Uniku Kembali Gelar Wisuda ke-21


Uniku Kembali Gelar Wisuda ke-21

UNIKU JAYA - Universitas Kuningan (Uniku) kembali melaksanakan Upacara Wisuda pada Selasa (29/08/2017), bertempat di Gedung Student Center Iman Hidayat Kampus 1 Universitas Kuningan (Uniku). Sebanyak 817 wisudawan-wisudawati turut menghadiri Upacara Wisuda Ke-21 Universitas Kuningan ini. Selain itu hadir juga tamu undangan lainnya, diantaranya Wakil Bupati Kuningan Dede Sembada, ST., dan seluruh anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Kuningan, Perwakilan DPRD Kabupaten Kuningan, Ketua Kopertis Wilayah IV Jawa Barat dan Banten, Ketua Dewan Pembina Djuhari Karnawisastra, M.Pd., Dewan Pengawas, dan Dewan Pengurus Ketua Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan (YPSAK) Uri Syam, SH., MH., Ketua dan anggota Senat Universitas, Ketua dan anggota Dewan Pertimbangan, Ketua GOW Kabupaten Kuningan Rini Sujiyanti, MM., Pimpinan Perguruan Tinggi mitra, Pimpinan Bank BNI Kuningan, Pimpinan Bank BJB Kuningan, Perwakilan dari Baznas Kabupaten Kuningan dan Majalengka, orang tua wisudawan, serta tamu undangan lainnya.

 

Upacara Wisuda yang diikuti 817 orang ini disambut oleh upacara penyambutan mapag calon wisudawan dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Dapur Sastra Universitas Kuningan. Ke 817 orang itu terdiri atas, jenjang Magister sebanyak 86 orang lulusan, jenjang Diploma III sebanyak 9 orang lulusan dan 722 orang lulusan jenjang Sarjana. Dari jumlah wisudawan yang dilepas pada hari ini, sebanyak 161 orang lulus dengan predikat dengan pujian “Cum Laude. Dan rasanya tidaklah berlebihan, jika kita memberikan apresiasi khusus kepada 161 orang lulusan cum laude tersebut. Mereka adalah para lulusan dari Sekolah Pascasarjana sebanyak 21 orang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) 57 orang, dari Fakultas Ekonomi (FE) 67 orang, dari Fakultas Kehutanan (Fahutan) sebanyak 7 orang, dari Fakultas Ilmu Komputer (FKOM) sebanyak 6 orang dan dari Fakultas Hukum (FH) sebanyak 3 orang.

Rektor Universitas Kuningan, Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., membuka secara resmi acara sidang terbuka Universitas Kuningan (Uniku), yang dirangkai dengan sejumlah acara lainnya. Surat Keputusan (SK) Rektor tentang pengukuhan lulusan dibacakan oleh Wakil Rektor I Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Anna Fitri Hindriana, M.Si. Dilanjutkan dengan pengesahan 161 wisudawan lulusan terbaik, baik IPK (cum laude) dan juga yang sangat memuaskan oleh Rektor dan Wakil Rektor I Uniku.

Rektor Universitas Kuningan, Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., dalam sambutannya, mengatakan, melalui forum yang terhormat ini, perkenankanlah kami secara pribadi maupun mewakili Universitas Kuningan (Uniku), menjadi pihak pertama yang mengucapkan selamat kepada para wisudawan-wisudawati, yang Insya Allah mulai hari ini, akan menyandang gelar Magister maupun Sarjana.

“Sejujurnya, momen ini masih terasa sangat istimewa karena kami berkesempatan menatap mata ratusan wisudawan. Meskipun kejadian ini berulang setiap tahun, selalu ada semangat dan harapan yang kita bisa nikmati dari tatapan mata para wisudawan pada hari ini. Ketika hari ini saudara menutup pengalaman belajar saudara di Uniku, pada saat yang bersamaan, saudara juga membuka penggalan pengalaman baru yaitu pengalaman sebagai seorang lulusan Uniku yang akan berkiprah dan berkarya dalam pembangunan bangsa,” tuturnya.

Pada tahun 2017 ini, Alhamdulillah Uniku mendapat kepercayaan untuk menyelenggarakan 2 Prodi baru yaitu Magister Manajemen (S2) dan Desain Komunikasi Visual (DKV) jenjang S1. Dari 16 Prodi yang sudah ada sebelumnya, 10 Prodi terakreditasi B, 1 Prodi terakreditasi A, 3 Prodi sedang re-akreditasi menuju B serta 2 Prodi masih terakreditasi C. Selain akreditasi program studi, Uniku juga berkomitmen untuk segera mengajukan “Akreditasi Insitusi”.

