Ratusan Mahasiswa Ikuti Pembekalan Praktek PengalamanLapangan (PPL) 2017


Ratusan Mahasiswa Ikuti Pembekalan Praktek PengalamanLapangan (PPL) 2017

UNIKU JAYA – Sebanyak 432 peserta mengikuti kegiatan pembekalan praktek pengalaman lapangan (PPL) yang diselenggarakan oleh Unit Praktek Keterampilan Mengajar (PKM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kuningan (Uniku). Acara yang dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan Dr. Dian Rahmat Yanuar, M.Si.,  dimulai pukul 09.00 – 12.00 WIB bertempat di Gedung Student Center Iman Hidayat Kampus I Universitas Kuningan (Uniku).

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kuningan (Uniku) Yeyen Suryani, M.Pd., Senin (15/05/2017), mengatakan, kegiatan PPL ini merupakan sarana pelatihan bagi mahasiswa dalam menerapkan berbagai pengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam rangka pembentukan guru professional.

“Kegiatan PPL ini bertujuan untuk melatih para mahasiswa calon guru agar memiliki kemampuan aplikatif dan terpadu melalui kegiatan mengajar maupun tugas-tugas keguruan lainnya,” tuturnya.

Ke 432 orang mahasiswa ini akan melaksanakan Program Pengalaman Lapangan (PPL) selama 2,5 bulan mulai tanggal 11 September sampai dengan 30 November 2017 dan tersebar di 36 sekolah yang ada di Kabupaten Kuningan yaitu 17 Sekolah Dasar (SD), 6 Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan 13 Sekolah SMA dan SMK.

“Mereka akan mengikuti kegiatan PPL ini selama 2,5 bulan dan tersebar di 36 sekolah yang ada di Kabupaten Kuningan,” jelasnya.

Sedangkan, Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., dalam sambutannya, mengatakan, kegiatan pembekalan praktek pengalaman lapangan (PPL) ini saya kira sangat bermanfaat sekali bagi para calon guru professional agar dengan sedini mungkin untuk mempersiapkannya.

“Iya, kegiatan ini akan sangat bermanfaat sekali dalam rangka mempersiapkan calon-calon guru yang professional,” tuturnya.

Selain itu, Dikdik berharap, dengan diselenggarakannya kegiatan seperti ini, diharapkan ke depannya setelah nanti mahasiswa tersebut dinyatakan lulus sebagai sarjana pendidikan, sudah memiliki pengalaman lapangan menjadi seorang guru.

“Semoga, kegiatan pembekalan ini bisa bermanfaat untuk kita semua,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan Dr. Dian Rahmat Yanuar, M.Si., mengatakan, kegiatan program pengalaman lapangan merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilaksanakan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

“Kegiatan PPL ini merupakan sarana pelatihan bagi mahasiswa dalam menerapkan berbagai pengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam rangka pembentukan guru yang professional dan teladan,” tuturnya.

Diakhir sambutannya, Dian juga memberikan motivasi atau semangat bagi para peserta yang hadir dalam pembekalan PPL FKIP Uniku tersebut.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan Dr. Dian Rahmat Yanuar, M.Si., Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., Dekan FKIP Yeyen Suryani,M.Pd., Wakil Dekan I FKIP Dadang Solihat, M.Pd. BI., Kepala dan Sekertaris Unit Praktek Keterampilan Mengajar (PKM) FKIP, Ketua dan Sekertaris Program Studi (Prodi), Dosen dan Staf Tenaga Kependidikan yang ada di Lingkungan FKIP serta tamu undangan lainnya.