Visi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kuningan

“Terwujudnya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang Unggul, Berkarakter dan Berdaya saing serta memiliki komitmen yang tinggi terhadap pemberdayaan masyarakat pada Tahun 2035”

Misi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kuningan

  1. Menyediakan layanan pendidikan tinggi yang berkualitas dan terjangkau oleh masyarakat
  2. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang berkualitas dan berpusat pada mahasiswa sehingga mampu menghasilkan lulusan calon guru yang berdaya saing dan berkepribadian luhur.
  3. Mengembangkan budaya kewirausahaan mahasiswa calon guru dalam rangka melahirkan pewirausaha baru dari kalangan generasi muda terdidik.
  4. Menyelenggarakan riset-riset ilmiah pendidikan dalam rangka mengembangkan ilmu, teknologi, dan seni yang bermanfaat bagi kemaslahatan manusia.
  5. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berbasis penelitian pendidikan dalam rangka pemberdayaan masyarakat.
  6. Mengembangkan jejaring dengan berbagai institusi, baik pemerintah maupun swasta, dalam rangka meningkatkan kapasitas dan peran institusi dalam pembangunan bangsa.

Tujuan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kuningan

  1. Mengembangkan potensi mahasiswa sehingga menjadi mahasiswa yang bertanggung jawab, sehat jasmani dan rohani, berakhlak mulia dan menjadi teladan bagi peserta didik dan  masyarakat.
  2. Menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu pendidikan, teknologi dan seni yang memiliki nilai-nilai moral dan berorientasi global, serta memiliki jiwa kewirausahaan yang dapat dikembangkan di lingkungan sekolah maupun masyarakat.
  3. Menghasilkan penelitian di bidang pendidikan serta dipublikasikan
  4. Membantu, melayani dan mendampingi masyarakat dalam bidang pendidikan dan pembelajaran di sekolah dan di luar sekolah.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mempunyai 6 Program Studi :

Terakreditasi A

VISI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

Pada tahun 2032 menjadi program studi pendidikan bahasa dan sastra indonesia yang unggul dan berkomitmen tinggi terhadap pemberdayaan masyarakat serta menghasilkan lulusan yang berkarakter dan profesional”

MISI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

  1. Menyelenggarakan pendidikan bagi calon sarjana pendidikan  Bahasa dan Sastra Indonesia sesuai dengan kaidah-kaidah pendidikan berbasis kompetensi dan perkembangan pendidikan modern.
  2. Menyelenggarakan penelitian-penelitian dalam bidang pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
  3. Mengadakan pengabdian kepada masyrakat dalam bidang pendidikan, kebahasaan, dan kesaatraan dengan melibatka dosen dan mahasiswa
  4. Memberikan layanan pembelajaran dan administrasi akademik yang berkualitas untuk mendukung proses kuliah mahasiswa.
  5. Meningkatkan kompetensi dan motivasi dosen dan tenaga kependidikan untuk dapat memerankan fungsinya dengan optimal dalam mendukung keberhasilan pendidikan mahasiswa.
  6. Mengembangkan dan mengimplementasikan model-model dan metode pembelajaran yang memperkuat karakter mahasiswa sesuai dengan  konsep multiple intelligence, agar mahasiswa siap menghadapi tantangan zaman yang selalu berubah.
  7. Mengembangkan penelitian-penelitian yang terintegrasi dengan kepentingan pembelajaran dan pengabdian pada masyarakat.
  8. Menjadi sarana terjadinya pertemuan-pertemuan ilmiah baik lingkup lokal maupun nasional sehingga dapat memberikan warna dan kontribusi yang nyata dalam kemajuan ilmu dan teknologi pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
  9. Menyelenggarakan pendidika karekter yang terintegrasi dalam setiap perkuliahan demi menciptakan lulusan yang berkerakter
  10. Meningkatkan kerjasama yang saling menguntungkan baik di bidang pendidikan maupun di luar bidang pendidikan berbasis Tri Darma Perguruan Tinggi.

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki wawasan dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
  2. Menghasilkan lulusan yang terampil melaksanakan pembelajaran dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
  3. Menghasilkan lulusan yang siap mengabdi di masyarakat dalam bidang pendidikan bahasa dan Sastra
  4. Menghasilkan lulusan yang bertanggung jawab, bermoral, dan mencintai profesi sebagai guru dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
  5.  
  1.  

