Workshop PTK, Uniku Datangkan Ahli Bahasa Dari University of York


Workshop PTK, Uniku Datangkan Ahli Bahasa Dari University of York

UNIKU JAYA - Universitas Kuningan (Uniku) bekerjasama dengan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) mengundang ahli Pendidikan Bahasa Inggris dari The University of York, Inggris, Andrzej Cirocki, Ph.D, untuk menjadi narasumber utama dalam Workshop tentang “Action Research for Indonesian EFL Practitioners”. Sebuah program yang dirancang sebagai ajang pelatihan penelitian tindakan kelas (PTK) bagi para pengajar Bahasa Inggris di Indonesia yang akan digelar pada Sabtu, 26 Agustus 2017 di Ballroom Purnama Mulia Hotel, Jl. Raya Cigugur KM. 1.5 Cigugur, Kuningan, Jawa Barat.

“Program ini dirancang untuk meningkatkan profesionalisme para pengajar Bahasa Inggris baik guru, dosen maupun instruktur kursus. Melalui riset tindakan kelas, para pengajar Bahasa Inggris bisa melakukan refleksi atas apa yang telah dilakukan sehingga performa pengajar Bahasa Inggris mereka bisa lebih baik dengan mengevaluasi aspek-aspek pedagogik maupun metodik yang selama ini dilakukan,” ujar Fahrus Zaman Fadhly, Ketua Panitia Workshop Action Research for Indonesian EFL Practitioners.

Penelitian Tindakan Kelas, jelas Fahrus, adalah metode untuk mencari tahu apa yang terbaik di kelas sehingga para pengajar dapat memperbaiki pembelajaran siswa.

“Ada banyak cara untuk meningkatkan pengetahuan tentang pengajaran. Banyak guru mempraktikkan refleksi pribadi pada pengajaran, yang lain melakukan studi empiris formal tentang pengajaran dan pembelajaran,” ujar Fahrus yang juga pengajar di Progran Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (PBI FKIP) Uniku.

Sebagaimana umumnya penelitian tindakan, jelas dia, bertujuan untuk memecahkan masalah secara langsung atau proses reflektif penyelesaian masalah yang dipimpin oleh individu yang bekerja dengan orang lain dalam tim atau sebagai bagian dari tim pengajar untuk memperbaiki cara mereka mengatasi masalah dan memecahkan masalah dalam pengajaran dan pembelajaran.

“Andrzej Cirocki merupakan sosok pakar di bidang pengajaran bahasa, metodologi pengajaran Bahasa Inggris untuk keperluan akademik, metode riset di bidang pengajaran dan pembelajaran bahasa akan memberi warna tersendiri bagi peningkatan pengajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing di Indonesia,” tuturnya.

Figur Andrzej Cirocki, memulai karirnya sebagai guru dan menjadi dosen di The University of York, Inggris. Sebelumnya ia mengajar Linguistik Terapan dan Pengajaran Bahasa Inggris di Anglia Ruskin University, Cambridge.

Gelar MA-nya di bidang Filologi Bahasa Inggris dan PhD-nya di bidang Linguistik atau TEFL (Teaching English as a Foreign Language) dari Adam Mickiewicz University, Polandia. Dia juga memiliki gelar MA di bidang Linguistik Terapan dan TEFL dari University of Portsmouth, Inggris.

“Andrzej Cirocki juga guru dan pengajar CELTA atau Certificate in Teaching English to Speakers of Other Languages. Dia juga Editor-in-Chief dari The European Journal of Applied Linguistics dan TEFL. Karena itu, sayang bila forum ini dilewatkan begitu saja oleh para pengajar bahasa Inggris di Indonesia ” ujarnya.

Bagi guru atau dosen yang berminat mengikuti acara tersebut bisa menghubungi nomor telfon atau pesan whatsapp ke 08112226119 (Nita) atau 08112200850 (Asep)
Dengan biaya hanya Rp. 150.000, peserta disediakan makan siang, coffee break dan sertifikat dan bisa ditransfer ke Rekening BNI 0338865869 a.n Nita Ratnaningsih.

(Sumber : Jabartoday.com)