bidangn pendidikan dan ilmu matematika yang dipublikasikan dan menjunjung tinggi hak atas kekayaan intelektual (HaKI).
  4. Membantu, melayani dan mendampingi masyarakatt dalam bidang pendidikan dan pembelajaran matematika.
  5. Menjadi mitra pemerinta/instansi terkait dalam mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan.