Tarung Derajat Gelar Penyabukan dan Latihan Alam di Bakom


Tarung Derajat Gelar Penyabukan dan Latihan Alam di Bakom

UNIKU JAYA – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Tarung Derajat Satlat Universitas Kuningan (Uniku) telah menggelar kegiatan penyabukan dan latihan alam pada akhir pekan kemarin. Kegiatan tersebut, rutin diselenggarakan setelah ujian kenaikan sabuk atau tingkat yang berlangsung selama 4-6 bulan sekali.

“Sebenarnya ujian dan penyabukan tidaklah berbeda. Hanya, kalau ujian sifatnya menguji materi seperti tendangan, pukulan, bantingan, kuncian atau hapalan jurus. Sedangkan penyabukan lebih ke menguji mental, fisik dan perjuangan mereka (anggota) untuk meraih sabuk,” kata Fadzri Fauzi selaku Pelatih Tarung Derajat Satlat Uniku saat dimintai keterangannya, Jumat (23/02/2018).

Di penyabukan, dirinya beserta jajaran pengurus UKM Tarung Derajat Satlat Uniku memilih tempat di Desa Bakom Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan.

“Kegiatan ini dimulai dari jam 3 pagi sampai dengan jam 5 sore pada tanggal 17-18 Februari 2018 kemarin itu, para anggota lari mengelilingi Waduk Darma dan dilanjutkan dengan berlatih diatas lumpur,” jelasnya.

Ditambahkannya, dengan diadakannya kegiatan tersebut, diharapkan para anggota lebih kuat fisik dan mentalnya serta mereka sadar untuk meraih sesuatu (sabuk) itu memerlukan perjuangan sama seperti halnya dengan perjuangan hidup.

“Semoga, kegiatan ini bisa bermanfaat dan bisa selalu rutin diselenggarakan secara konsisten karena kami juga tengah mempersiapkan atlet-atlet untuk kejuaraan mahasiswa di Universitas Pakuan (Unpak) Bogor yang akan dilaksanakan pada bulan Mei mendatang,” harapnya.