Laboratorium Bahasa


Laboratorium Bahasa

PROFIL LABORATORIUM BAHASA

 

I.              Latar Belakang

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kuningan (FKIP-UNIKU) memiliki 6 program studi (prodi) yaitu PendidikanBiologi, PendidikanEkonomi, Pendidikan Bahasadan Sastra  Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Sebagai fakultas keguruan keberadaan laboratorium bahasa sangatlah penting adanya apalagi fakultas memiliki program studi pendidikan bahasa Indonesia dan Pendidikan Bahasa Inggris. Dekan fakultas menginstruksikan untuk mendirikan laboratorium bahasa yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dalam meningkatkan keterampilan bahasa mereka baik bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia. 

II.            Fitures

Laboratorium yang dibangun pada tahun 2007 ini berkapasitas 40 tempat duduk dengan didukung oleh 1 TV 32 inch, 20 layar komputer, 40 head set, dan komputer operation center beserta 2 model tape untuk CD dan kaset juga ruangan ini dilengkapi oleh Air Conditioning. 

III.           Tujuan

Tujuan didirikannya lab-bahasa ini adalah untuk memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada mahasiswa melalui penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar dengan dukungan peralatan yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa sehingga sarana penunjang ini memberikan nuansa kebahasaan yang positif terhadap perkembangan bahasa mereka. 

IV.          Fungsi dan Manfaat

1. Fungsi adalah sebagai sarana penunjang pengembangan keterampilan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia mahasiswa disemua jurusan FKIP-UNIKU.

2. Manfaatnya adalah sebagai media untuk mengembangkan dan meningkatkan skill kebahasaan dan literature mahasiswa.

V.           Cara penggunaan Laboratorium.

Cara penggunaan Laboratorium ini cukup sederhana. Kita hanya tekan handel pusat dan semuanya langsung ON serta siap dioperasikan. Interaksi antara instruktur  dan mahasiswa juga dapat dilakukan dengan efektif.