Sapur Bersih E'CON 2018, EDS UNIKU Jaga Tradisi Juara


Sapur Bersih E'CON 2018, EDS UNIKU Jaga Tradisi Juara

UNIKU JAYA - Gelaran English Competition (E'Con) 2018 kembali digelar oleh Himpunan Mahasiswa (Hima) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Lomba bahasa Inggris yg digelar untuk berbagai tingkatan pendidikan, mulai dari tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) hingga Perguruan Tinggi tersebut, meliputi berbagai bidang lomba seperti Speech dan Debate.

Di kategori mahasiswa, lomba hanya dihelat dalam bidang pidato (Speech). Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang tergabung dalam English Debating Society (EDS) Universitas Kuningan (Uniku) sebagai UKM yg bergelut di dalam bidang Bahasa Inggris ikut turun dalam ajang tersebut.

“EDS Uniku mengirimkan empat (4) orang wakilnya dalam ajang kompetesi tersebut. Keempat orang mahasiswa dan mahasiswi tersebut adalah Ari Khaerudin dari Program Studi (Prodi) Akuntansi Fakultas Ekonomi (FE), Galang dan Dahrul Mukmin dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), dan Vierda dari Prodi Manajemen. Mereka berempat merupakan mahasiswa dan mahasiswi pilihan dari hasil seleksi UKM EDS Uniku yg di helat sebulan lalu,” kata Nursidik selaku President UKM EDS Uniku ketika dimintai keterangannya, Kamis (22/02/2018).

Pada tahun ini, E'CON nama popoler kompetisi tersebut, dihelat dalam level tingkat Provinsi Jawa Barat yang diikuti berbagai mahasiswa, dari berbagai perguruan tinggi seperti IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Unswagati dan Wiralodra.

“Alhamdulillah, di tahun 2018 ini UKM EDS Uniku berhasil menyapu bersih gelar dalam kompetisi yang lebih dikenal dengan nama E'CON tersebut. Uniku menempati posisi posisi 1,2 dan 3 atas nama Vierda (Manajemen), Galang (PBI), dan Ari Khaerudin (Akuntansi). Sementara posisi ke 4 dan ke 5 diisi oleh Perwakilan dari Universitas Wiralodra dan Unswagati Cirebon,” ujarnya.

Ditambahkannya, hasil positif yang diraih oleh tim EDS Uniku pada tahun ini, tidak terlepas dari latihan keras dan disiplin tinggi selama proses latihan. Serta, dukungan penuh dari Universitas Kuningan (Uniku) terhadap mahasiswa dan mahasiswinya.

“Terimaksih, saya sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu dan mendoakan kami sehingga bisa meraih hasil yang positif dan membanggakan tersebut. Ini adalah berkat kerja keras dari teman-teman semuanya serta dukungan penuh dari Uniku,” tambahnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi dan menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pencapaian prestasi yang sangat membanggakan dan mengahrumkan nama Universitas Kuningan (Uniku) di tingkat regional atau di tingkat Provinsi Jawa Barat.

“Saya sampaikan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada adinda Vierda, Galang dan Ari Khaerudin atas raihan capaian prestasi yang sangat luar biasa dengan meraih masing-masing juara 1, 2 dan 3 dalam kejuaraan tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2018 dalam gelaran E’CON yang diselenggarakan oleh Hima PBI IAIN Syech Nurjati Cirebon. Ini bisa dikatakan sebagai raihan prestasi dengan menjaga “tradisi juara” dalam kompetisi tersebut,” tuturnya.

Lebih jauh, dengan raihan prestasi yang sangat membanggakan dan mengharumkan nama Uniku di tingkat reginal (Provinsi) tersebut, diharapkan bisa memberikan suntikan motivasi bagi para mahasiswa dan mahasiswi lainnya yang ada di Uniku untuk meraih prestasi lainnya baik di tingkat Kabupaten, Regional maupun di tingkat nasional, bahkan bila perlu di tingkat internasional.

“Baru saja kemarin mendapatkan kabar mahasiswa dan mahasiswi Uniku meraih kejuaraan pencak silat tingkat nasional. Hari ini, kembali mahasiswa dan mahasiswi Uniku berhasil meraih juara 1,2 dan 3 dalam ajang pidato bahasa inggris di IAIN Syech Nurjati Cirebon. Ini membuktikan, bahwa kualitas mahasiswa dan mahasiswi Uniku mampu bersaing dengan mahasiswa dan mahasiswi yang ada di kota-kota besar. Namun, dirinya berpesan, agar selalu tetap rendah hati dan terus rajin berlatih dengan keras, sehingga raihan prestasi demi prestasi bisa kembali diraih,” pungkasnya.