Dua Mahasiswa Biologi Uniku Raih Juara Nasional di Untirta Serang Banten

UNIKU JAYA – Kembali dua (2) mahasiswa Pendidikan Biologi (PBio) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kuningan (Uniku) raih prestasi nasional dengan menjadi juara best presentation lomba karya tulis ilmiah di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Serang Banten tahun 2019.

Kedua mahasiswa yang berhasil menorehkan prestasi nasional tersebut adalah Dini Rizky Amelia dan Iin Inaya. Mereka berdua mempresentasikan karya tulis ilmiah dengan judul “Alternatif Pengelolaan Wisata Ikan Endemik Kabupaten Kuningan (Neolissochilus soro) Melalui PE2PAFO”.

“Alhamdulillah, Dini dan Iin berhasil meraih juara best presentation dalam ajang lomba karya tulis ilmiah yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa (Hima) Biologi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Serang Banten selama dua (2) hari yaitu 28 – 29 November 2019,” kata Dini Rizky Amelia yang juga menjabat sebagai Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKIP Uniku saat dimintai keterangannya, Minggu (01/12/2019).

Lebih jauh, sambung pentolan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Kuningan itu, menjelaskan, bahwa sebelum mendapatkan juara, mahasiswa Pendidikan Biologi ini mengikuti seleksi hingga masuk menjadi finalis presentation karya tulis ilmiah nasional.

“Jadi, saya bersama dengan Iin itu melewati terlebih dahulu harus melewati tahap seleksi sebelum akhirnya masuk menjadi finalis presentation karya tulis ilmiah nasional tahun 2019. Ini berkat dorongan doa, dukungan dan bimbingan dari para dosen Pendidikan Biologi FKIP Uniku, akhirnya kami berdua bisa masuk sebagai finalis dalam ajang tersebut,” jelasnya.

Menurutnya, setelah akhirnya masuk ke babak grand finalis bersama dengan perguruan tinggi ternama lainnya di Indonesia seperti dari ITB, Unpad, Unsoed dan perguruan tinggi lainnya, akhirnya saya (Dini) bersama dengan Iin sebagai wakil dari Uniku, terpilih sebagai best presentation lomba karya tulis ilmiah tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Hima Biologi Untirta Serang Banten.

“Di babak finalis akhirnya wakil dari Uniku terpilih sebagai best presentation lomba karya tulis ilmiah tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Hima Biologi Untirta Serang Banten,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III Uniku Ilham Adhya, M.Si., mengungkapkan, rasa syukur dan bangga atas raihan prestasi yang diraih oleh kedua mahasiswa dari program studi (Prodi) Pendidikan Biologi (PBio) FKIP Uniku dengan meraih juara best presentation lomba karya tulis ilmiah yang diselenggarakan oleh Hima Biologi Untirta Serang Banten.

“Alhamdulillah, kembali mahasiswa Uniku menorehkan prestasi yang sangat luar biasa dikancah nasional. Baru saja, minggu kemarin tiga (3) mahasiswa dari Pendiidkan Matematika (PMat) FKIP Meraih juara II LMPM Nasional Gema Mahasiswa Matematika yang diselenggarakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Sekarang, dua (2) mahasiswa Uniku berhasil meraih juara nasional dengan best presentation dalam ajang lomba karya tulis ilmiah yang dilaksanakan oleh Hima Biologi Untirta Serang Banten. Ini patut kita syukuri dan apresiasi dengan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada dua (2) mahasiswa Uniku yaitu Dini Rizky Amelia dan Iin Inaya. Saya ucapkan selamat atas raihan prestasi tersebut kepada Dini dan Iin,” ungkapnya.

Ilham sapaan akrabnya, menjelaskan, bahwa dengan kembali diraihnya prestasi nasional tersebut, membuktikan bahwa kualitas mahasiswa dan mahasiswi Uniku patut untuk diperhitungkan. Buktinya, mahasiswa dan mahasiswi Uniku mampu membuktikan dengan raihan prestasi yang sangat luar biasa tersebut.

“Uniku sekarang mampu untuk disejajarkan dengan perguruan tinggi ternama lainnya di Indonesia. Buktinya, beberapa prestasi nasional berhasil ditorehkan oleh mahasiswa dan mahasiswi Uniku maupun institusinya. Alhamdulillah, sekarang Uniku berada di peringkat 155 perguruan tinggi di Indonesia. Uniku juga, kemarin berhasil meraih capaian prestasi yang sangat luar biasa dari kinerja pengabdian kepada masyarakat (PKM) dengan naik peringkat ke “Memuaskan” dan Kinerja Penelitian naik peringka dari binaan ke “Madya”,” jelasnya.

Diakhir keteranganya, Ilham berharap, dengan diraihnya prestasi oleh kedua mahasiswa Uniku tersebut, diharapkan dapat terus memberikan suntikan dorongan semangat kepada mahasiswa dan mahasiswi Uniku lainnya untuk kembali menorehkan prestasi baik di bidang akademik maupun non akademik.

“Semoga, dengan diraihnya prestasi yang kembali ditorehkan oleh Dini dan Iin ini, diharapkan dapat memberikan suntikan dorongan motivasi kepada mahasiswa dan mahasiswi Uniku lainnya untuk kembali berprestasi baik di bidang akademik maupun non akademik,” harapnya. (Sep)

Berita Terbaru

Informasi Terbaru

Agenda Terbaru

  1. Awal Perkuliahan Semester Ganjil Tahun Akademik 2019-1

    23 September 2019 @ 8:00 - 18 January 2020 @ 22:00