“Insya Allah, mohon doanya di akhir tahun ini kami akan mengajukan akreditasi institusi dan mudah-mudahan mendapatkan peringkat akreditasi yang sesuai dengan harapan bersama. Dengan demikian, diharapkan di akhir tahun 2018 kami memiliki 15 Prodi yang minimal terakreditasi B,” harapnya.

Lebih lanjut, dibidang kerjasama, penelitian dan publikasi jurnal dan peningkatan kualitas akademik, Dikdik menjelaskan, kami terus berupaya untuk memperluas networking dengan berbagai lembaga dalam rangka penguatan mutu di Universitas Kuningan baik di dalam negeri maupun luar negeri. Sebanyak 51 dari 166 orang dosen tetap yang sedang melaksanakan studi S3 di dalam negeri maupun luar negeri.

“Dari penelitian dan publikasi jurnal, Uniku saat ini dengan jurnalnya “English Review” sudah terindeks di DOAJ dan sedang berproses untuk terindeks scopus. Dari kerjasama, Uniku baru saja mengirimkan 5 orang mahasiswa terbaiknya untuk mengikuti program “UUM International Summer Programme” di negeri jiran Malaysia. Dan kita juga dalam waktu dekan akan mengirimkan 2 mahasiswa terbaik keluar negeri (PSU Thailand) dan 2 orang mahasiswa mengikuti program Permata di Riau selama satu semester,” jelasnya.

Sedangkan, Ketua Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan (YPSAK) Drs. Uri Syam, SH., MH., mengatakan, secara pribadi dan atas nama Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan, kami mengucapkan selamat kepada para wisudawan. Begitu pun kepada segenap keluarga wisudawan, selamat berbahagia serta terimakasih atas kepercayaan dan dukungan serta kerjasama Bapak-Ibu sekalian, sehingga Uniku berhasil mengantarkan putera puteri tercinta meraih jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

“Dengan berbekal ilmu yang telah dimiliki para wisudawan, diharapkan, dapat tampil di masyarakat sebagai sumber daya manusia yang lebih berguna, lebih bermutu dan professional. Sebagai alumni Uniku, hendaknya benar-benar menjadi insane yang memiliki integritas pribadi yang berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Dengan begitu, kiranya para alumni Uniku memiliki kemampuan daya saing dengan lulusan perguruan tinggi lainnya,” tuturnya.

Alhamdulillah perkembangan Uniku dari tahun ke tahun tampak nyata korelasinya dengan tahap program yang dicanangkan dalam kerangka Rencana Strategis Uniku menuju visi 2030. Kami selaku penyelenggara mengapresiasi setiap langkah Uniku yang indikator capaiannya benar-benar terukur yang relative sesuai target.

“Seperti meningkatnya peringkat nilai akreditasi pada sebagian besar Program Studi, meningkatnya kuantitas dan kualitas Dosen serta Tenaga Kependidikan, semakin terpenuhinya kelengkapan sarana dan prasarana pendidikan tinggi yang diperlukan. Meningkatnya fasilitas pelayanan edukatif dan non edukatif bagi peserta didik seperti penyediaan lahar parkir di Kampus 1 yang lebih representatif, penataan kebersihan dan keindahan lingkungan kampus yang makin nyaman,” jelasnya.

Dalam perkembangan terakhir Uniku telah menunjukan kemantapan secara institusi untuk siap menjalani akreditasi kelembagaan, yang kami optimis langkah ini akan menjadi peluang naiknya peningkat Uniku. Tentunya capaian tersebut berkat keberhasilan Uniku dalam membangun sistem organisasi dan tata kelola yang efektif melalui perwujudan RIP dan Statuta Uniku maupun kebijakan-kebijakan Yayasan lainnya selaku badan penyelenggara.

Sebelum menutup sambutan ini secara khusus kami sampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Kuningan khususon Bupati Kuningan Bapak H. Acep Purnama, SH., MH., (yang diwakili oleh Wakil Bupati Kuningan Dede Sembada, ST.,) serta DPRD yang telah mendorong, memfasilitasi dan memberikan bantuan untuk pengembangan Uniku yang sejak cikal bakalnya tahun 1979 sampai dengan sekarang tidak lepas dari peran Pemerintah Daerah baik formal maupun tidak formal melalui para pejabatnya. Demikian pula kepada Koordinator Perguruan Tinggi Wilayah IV Jabar dan Banten yang senantiasa memberikan bimbingan dan pembinaan serta pengawasannya sehingga Uniku dapat mengalami kemajuan seperti keadaannya sekarang ini,” pungkasnya.