FE UNIKU Gelar Webinar Bersama FOGIPSI

UNIKU JAYA – Fakultas Ekonomi Universitas Kuningan (FE Uniku) sukses menggelar Webinar bersama Forum Guru Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia (FOGIPSI). Webinar yang mengusung tema “Peranan Bimbingan Akademik dalam Meningkatkan Prestasi” ini digelar Rabu pagi (23/12/2020).

“Guru dan dosen mempunyai tantangan sendiri dalam menghadapi siswa atau mahasiswa. Jadi, guru atau dosen harus memiliki strategi khusus dan juga tentunya harus melek teknologi terutama disaat pandemi sekarang ini yang mana mereka dituntut untuk menyesuaikan metode pembelajaran yang digunakan serta melakukan pengembangan inovasi pembelajaran dan menghindari textbook,” ujar Dr. Dadang Suhardi, S.E., M.Si., CLMA., Wakil Dekan I FE Uniku yang juga merupakan dewan penasehat FOGIPSI, dalam sambutannya.

Lebih jauh, Dadang mengatakan Webinar antara FOGIPSI dengan FE UNIKU ini didedikasikan untuk seluruh guru IPS diseluruh Indonesia.

“Kepada Ibu/Bapak guru IPS, khususnya wilayah Jawa Barat, mari bersama-sama mengembangkan FOGIPSI Jawa Barat. Kegiatan Webinar antara FOGIPSI dengan FE UNIKU ini didedikasikan atau dipersembahkan kepada seluruh Ibu/Bapak guru IPS diseluruh Indonesia dan peserta yang telah mengikuti Run Webinar 34 Provinsi dalam rangka HGN pada November 2020 lalu. Tidak ada keberhasilan yang dapat dicapai secara maksimal tanpa perencanaan diri yang maksimal,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum FOGIPSI, Dr. Eni Kusnawati, S.Pd., M.Pd., dalam sambutannya mengatakan personal branding merupakan salah satu cara meningkatkan prestasi diri dalam bidang organisasi.

Personal branding yang ditayangkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Kuningan memberikan inspirasi bagi saya untuk meminta seluruh dewan yang berada di FOGIPSI untuk bisa membuat personal branding dan itu adalah salah satu cara bagaimana meningkatkan prestasi diri dalam bidang organisasi. Dalam hal meningkatkan prestasi dalam bidang akademik, guru tidak hanya mengajar secara konvensional tapi harus berbasis IT dengan teknis dan strategi hybrid learning,” jelasnya.

Sementara itu, Dekan FE Uniku, Dr. Herma Wiharno, M.Si., yang juga merupakan Keynote Speaker dalam Webinar ini menyampaikan pencapaian peringkat akreditasi A oleh Prodi Akuntansi dan Manajemen FE Uniku tidak terlepas dari upaya melakukan penjaminan mutu pendidikan dan pembelajaran.

“Terima kasih pada FOGIPSI yang telah bersedia berkerjasama dengan FE Uniku dalam menyelenggarakan Webinar ini. Perlu diketahui bersama bahwa FE UNIKU memiliki dua Program Studi yaitu Akuntansi dan Manajemen yang mana keduanya sudah terakreditasi A oleh BAN-PT. Pencapaian peringkat akreditasi A ini tentunya tidak terlepas dari upaya kami didalam melakukan penjaminan mutu pendidikan dan pembelajaran. Penjaminan Mutu di Universitas Kuningan sendiri dilakukan oleh SPM (Satuan Penjamin Mutu) serta ditingkat Fakultas dilakukan oleh GPM (Gugus Penjamin Mutu) dan ditingkat Prodi oleh GKM (Gugus Kendali Mutu),” jelasnya.

Lebih jauh, dirinya memaparkan pembimbingan dan kendali akademik merupakan hal yang sangat penting dalam peningkatan prestasi akademik mahasiswa.

“Didalam penjaminan mutu akademik, satu hal yang sangat penting dilakukan adalah masalah pembimbingan dan kendali akademik yang dilakukan dalam rangka peningkatan prestasi akademik mahasiswa. Adanya pandemi Covid-19 ini berdampak pada seluruh aspek kehidupan, termasuk pada sistem pembelajaran dan juga sistem pembimbingan akademik serta kendali mutu akademik. Karenanya melalui Webinar ini, ketiga speaker kita akan membahas tentang Bimbingan Akademik dan Etika Kampus yang disampaikan oleh Dadang Suhendar, SE., M.Si., Peranan Pembimbing Akademik Di Era Pandemi oleh Enung Nurhayati, SE., Ak., M.Si., CA., dan Pedoman Akademik dan Kendali Akademik oleh Rina Masruroh, SE., ME.Sy., serta dipandu oleh moderator Neni Nurhayati, S.E., M.Si., Ak., CA.,” paparnya. (red/nit)

Berita Terbaru

Informasi Terbaru

Agenda Terbaru

There are no upcoming events at this time.