Visi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Kuningan

Terwujudnya Fakultas  Ilmu Komputer  Universitas Kuningan sebagai  fakultas andal  yang  unggul  dalam  penyelenggaraaan  Tri  Darma  Perguruan  Tinggi  di Wilayah Jawa Barat pada tahun 2032

Misi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Kuningan

  1. Menyelenggarakan  pendidikan,  penelitian,  dan  pengabdian  pada masyarakat secara terpadu berdasarkan pada kaidah-kaidah pendidikan modern.
  2. Membina  dan  mengembangkan  kehidupan  akademik  yang sehat sesuai dengan nilai-nilai  dan norma-norma yang berkembang di dunia akademik.
  3. Menyelenggarakan riset-riset ilmiah yang tidak saja mampu mendorong pertumbuhan ilmu dan teknologi lagi juga dapat menjamin kebutuhan dunia industri dan bisnis yang berkembang sangat pesat dewasa ini.
  4. Menjadi sarana terjadinya pertemuan-pertemuan ilmiah baik lingkup lokal  maupun  nasional  sehingga  dapat  memberikan  warna  dan kontribusi yang nyata dalam kemajuan ilmu dan teknologi.
  5. Melayani, memandu, dan menyatu dengan masyarakat dalam upaya ikut  serta  mewujudkan  masyarakat  baru  Indonesia  yang  adil  dan makmur.
  6. Menjadi sarana penggodokan generasi muda sehingga mampu mandiri, profesional,  dan  berakhlak  mulia  yang  bermanfaat  bagi  dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.
  7. Meningkatkan budaya baca dalam upaya mewujudkan generasi yang memiliki wawasan yang luas dalam bidang IPTEK sesuai dengan minat kajiannya

Tujuan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Kuningan

  1. Menyiapkan peserta didik menjadi kader bangsa yang mandiri, profesional, dan berakhlak mulia.
  2. Mempersiapkan peserta didik menjadi ilmuwan muda bidang informatika yang memiliki intergritas dan deidikasi yang tinggi serta memiliki komitmen untuk mengembangkan ilmu dan teknologi.
  3. Mempersiapakan peserta didik yang mampu menganalisis dan memecahkan masalah, berinovasi dan berimprovisasi, serta memilii daya saing yang tinggi dalam lingkup lokal maupun nasional dalam bidang IT.
  4. Mengembangkan ilmu dan teknologi khususnya dalam bidang informatika serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat.
  5. Melayani dan mendampingi pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan di segala bidang dengan memanfaatkan teknologi informasi.
  6. Menjadi mitra masyarakat bisnis dalam upaya mengembangkan organisasi dan pemanfaatan teknologi informasi dalam rangka efektifitas dan efesiensi.
  7. Melayani dan mendampingi masyarakat untuk tumbuh menjadi masyarakat yang cerdas, kreatif dan mandiri.

Fakultas Ilmu Komputer Memiliki 3 Program Studi :

Terakreditasi B

VISI PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI

“Terwujudnya program studi system informasi sebagai program studi yang  handal dan unggul dalam penyelenggaraaan Tri Darma Perguruan Tinggi unggul di bidang rekayas asistem informasi di Wilayah Jawa Barat pada tahun 2032”

MISI PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI

  1. Menyelenggarakan pendidikan berbasis system informasi sesuai dengan dinamika kebutuhan masyarakat.
  2. Melaksanakan penelitian dan pengabdian pad amasyarakat dalam bidang system informasi.
  3. Mengembangkan   kehidupan akademik yang sehat sesuai dengan nilai-nilai  dan norma-norma yang berkembang  di dunia akademik.
  4. Menjalin kerjasama secara institusional dengan lembaga lain di bidang system informasi untuk pengembangan dan pemberdayaan program studi.
  5. Ikut serta memberdayakan masyarakat.

KOMPETENSI PROGRAM STUDI

KOMPETENSI UMUM

  • Memperbaiki proses-proses organisasional.
  • Memanfaatkan peluang yang tercipta dari inovasi teknologi.
  • Memahami dan mendokumentasikan kebutuhan-kebutuhan informasi.
  • Merancang dan mengelola arsitektur informasi organisasi (enterprise architecture).
  • Mengidentifikasi dan mengevaluasi solusi teknologi informasi dan berbagai alternative sumbernya
  • Mengamankan data dan infrastruktur organisasi.
  • Memahami, mengelola, danmengendalikanresikoteknologiinformasi.

