Ratusan Mahasiswa Ikuti Workshop Kewirausahaan


Ratusan Mahasiswa Ikuti Workshop Kewirausahaan

UNIKU JAYA – Sebanyak 533 mahasiswa dari Program Studi (Prodi) Manajemen Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Kuningan (Uniku), mengikuti kegiatan “Workshop Kewirausahaan” yang menghadirkan dua (2) narasumber dari Pesantren Bisnis Indonesia (PBI) Ust. Arif Abu Syamil dan Suseno Budi Prasetyo di Gedung Student Center Iman Hidayat Kampus 1, Selasa (28/11/2017).

Selain menggelar kegiatan workshop kewirausahaan, pada hari ini juga disela-sela acara pembukaan, dilakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) kerjasama antara Fakultas Ekonomi (FE) melalui Prodi Manajemen dengan pihak Pesantren Bisnis Indonesia (PBI).

Rina Masruroh, M.ESy., ketika ditemui disela-sela acara tersebut, mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk respon dari Prodi Manajemen atas peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap Prodi Manajemen. Maka lulusan dari Prodi Manajemen harus memiliki soft skill yang unggul yaitu wirausaha.

“Mengambil pengalaman dari berbagai workshop, seminar dan bahkan pelatihan wirausaha, mayoritas peserta termotivasi ketika mengikuti kegiatan tersebut. Tetapi, setelah kegiatan itu berakhir atau selesai, kembali lagi ke mindset seperti semula. Maka dari itu, Prodi Manajemen merancang kerjasama dengan Pesantren Bisnis Indonesia (PBI) melalui MoU pengembangan wirausaha mahasiswa dengan tujuan dan fokus utama pendampingan wirausaha mahasiswa oleh pengusaha muslim sukses yang tergabung dalam PBI tersebut,” tuturnya.

Dari kegiatan workshop kewirausahaan ini nantinya, akan dikerucutkan menjadi 30 orang peserta angkatan pertama yang secara serius dan akan didampingi usahanya oleh PBI dengan target sebelum mereka lulus sudah memiliki penghasilan sendiri.

“Semoga, kegiatan yang rencananya akan diselenggarakan setiap tahunnya tersebut, diharapkan sesuai dengan maksud dan tujuan kita bersama dalam rangka mempersiapkan calon lulusan yang berkualitas dan memiliki jiwa untuk berwirausaha,” harapnya.

Sedangkan, Dekan Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Herma Wiharno, M.Si., dalam sambutannya, mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi dan menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya bagi Prodi Manajemen yang telah mempersiapkan kegiatan workshop kewirausahaan ini dengan matang sehingga bisa terlaksana dengan baik.

“Terimakasih saya sampaikan kepada Prodi Manajemen yang telah mempersiapkan kegiatan ini dengan matang sehingga bisa berjalan dengan baik, lancar dan sukses. Serta saya ucapkan, selamat datang kepada dua (2) narasumber yakni ust. Arif dan Suseno Budi Prasetyo di kampus kebanggannya masyarakat Kabupaten Kuningan,” tuturnya.

Herma berharap, dengan perdananya kegiatan workshop kewirausahaan ini diselenggarakan, diharapkan kegiatan seperti ini mampu secara konsisten diselenggarakan setiap tahunnya oleh Prodi Manajemen. Mengingat, banyak sekali manfaatnya bagi para calon lulusan. Perlu diketahui, agenda hari ini adalah workshop kewirausahaan dan penandatanganan MoU.

“Mereka dipersiapkan dan dibekali untuk menjadi seorang wirausaha. Untuk itu, betapa pentingnya kegiatan seperti ini, maka harus dengan konsisten dilaksanakan setiap tahunnya oleh Prodi Manajemen. Apalagi, sekarang sudah ditandangani nota kesepahaman kerjasama tersebut,” harapnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., dalam sambutannya, mengatakan, kegiatan-kegiatan seperti ini dirasa akan banyak manfaatnya dan sangat penting sekali dalam rangka mempersiapkan dan membekali para calon lulusan Uniku.

“Workshop kewirausahaan ini banyak manfaatnya dan penting sekali bagi para mahasiswa dan mahasiswi sebagai calon lulusan. Ini salah satu langkah dalam mempersiapkan para calon lulusan untuk wirausaha. Perlu diketahui, di Uniku ketika masih menjadi mahasiswa, adanya bussines plan competition dan adanya bantuan modal dari Pusat Kewirausahaan Mahasiswa (PKM). Itu menjadi salah satu bagian dari upaya untuk menanamkan jiwa wirausaha di kalangan mahasiswa,” tuturnya.

Dikdik berharap, dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut, diharapkan para mahasiswa berani untuk berwirausaha agar bisa membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain dan bukan hanya sebagai pencari pekerjaan saja.

“Mudah-mudahan, dari kegiatan workshop kewirausahaan yang diselenggarakan pada hari ini, para mahasiswa dibukakan wawasannya dan bertambahnya ilmu mengenai wirausaha sehingga setelah lulus dari kampus ini bisa untuk berwirausaha,” harapnya.