Dies Natalis ke-6, PGSD Gelar  “Festival Anak Cerdas Berakhlak”

UNIKU JAYA – Dalam rangka memperingati hari jadinya yang ke- 6, Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kuningan (Uniku), menggelar berbagai kegiatan perlombaan untuk tingkat SD / MI / sederajat se-Kabupaten Kuningan.

Kegiatan perlombaan yang bertemakan “Festival Anak Cerdas Berakhlak” itu, akan berlangsung di Gedung Student Center Iman Hidayat Kampus I Uniku. Lomba tersebut diantarannya cerdas cermat, baca puisi, pupuh dan da’i cilik.

Ketua Pelaksana Dadan Maulidina saat dimintai keterangannya, Senin (23/09/2019), mengungkapkan, kegiatan yang bertajuk tema “Festival Anak Cerdas Berakhlak” itu, diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Dies Natalis PGSD yang keenam, yang terdiri dari beberapa lomba, seperti lomba cerdas cermat, baca puisi, pupuh dan da’i cilik.

“Kegiatan ini diikuti oleh siswa siswi tingkat SD/MI/sederajat se-Kabupaten Kuningan dengan jumlah peserta sebanyak 94 peserta,” ungkapnya.

Lebih jauh, sambung Dadan sapaan akrabnya, menjelaskan, keseluruhan peserta yang ikut berpartisipasi dalam acara tersebut meliputi lomba baca puisi sebanyak 20 peserta, lomba pupuh sebanyak 20 peserta, lomba da’i cilik sebanyak 24 peserta, dan lomba cerdas cermat sebanyak 10 group (30 peserta).

“Ada 24 Sekolah Dasar (SD) yang mengikuti kegiatan ini, diantaranya SDN Garawangi, SD IT Al Mutazam, SDN 1 Bojong, SDN 17 Kuningan, SDN Cigugur, SDN 1 Karangtawang,” jelasnya.

Sedangkan, Ketua Prodi PGSD Arrofa Acesta, M.Pd., saat memberikan sambutannya, mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi dan menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran panitia pelaksana atas terselenggaranya kegiatan tersebut sehingga bisa berjalan dengan baik, lancar dan suskes.

“Terimakasih kepada Ketua Himpunan Mahasiswa (Hima) PGSD yang sudah mempersiapkan kegiatan tersebut dengan baik, sehingga dapat terselenggara kegiatan “Festival Anak Cerdas Berakhlak,” jelasnya.

Dengan adanya kegiatan ini, Arrofa berharap, semoga  siswa dan siswi Prodi PGSD FKIP Uniku, dapat menunjukkan kompetensinya masing-masing dalam perlombaan yang ada pada kegiatan ini.

“Suatu kebanggaan bagi saya atas kehadiran Bapak Ibu guru yang sudah berkenan mendampingi siswa siswinya untuk mengikuti lomba di Universitas Kuningan. Saya ucapkan selamat bagi yang ikut berlomba kepada siswa dan siswi serta tunjukkan yang terbaik,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Dekan I FKIP Uniku Dadang Solihat, M.Pd. BI., mengatakan, Alhamdulillah, rasa syukur dan bangga atas karunia dari Allah SWT kepada Prodi PGSD, yang dapat menyelenggarakan kegiatan “Festival Anak Cerdas Berakhlak” itu, sehingga bisa berjalan dengan lancar dan sukses.

“Ini semua merupakan kerjasama antara semua pihak yaitu seluruh panitia dari Prodi PGSD yang selalu menyelenggarakan acara ini setiap tahun. Acara ini juga merupakan sebagai media untuk anak-anak kita di Sekolah Dasar, khususnya dalam kegiatan membaca puisi, pupuh, cerdas cermat, dan da’I,” tuturnya.

Dadang sapaan akrabnya yang merupakan Dosen Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) FKIP Uniku, berharap, mudah-mudahan dengan kegiatan ini yang bertemakan “Festival Anak Cerdas Berakhlak”, dapat membentuk anak-anak kita menjadi anak berkarakter.

“Karena kalau berbicara masalah SD diantaranya yang utama adalah karakter. Saat ini, yang namanya generasi muda pembentukan karakter itu dimulai sejak mereka ada di bangku Sekolah Dasar. Dan tugas kita sebagai seorang guru adalah bagaimana cara yang terbaik untuk memberikan dan menyampaikan pendidikan karakter kepada anak-anak kita,” ujarnya.

Diterangkannya, dirinya mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung kepada anak-anaku sekalian dalam acara “Festival Anak Cerdas Berakhlak” yang diselenggarakan oleh Prodi PGSD FKIP Uniku.

“Semoga, acara yang dirasa sangat positif itu, dapat memberikan manfaat dan saya selalu mendukung apa yang dilakukan oleh prodi PGSD, terutama dalam masalah bagaimana memberikan yang terbaik dalam pembelajaran khususnya untuk anak-anak SD.  Perlu diketahui bersama, bahwa ada mahasiswi dari PGSD yang akan berangkat PPL ke Bangkok Thailand. Ini merupakan salah satu bukti dan prestasi dari Prodi PGSD dan menjadi suatu kebanggaan bagi FKIP dan Universitas Kuningan,” pungkasnya. (Dia/Sep)

Berita Terbaru

Informasi Terbaru

Agenda Terbaru

  1. Awal Perkuliahan Semester Ganjil Tahun Akademik 2019-1

    23 September 2019 @ 8:00 - 18 January 2020 @ 22:00