Terakreditasi B

VISI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI

“Terwujudnya Program Studi Pendidikan Biologi yang unggul dalam mengembangkan Pendidikan Biologi sesuai Karakteristik Pembelajaran Abad 21 dan Memiliki Komitmen terhadap Pemberdayaan Masyarakat pada Tahun 2035”

MISI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI

  1. Menghasilkan lulusan dalam bidang pendidikan biologi dan biologi yang berdaya saing tinggi.
  2. Melaksanakan pembelajaran dan pembimbingan sesuai dengan karakteristik pembelajaran abad 21.
  3. Mengembangkan penelitian dalam bidang pendidikan biologi dan biologi murni yang terintegrasi dengan pembelajaran dan diterapkan di masyarakat.
  4. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat dalam bidang pendidikan dan biologi sebagai wujud pemberdayaan masyarakat.

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan yang berkompeten dalam bidang pendidikan biologi, pengelolaan laboratorium dan bioenterpreneurship.
  2. Menyelenggarakan pembelajaran yang sesuai dengan karakter pembelajaran abad 21.
  3. Menghasilkan luaran penelitian yang dapat diterapkan di masyarakat
  4. Menghasilkan luaran kegiatan pada masyarakat dalam bidang pendidikan dan biologi sebagai wujud pemberdayaan masyarakat.
  5.  
  1.  

Terakreditasi B

VISI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI

Terwujudnya Program Studi Pendidikan Ekonomi yang Unggul dan Menghasilkan Lulusan yang Profesional, Berkarakter, Inovatif, Kreatif dan Inspiratif.”

MISI PROGRAM STUDI PENDIDIKANEKONOMI

  1. Menyelenggarakan pendidikan Calon Sarjana dalam bidang Pendidikan Ekonomi secara terpadu serta adaptif terhadap perubahan
  2. Menyelenggarakan Kegiatan ilmiah dalam bidang Pendidikan Ekonomi.
  3. Membina dan mengembangkan kehidupan akademik yang sehat sesuai dengan nilai-nilai dan norma-norma yang berkembang di dunia akademik.
  4. Melayani, memandu, dan menyatu dengan masyarakat dalam upaya ikut serta membangun masyarakat.

TUJUAN

  1. Menyiapkan  peserta  didik menjadi kader bangsa yang mandiri, profesional, dan berakhlak mulia.
  2. Mempersiapkan peserta didik menjadi ilmuwan muda yang memiliki integritas dan dedikasi yang tinggi serta memiliki komitmen untuk mengembangkan ilmu dan teknologi.
  3. Mempersiapkan peserta didik menjadi tenaga Pendidik/Guru yang professional, kreatif, inovatif serta berakhlak mulya
  4. Menghasilkan Sarjana Pendidikan dalam bidang Pendidikan Ekonomi yang siap berperan dalam kehidupan masyarakat
  5. Melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi.
  1.  

Terakreditasi B

VISI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

“Unggul Dalam Berkarya Profesional Dalam Bertindak Dengan Didasari Iman Dan Taqwa”

MISI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

  1. Menghasilkan tenaga kependidikan Bahasa Inggris yang profesional sesuai dengan tuntutan jaman.
  2. Menghasilkan tenaga kependidikan Bahasa Inggris yang berwawasan  luas dan peka akan perubahan (Agen pembaharu)
  3. Menghasilkan tenaga kependidikan Bahasa Inggris yang beriman dan bertaqwa dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi.

TUJUAN

  1. Membekali mahasiswa dengan kemampuan atau keterampilan berbahasa yaitu kemampuan membaca, menulis, berbicara dan menyimak.
  2. Membekali mahasiswa dengan Ilmu Kebahasaan.
  3. Membekali mahasiswa dengan dasar dasar Ilmu Penelitian khususnya penelitian bahasa untuk melakukan penelitian dan inovasi baru sesuai dengan bidangnya.
  4. Membekali mahasiswa dengan ilmu kependidikan sebagai dasar untuk menjadi tenaga kependidikan yang tangguh dan profesional.
  5.  
  1.  

Proses Akreditasi B

VISI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

Menjadi Program Studi yang mencetak guru sekolah dasar yang profesional, unggul, berkarakter dan berdaya saing serta berkomitmen tinggi terhadap pemberdayaan masyarakat”

MISI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

  1. Menyelenggarakan pendidikan sarjana dalam bidang Pendidikan Dasar yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan jaman.
  2. Menyelenggarakan kegiatan, penelitian, pengabdian dalam bidang Pendidikan Dasar. Menyelenggarakan pendidikan sarjana dalam bidang Pendidikan Dasar.
  3. Membina dan mengembangkan kehidupan akademik yang sehat sesuai dengan nilai-nilai dan norma-norma yang berkembang di dunia akademik.
  4. Membangun dan mengembangkan kemampuan nonakademik yang dibutuhkan di  sekolah dasar.
  5. Menjadi sarana pembinaan mahasiswa agar mampu mandiri, profesioal dan berakhlak mulia, bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat.
  6. Menjadi sarana pembinaan mahasiswa agar siap pakai menjadi pembina-pembina kegiatan eksra kurikuler di sekolah dasar.

