Dekan Buka Workshop Evaluasi Kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

UNIKU JAYA – Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kuningan (Uniku) Yeyen Suryani, M.Pd., dengan didampingi Ketua Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Erwin Oktoma, M.Pd., Sekretaris Prodi PBI Muhammad Aprianto BN, M.Pd., narasumber dari Ketua Asosiasi Prodi PBI cabang Jawa Barat Junjun M Ramdhani, M.Pd., membuka secara resmi kegiatan “Workshop Evaluasi Kurikulum” di Aula FKIP Uniku, Sabtu (27/07/2019).

Ketua Prodi PBI Erwin Oktoma, M.Pd., dalam sambutannya, mengatakan, perjalanan Prodi PBI FKIP Uniku dalam mengemban amanah tri dharma perguruan tinggi telah memasuki masa 13 tahun. Sebagai Prodi usia tersebut semakin menunjukan kematangan dan kearifan dalam penyelenggaraan dan pengelolaan untuk menghasilkan produk lulusan yang bisa bersaing di level nasional.

“Alhamdulillah, seiring dengan berjalannya waktu, capaian – capaian prestasi yang telah ditunjukan oleh dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan dalam level nasional maupun internasional semakin meningkat. Hal tersebut, semakin memacu Prodi PBI untuk memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan nasional khususnya kemajuan Uniku,” tuturnya.

Lebih jauh, sambung dosen yang sedang menempuh pendidikan S3 di salah satu perguruan tinggi di Jakarta itu, menjelaskan, evaluasi dan berbenah diri wajib dilakukan untuk menuju sebuah kematangan, prestasi yang telah diraih baik hendaknya dipertahankan, kekurangan yang selama ini dirasakan ada, perlu diperbaiki dengan melibatkan sumber daya yang ada.

“Prodi PBI harus selalu berkarya dan berkontribusi dalam menggapai visi, misi dan tujuan institusi. Dengan ditunjang kurikulum yang sesuai dengan tuntutan pasar dan dunia kerja khususnya di era industry 4.0,” jelasnya.

Amanat Undang – Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang perguruan tinggi pasal 35 ayat 2 tentang kurikulum menyebutkan bahwa kurikulum pendidikan tinggi dikembangkan oleh setiap perguruan tinggi dengan mengacu pada standar nasional pendidikan tinggi untuk setiap Prodi yang mencakup pengembangan kecerdasan intelektual, akhlak mulia dan keterampilan.

“Standar nasional pendidikan tinggi (SN-DIKTI) sebagaimana diatur dalam Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2015 pasal 1 menyatakan kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai capaian pembelajaran lulusan, bahan kajian, proses, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan program studi,” ujarnya.

Diakhir sambutan, Erwin sapaan akrabnya, menuturkan, kurikulum pendidikan tinggi merupakan amanah institusi yang harus senantiasa diperbaharui sesuai dengan perkembangan kebutuhan dan IPTEK yang dituangkan dalan capaian pembelajaran. Perguruan tinggi sebagai penghasil sumber daya manusia terdidik perlu mengukur lulusannya, apakah lulusan yang dihasilkan memiliki kemampuan setara dengan kemampuan (capaian pembelajaran) yang telah dirumuskan dalam jenjang kualifikasi KKNI, lulusan juga dituntut untuk memiliki kemampuan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat serta kebutuhan pengguna lulusan.

“Semoga, kegiatan evaluasi kurikulum Prodi PBI FKIP Uniku ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi pengembangan pendidikan Bahasa khususnya Bahasa inggris serta bagi stakeholder pengguna lulusan dan bagi masyarakat secara umum,” ungkapnya.

Sementara itu, Dekan FKIP Yeyen Suryani, M.Pd., dalam sambutannya, mengatakan, bahwa dirinya sangat mengapresiasi dan menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Prodi PBI atas terselenggaranya kegiatan “Workshop Evaluasi Kurikulum” yang menghadirkan narasumber yang kompeten dibidangnya.

“Terimakasih dan saya sampaikan apresiasi penghargaan kepada Prodi PBI yang telah menyelenggarakan kegiatan “Workshop Evaluasi Kurikulum” pada hari. Semoga kegiatan ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua,” tuturnya.

Perlu diketahui bersama, Prodi PBI ini memiliki jurnal yang sudah terindeks di Sinta 2 serta mahasiswa dan mahasiswinya berprestasi baik dibidang akademik maupun non akademik.

“Jurnal English Review milik Prodi PBI sudah terindeks Sinta 2. Mahasiswa dan mahasisiwinya berprestasi di tingkat regional, nasional maupun internasional. Mahasiswa dan mahasiswi PBI merajai debat Bahasa inggris wilayah 3 Cirebon, mewakili wilayah IV dalam Debat Nasional, dan yang paling bangga adalah salah satu mahasiswa dari Prodi PBI dinobatkan sebagai Duta Bahasa Jawa Barat bahkan Nasional atas nama “Nursidik”,” ujarnya.

Yeyen berharap, dengan diselenggarakannya kegiatan workshop evaluasi kurikulum pada hari ini, diharapkan dapat memberikan manfaat. “Semoga, kegiatan workshop evaluasi kurikulum ini bermanfaat,” harapnya.

Hadir dalam acara tersebut, Dekan FKIP Yeyen Suryani, M.Pd., Wakil Dekan I Dadang Solihat, M.Pd. BI., Kepala Kantor Huma Hukum dan Kerjasama Fahrus Zaman Fadhly, M.Pd., Ketua Prodi PBI Erwin Oktoma, M.Pd., Sekretaris Prodi PBI Muhammad Aprianto BN, M.Pd., Kepala Laboratorium Bahasa Fahmi Hygienis, S.S., narasumber dari Ketua Asosiasi Prodi PBI cabang Jawa Barat Junjun M Ramdhani, M.Pd., dosen dan staf tenaga kependidikan PBI, mahasiswa, lulusan dan tamu undangan lainnya. (Sep)

Berita Terbaru

Informasi Terbaru

Agenda Terbaru

There are no upcoming events at this time.