URC Touring Singkat Sambangi Kaki Gunung Slamet Jawa Tengah

UNIKU JAYA – Menjelajah dan menikmati udara yang segar di tempat baru merupakan salah satu magnet dalam touring sepeda motor, itulah yang menjadi energi  baru bagi tubuh kita setelah disibukan dengan berbagai aktivitas kegiatan kerja sehari-hari. Dan salah satu hobi baru Dosen dan karyawan Universitas Kunigan (Uniku) yaitu menjelajah suatu tempat menggunakan motor.

Touring adalah salah satu agenda klub sepeda motor, aktivitas ini wajib dilakukan sebagai refresing setelah disibukan dengan dunia pekerjaan yang cukup padat karena hasil penelitian mengatakan bahwa kelompok yang rutin menggunakan motor fungsi kognitifmya lebih baik serta dapat membuat seseorang lebih bahagia dan menurunkan tingkat stress. Seperti yang dilakukan UNIKU RIDER CLUB  (URC) yang melakukan konvoi menuju kaki Gunung Slamet, kawasan wisata Baturaden, Purwokerto Jawa Tengah.

“URC memiliki cara tersendiri untuk menghabiskan waktu di akhir pekan. URC yang beranggotakan sivitas akademika Uniku ini, mengadakan touring singkat dari Kabupaten Kuningan menuju kaki Gunung Slamet, kawasan wisata Baturaden, Purwokerto Jawa Tengah selama dua hari 12 – 13 Oktober 2019,” kata Ketua URC Novi Satria Praja saat dimintai keterangannya, Minggu (13/10/2019).

Lebih jauh, sambung Kepala Pusat Bimbingan Konseling dan Karir (PBKK) Uniku, menjelaskan, agenda touring ini diikuti oleh dosen dan karyawan Universitas Kuningan dengan perjalanan dimulai menyusuri Kabupaten Kuningan, Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Banyumas (Purwokerto) Jawa Tengah tepatnya kawasan wisata Baturaden. Lebih dari 20 motor bergabung untuk memadu kebersamaan dan menjalin hubungan yang lebih erat sekaligus bertukar pikiran.

”Touring wajib kali ini bertemakan “Babad Alas Baturaden” juga dipakai sebagai penambah jam terbang. Misi lain adalah untuk menambah wawasan berkendara dan melatih skill, mental riding yang benar, serta mengaplikasikan tata tertib berlalu lintas dan sekaligus sebagai media promosi Universitas Kuningan ke Kabupaten lain,” jelasnya.

Ditambahkan, Baturaden yang berada di kaki Gunung Slamet sebagai destinasi wisata dan mewakili trek. Perjalanan kurang lebih 7 jam, walaupun melewati jalan perbukitan yang cukup menantang tetapi semangat tetap ngegas. Perjalanan lumayan panjang, dengan jarak sekitar kurang lebih 500 km pulang pergi.

“Kita memulai kumpul di Taman Makam Pahlawan Haurduni Kuningan, kemudian menyusuri Kuningan Selatan melewati Desa Subang, Desa Tangkolo, Desa Pamulihan, Desa Mandapajaya. Dilanjutkan, kearah Dayeuhluhur, Mergosari, Wanareja, Majenang, Lumbir, Wangon, kemudian masuk ke Purwokerto Kota dan akhirnya finish di kawasan wisata kaki Gunung Slamet Baturaden Jawa Tengah. Jalan pulang kita selalu berbeda, dengan menyusuri Kabupaten Purbalingga, Slawi, Ketanggungan, Ciledug, Waled, Cidahu, Ciawigebang, dan berakhir di Terminal Kertawangunan Kuningan. Ini sudah cukup untuk membuktikan bahwa kemampuan berkendara dan kebersamaan serta rasa solidaritas yang tinggi sesuai dengan slogan URC yaitu “satu hati satu aspal”,” tambahnya.

Suasana di kawasan wisata Baturaden semakin riuh degan adanya diskusi membahas program kerja URC satu tahun kedepan dan diakhiri dengan makan bareng ala URC.

“Insya Allah, program – program yang sudah kita sepakati bersama hari ini, mudah-mudahan bisa terselenggara dengan baik, lancar dan sukses. Perlu diketahui bersama, URC sudah melakukan touring ke daerah perbatasan Kabupaten Kuningan dengan Kabupaten Cilacap, Menyusuri kaki Gunung Ciremai melewati Panyaweuyan dan finish di Cikadongdong Majalengka, jalur selatan dari Kabupaten Kuningan ke Pantai Santolo Garut Jawa Barat dan sekarang ke daerah Baturaden Purwokerto Jawa Tengah,” pungkasnya. (Rilis Humas URC)

Bagikan berita ini :

Berita Terbaru

Informasi Terbaru

Agenda Terbaru