Terakreditasi B

VISI PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA S1

“Terwujudnya program studi yang handal dan unggul dibidang teknologi informasi yang memiliki standar kompetensi dan menghasilkan tenaga-tenaga ahli IT yang cerdas dan berbudi luhur di wilayah Jawa Barat pada tahun 2032”

MISI PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA S1

  1.  Menyelenggarakan pendidikan bermutu tinggi dibidang Teknik Informatika bagi masyarakat sebagai sarana untuk menghasilkan lulusan yang bermoral, berkualitas, professional, kompeten, sesuai dengan kebutuhan standar industry, profesi dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini dan yang akan datang.
  2. Memenuhi kebutuhan masyarakat melalui pengenalan, pengalihan dan penyebaran ilmu pengetahuan dan teknologi yang relevan dengan ilmu teknik informatika untuk mencapai kualitas standar program studi dengan berfokus pada integritasi teknologi informasi dalam setiap aspek kehidupan manusia.
  3.  Menemukan, mengembangkan dan menciptakan karya di bidang informatika serta menyebarkan ilmu pengetahuan dan teknologi demi kepekaan dan kepedulian terhadap kehidupan masyarakat.
  4.  Menggalang penelitian untuk berperan aktif dalam peningkatan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya bidang informatika.
  5. Menumbuhkan budaya diskusi dlam pelaksanaan Tri Dharma perguruan Tinggi

KOMPETENSI PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA S1

  1. Kemampuan untuk merancang dan melakukan eksperimen, menganalisis dan menginterprestasikan suatu perangkat lunak berbasis database dan system informasi untuk menyelesaikan persoalan teknologi informasi melalui metodologi mutakhir diberbagai bidang seperti pendidikan, perbankan, telekomunikasi, manufaktur, atau industri lainnya.
  2. Mampu mengembangkan system sesuai dengan fokus pada bidang keahlian yang dilakukan secara mandiri maupun bersama-sama, smart application untuk keperluan industri (soft computing) dan mengembangkan aplikasi mobile beserta infrastruktur pendukungnya (mobile computing).
  3. Membangun atau merancang system yang mampu mengakses informasi secara cepat, tepat dan akurat di sector industry maupun tempat mereka bekerja di masa depan. Khususnya merancang bangun perangkat lunak berbasis mobile, anatarmuka perangkat keras dan komunikasi data.
  4.  Kemampuan berkomunikasi yang efektif dalam bahasa inggris Lisan maupun Tulisan.
  5. Kemampuan dan kapasitas pengetahuan yang cukup sebagai ahli teknik profesional untuk menjalankan tanggungjawab social, budaya, lingkungan, global, dan bisnis, serta peduli terhadap prinsip dan kebutuhan pembangunan berkelanjutan.
  6. Kemampuan untuk memanfaatkan teknik, keahlian dan peralatan atau tools modern yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas dan tanggungjawabnya.
  7. Mengimplementasikan rancangan system secara efisien dan efektif di dalam sebuah software yang dirancang untuk organisasi atau tatanan komunitas lainnya sehingga mendukung tercapainya visi dan misi organisasi yang bersangkutan.

Proses Terakreditasi B

VISI PROGRAM STUDI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

Menjadi  program studi desain komunikasi visual  yang unggul dalam bidang industri multimedia, periklanan dan grafis yang berbasis teknologi iformasi dan memiliki komitmen yang tinggi terhadap pemberdayaan masyarakat tahun 2032”

MISI PROGRAM STUDI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

  1. Mengembangkan dan mengimplementasikan pendidikan Desain Komunikasi Visual berbasis teknologi informasi di bidang industri multimedia, periklanan dan desain grafis, yang kreatif serta dapat terintegrasi secara keilmuan dengan disiplin ilmu lain.
  2. Mengembangkan penelitian dan pengabdian masyarakat, sebagai bagian dari pengembangan keilmuan yang mempunyai nilai kebaruan yang bermanfaat bagi kebutuhan industri dan masyarakat.

TUJUAN PROGRAM STUDI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

  1. Menghasilkan lulusan (Sarjana Desain) yang kreatif dan berjiwa entreupreneur.
  2. Mengeksplorasi dan memecahkan permasalahan di bidang komunikasi visual dengan penekanan pada sisi inovasi dan integrasi keilmuan dengan menghasilkan karya penelitian dan produk inovasi.