BIMBINGAN DAN KONSELING


BIMBINGAN DAN KONSELING

UNIKU menyediakan Unit Bimbingan dan Konseling bagi mahasiswa yang memiliki masalah terkait masalah akademik maupun non akademik. Unit Bimbingan dan Konseling UNIKU dikelola dan diasuh oleh Tim Bimbingan dan Konseling Mahasiswa yang terdiri dari beberapa dosen UNIKU (Konselor) dan beberapa Psikolog. Unit bimbingan dan konseling mahasiswa bertujuan untuk :

 

 

    1. Melayani konsultasi mahasiswa yang terkait dengan masalah akademik seperti kesulitan dalam mengikuti proses belajar di UNIKU,
    2. Memberikan bantuan pemecahan masalah non akademik bagi mahasiswa UNIKU seperti penyesuaian kehidupan di kampus (terutama bagi mahasiswa tingkat pertama) maupun masalah pribadi yang dapat berpengaruh terhadap kelangsungan studi di UNIKU.

Unit Bimbingan dan Konseling bagi mahasiswa yang memiliki masalah terkait masalah akademik berupa proses bantuan dosen Pembimbing Akademik (PA) kepada para mahasiswa. Layanan tersebut meliputi masalah-masalah akademik guna peningkatan keberhasilan studi mahasiswa. Layanan bimbingan akademik mahasiswa ini diberikan kepada seluruh mahasiswa yang berorientasi kepada pengembangan potensi mahasiswa menjadi pribadi  mandiri.

Selama mengikuti kuliah di UNIKU, mahasiswa dibimbing dan didampingi oleh seorang dosen PA. Pembimbingan dan pendampingan diberikan dalam bentuk konsultasi baik secara individu maupun kelompok. Pembimbingan dilakukan secara terjadwal atau berdasarkan kebutuhan mahasiswa guna meraih sukses.

Layanan bimbingan akademik dilakukan dengan cara berkomunikasi langsung antara dosen PA dengan mahasiswa. Komunikasi ini dimaksudkan untuk mengetahui perkembangan kemajuan mahasiswa dibidang kurikuler, ko kurikuler dan ekstra kurikuler.

Unit Bimbingan dan Konseling Mahasiswa yang memiliki masalah terkait non akademik berupa lembaga Bimbingan dan Konseling Mahasiswa (BKM) yang dibentuk di tiap fakultas di UNIKU sebagai wadah untuk memberikan bantuan psikologis kepada mahasiswa UNIKU yang menghadapi masalah, terutama yang bersifat non akademis, seperti masalah pribadi, keluarga maupun karir. Tujuan konseling adalah membantu mahasiswa memahami masalah yang sebenarnya serta memperoleh cara pemecahan yang terbaik, demi kelancaran studinya.