TUJUAN

Tujuan dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar ini adalah menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan dalam menerapkan ilmu dan pengetahuan ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Tujuan untuk memperbaiki sistem pembelajaran dalam rangka memecahkan masalah-masalah belajar telah ditetapkan dalam SK Dekan Nomor 17/PGSD – UNIKU/KNG/2013, antara lain:

  1. Menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu pedagogic yang berkarakter dan berdayasaing, mampu mengembangkan perangkat pembelajaran yang berbasis multi media yang dapat dikembangkan di sekolah dasar
  2. Menghasilkan karya ilmiah dan penelitian di bidang pendidikan dasar yang dipublikasikan dan menjunjung tinggi hak kekayaan intelektual (HKI)
  3. Mempersiapkan Guru Sekolah Dasar untuk menjadi kader bangsa yang mandiri dan berakhlak mulia serta dapat mengikuti tuntutan jaman.
  4. Mempersiapkan Guru Sekolah Dasar untuk menjadi pendidik yang memiliki integritas dan dedikasi tinggi serta memiliki komitmen untuk mengembangkan ilmu dan teknologi.
  5. Menjadi mitra pemerintah/ instansi terkait dalam mengembangkan, meningkatkan mutu pendidikan sekolah dasar
  6. Menghasilkan Guru Sekolah Dasar yang professional yang memiliki bebagai kompetensi, profesional,  pedagogik, kepribadian dan sosial
  7. Melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi.

Tujuan yang dinyatakan jelas terkait dan tidak terpisah dari Visi, Misi dan Tujuan Universitas dan Fakultas, menjadi prodi yang unggul dan berkomitmen tinggi dalam pemberdayaan masyarakat. Dalam hal ini tentu tujuan yang hendak dicapai harus meliputi universalitas, obyektivitas, kebebasan akademik, transparansi, efisiensi, demokratis, dan akuntabel. Semua nilai ini tercermin dalam semua proses penyelenggaraan pendidikan yang terintegrasi dalam tujuan Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

  1.  

Terakreditasi B

VISI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

“Menghasilkan lulusan Pendidikan Matematika yang unggul dan kompetitif pada pengembangan media pembelajaran matematika berbasis multimedia serta berkomitmen tinggi dalam pemberdayaan masyarakat pada tahun 2035”

TUJUAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

  1. Menghasilkan pendidik matematika yang menguasai cabang ilmu matematika, teknologi, dan seni tertentu serta dapat mengembangkan potensi pembelajaran yang berbasis riset bidang pendidikan matematika serta perkembangan IPTEK.
  2. Menghasilkan peneliti pemula bidang pendidikan matematika yang inovatif dan kreatif yang mendorong pengembangan ilmu, teknologi, dan seni yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa dan kesejahteraan umat manusia
  3. Menghasilkan enterpreneur pendidikan matematika sehingga dapat menjadi manusia mandiri dan dapat meningkatkan daya saing bangsa
  4. menghasilkan digital content creator

STRATEGI PENCAPAIAN TUJUAN

  1. Menciptakan proses pembelajaran yang sesuai standar pendidikan dengan ketersediaan dosen yang unggul
  2. Menyediakan sarana dan prasarana yang memadai
  3. Menyelenggarakan kuliah pakar/guest lecturing setiap semester guna membekali mahasiswa dengan ilmu kependidikan dan matematika
  4. Menyelenggarakan seminar dan workshop ilmiah tahunan yang wajib diikuti mahasiswa dalam rangka meningkatkan kemampuan kependidikan dan matematika
  5. Meningkatkan persentase kegiatan luar perkuliahan, baik ke lembaga penyelenggara pendidikan formal dan non formal, lembaga profesi, dan lembaga pemerintahan guna mendapatkan pembelajaran secara langsung sebagai seorang Pendidik Matematika
  6. Sebesar 60% tugas akhir mahasiswa dipublikasikan pada jurnal maupun prosiding nasional dan internasional
  7. Meningkatkan kerja sama bidang pendidikan
  8. Melibatkan mahasiswa dalam pelaksanaan penelitian dan PkM
  9. Meningkatkan publikasi penelitian dan PkM mahasiswa bersama dosen melalui kerja sama bidang penelitian dan publikasi dengan para mitra
  10. Mengadakan dan mengikutsertakan dosen dan mahasiswa pada kegiatan seminar dan workshop ilmiah secara berkala baik nasional dan internasional
  11. Meningkatkan keahlian, keterampilan, dan inovasi mahasiswa dalam bidang pendidikan matematika melalui berbagai pelatihan hard skill dan soft skill dengan lembaga/industry;
  12. Melibatkan alumni dalam kegiatan akademik dan nonakademik
  13.