Fahutan Bersama DLH Kuningan Gelar Pemberdayaan Masyarakat di Desa Ciputat

UNIKU JAYA – Masyarakat pedesaan memiliki potensi yang sangat besar untuk menunjang jalannya roda perekonomian. Potensi tersebut tercermin dari melimpahnya sumberdaya. Butuh “aktor” penggerak untuk mengubah potensi tersebut menjadi manfaat. Fakultas Kehutanan (Fahutan) Universitas Kuningan (Uniku) sebagai lembaga pendidikan tinggi dengan tiga (3) fungsi utama, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, terus berupaya menjadi “aktor” penggerak pembangunan desa.

Implementasi pengabdian kepada masyarakat Fahutan Uniku tidak berjalan sendiri, tetapi bersinergi dengan dinas terkait, yaitu Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kuningan melalui program penataan lingkungan.

Kegiatan penataan lingkungan tersebut, diimplementasikan melalui pelatihan budidaya sayuran di lahan pekarangan dan pembuatan pupuk kompos. Kegiatan dilaksanakan di Dusun Puhun Campaka Desa Ciputat Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan pada Senin 12 April 2021 kemarin.

Kegiatan pengadian masyarakat ini terasa berbeda, sebab disamping pelatihan yang secara langsung diberikan kepada masayarakat, kegiatan ini pun melibatkan lembaga informal yang ada didaerah tersebut.

Lembaga-lembaga informal yang terlibat adalah Musala Sabilil Muhtadin dan Paguyuban Mawar 7.

Penyiapan perangkat lokal berupa organisasi setempat, merupakan hal penting untuk menjamin keberlanjutan program. Sebab kedepan organisasi-organisasi tersebutlah yang akan bertugas membina masyarakat. (Rilis/Sep).

Bagikan berita ini :

Berita Terbaru

Informasi Terbaru

Agenda Terbaru

There are no upcoming events at this time.