Rektor Lepas Ribuan Mahasiswa KKN 2018

UNIKU JAYA – Sebanyak 1002 peserta kuliah kerja nyata (KKN) yang terdiri dari mahasiswa dan mahasiswi Universitas Kuningan (Uniku) dari berbagai program studi (Prodi), dilepas secara resmi oleh Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., di Lapangan Rektorat Kampus I, Kamis (19/07/2018).

Dalam sambutannya, mantan Wakil Rektor III Uniku itu, mengatakan, dirinya merasa sangat bersyukur bahwa pada tahun 2018 ini Universitas Kuningan (Uniku) untuk kesekian kalinya kembali melaksanakan kegiatan kuliah kerja nyata atau yang lebih dikenal dengan nama “KKN”.

“Saya merasa sangat bersyukur bahwa pada tahun 2018 ini, Uniku kembali melaksanakan kegiatan KKN untuk kesekian kalinya. Pada tahun ini, Uniku melaksanakan kegiatan KKN yang diikuti sebanyak 1002 mahasiswa itu disebar di dua (2) Kabupaten yaitu Kuningan dan Majalengka seperti pada tahun sebelumnya. Dalam kurikulum perguruan tinggi, program ini merupakan komponen intrakulikuler wajib yang harus terus menerus dipikirkan dan dikembangkan bentuk efektif pelaksanaannya,” tuturnya.

Dijelaskannya, dirinya juga merasa bangga melihat betapa besarnya antusiasme dari para mahasiswa dan mahasiswi untuk mengikuti kegiatan ini. Hal ini, merupakan modal dasar bagi keberhasilan pelaksanaan kegiatan ini. Harapan saya, jadikanlah kegiatan ini sebagai salah satu bentuk upaya pendewasaan diri mahasiswa dan mahasiswi.

“Hapuskanlah kesan bahwa mahasiswa dan mahasiswi hanyalah kumpulan para “Intelectual Dandy” yang cukup merasa puas dengan menggeluti teori-teori kemasyarakatan tetapi tak pernah merasa terpanggil untuk mengantisipasi peran dalam proses perubahan yang ada. Sudah saatnya kita segera berpikir dan juga berbuat,” jelasnya.

Lebih jauh, tema yang diangkat pada KKN mahasiswa dan mahasiswi Uniku tahun 2018 ini sangat menarik yaitu bagaimana memberdayakan masyarakat dengan berbasis pada potensi desa.

“Semoga dari kegiatan KKN kali ini bisa mengoptimalkan potensi suatu desa yang saat ini sudah diketahui atau bisa jadi menemukan potensi baru yang belum diketahui guna meningkatkan pembangunan di wilayah pedesaan,” ujarnya.

Ditambahkannya, salah satu kunci sukses dalam pelaksanaan kegiatan adalah kebersamaan. Dimulai dari kesamaan niat (motivasi), kesamaan tekad, kesamaan tujuan dan kebersamaan dalam tindakan. Untuk bisa mencapai itu semua tanamkan baik-baik motto Universitas Kuningan (Uniku) : “Bisa Ngatur, Daek Diatur, Ngarti Aturan”.

“Jaga diri, jaga etika dan jaga kesehatan serta yang paling utama adalah jaga nama baik almamater Universitas Kuningan (Uniku). Selamat bekerja, semoga Allah SWT meridhoi kita semua. Amien Ya Rabbal Alamin,” pungkasnya.

Hadir dalam acara pelepasan tersebut, Rektor Uniku Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., Wakil Rektor I Dr. Anna Fitri Hindriana, M.Si., Wakil Rektor II Fahmi Yusuf, MMSI., Dekan Fakultas Ekonomi (FE) Dr. Herma Wiharno, M.Si., Dekan Fakultas Ilmu Komputer (FKOM) Dadang Hamdani, M.Kom., Dekan Fakultas Hukum (FH) Haris Budiman, SH., MH., Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Yeyen Suryani, M.Pd., Wakil Dekan I Fakultas Kehutanan (Fahutan) Iing Nasihin, M.Si., Wakil Dekan I FKOM Sugeng Supriyadi, M.Kom., Wakil Dekan I FH Suwari Akhmadhian, SH., MH., Ketua LPPM Uniku Oding Syafrudin, MM., dosen pembimbing lapangan (DPL) dan seluruh peserta mahasiswa dan mahasiswi KKN tahun 2018 dari berbagai Program Studi (Prodi) yang ada di lingkungan Uniku.

Bagikan berita ini :

Berita Terbaru

Informasi Terbaru

Agenda Terbaru