Rapat Kerja Universitas Kuningan 2011


Rapat Kerja Universitas Kuningan 2011

Dengan mengucapkan Alhamdulillahi Robbil Alamin, rapat kerja Universitas Kuningan 2011-2012 telah selesai dilaksanakan pada hari kamis tanggal 25 Agustus 2011. Bertempat di Gedung Student Center Iman Hidayat Kampus I Universitas Kuningan dan dihadiri oleh para pimpinan baik pimpinan Universitas, Fakultas, dan Program Studi. Dalam rapat kerja kali ini berlangsung singkat namun sangat efektif, yaitu dimulai dari pukul 14.00 hingga pukul 16.30.

Kesempatan pertama adalah pembukaan oleh Rektor Universitas Kuningan dan dilanjutkan dengan laporan kerja tahun akademik 2011-2012. 

Berikut adalah beberapa point laporan yang disampaikan oleh Rektor dalam raker Uniku 2011-2012 :

 

  1. Tahun akademik 2011-2012 telah dilalui dengan baik dan selamat, dengan capaian-capaian yang cukup memberikan harapan, dimana jumlah mahasiswa baru tahun ini relative stabil walaupun adanya isu perguruan tinggi pesaing dan munculnya kompetitor baru yang cukup menggangu.
  2. Tantangan kedepan semakin besar dan berat karena pada tahun ini ada beberapa target yang ditetapkan pemerintah yang harus dipenuhi perguruan tinggi.
  3. Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT) yang telah diresmikan pemerintah pada tahun ini dengan konsekuensi pemutakhiran data dosen yang sudah masuk Dikti harus segera ditindaklanjuti, karena banyak prodi yang rasio dosen – mahasiswanya menjadi tidak valid.
  4. Bulan Maret 2012 merupakan tonggak yang ditetapkan Dikti untuk pemurnian EPSBED.
  5. Laporan 2010-2011 semester 2 harus segera masuk melalui kopertis.
  6. Akreditasi dari BAN PT menjadi instrumen penting, selain dijadikan indicatormutu juga dijadikan syarat utama untuk mendapatkan hibah. Saat ini pun UNIKU ditawarkan untuk mengikuti akreditasi institusi.
  7. Perhatian khusus untuk mewujudkan ciri Perguruan Tinggi unggul difokuskan pada masalah SDM, khususnya dosen. Dengan melihat kuantitas, kualitas, kualifikasi akademik, jabatan akademik dari para dosen harus mendapat perhatian penuh dari semua level manajemen.
  8. Penyusunan anggaran harus segera disusun dan sedapat mungkin mekanismenya bersifat “buttom up”, karena itu setiap unit organisasi diminta untuk segera mengusulkan rencana anggaran yang berbasis kinerja.
  9. Hal lain yang juga mendapatkan perhatian khusus adalah masalah kompensasi bagi karyawan yang terkait erat dengan pajak penghasilan. Program Simpanan Hari Tua (SHT) sangat positif dan perlu diteruskan, sementara program-program lain yang berhubungan dengan kenyamanan bekerja seperti program asuransi harus mulai dipikirkan.
  10. Dalam rangka penjaminan mutu perlu dirumuskan format penilaian kinerja dosen dan karyawan, yang kedepannya akan dikaitkan dengan kompensasi.
  11. Mencari dana yang bersumber non mahasiswa (seperti hibah), perlu terus menerus diupayakan dengan tetap menjaga kehati-hatian. Dalam hal ini dihimbau unit terkait harus terus menerus memantau “website” Dikti.
  12. Diupayakan untuk meningkatkan kerja sama dengan pihak lain, dimana kerjasamanya harus bermanfaat bagi peningkatan dan kemajuan Universitas.

 

Dari hasil raker ini Rektor mengharapkan kedepannya, dari semua fakultas dan unit-unit di Universitas memiliki “Program Kerja” yang jelas. 

Dikesempatan ke dua di isi oleh Pembantu Rektor I, yang presentasi laporannya banyak membahas masalah akademik dan peningkatan kinerja atau prestasi baik dosen, karyawan maupun peningkatan prestasi mahasiswa.

Berikut beberapa point yang disampaikan Pembantu Rektor I :

 

  1. Penekanan pada penguatan struktur dan pengembangan kultur akademik di Uniku telah menunjukan sesuatu kemajuan, meskipun belum sampai dengan tujuan / sasaran yang telah ditetapkan raker sebelumnya. (Solusinya, perlu adanya penyelarasan antara aspek nomotetis dengan aspek ideografis seluruh civitas akademika agar terwujud budaya akademik yang kuat dengan yang lebih akomodatif dalam pelaksanaanya).
  2. Pada bidang penelitian dan pengabdian pada masyarakat perkembangan terjadi dalam hal kuantitas dan kegiatan, dimana naik 6 kegiatan disbanding tahun lalu.

 

Dibutuhkan tekad dan komitmen bersama kepada seluruh civitas akademika UNIKU untuk tetap istiqomah dalam mencapai setahap demi setahap sesuai denga kapasitas dan prioritas, secara keseluruhan dari apa yang telah direncanakan dan diinginkan bersama.

Dikatakan pula bahwa perlu adanya penataan dan pengembangan institusi structural organisasi Uniku serta SDM pendidikan baik pada tataran fungsional, sumber daya fisik dan keuangan secara simultan, agar tidak terjadi kesenjangan sumberdaya dalam pelaksanaanya dengan penguatan compliance pada sistem yang telah dibuat, namun tetap kreatif dalam pelaksanaanya, sehingga pencapaian tujuan yang telah disepakati dalam raker dapat terlaksana secara terpadu, efektif, dan efisien.

Selain itu pula Pembantu Rektor I mengatakan bahwa saat ini isu yang sedang trend pada istitusi kita (Uniku) ini adalah pada masalah “Krisis Kepatuhan”. Bisa juga diartikan masalah kepatuhan terhadap aturan/ kebijakan sistem yang harus dijalankan.

Dalam konteks manajemen mutu, lebih menitik beratkan pada pendidikan dan pelatihan yang dianggap sebagai bagian yang terpenting, sebagai prosesnya harus dilakukan perbaikan secara terus menerus.

Pada akhir presentasinya Purek I menghimbau dan menggaris bawahi agar seluruh civitas akademika memperhatikan standar (IO Standar) yang sudah dirumuskan/ dibuatkan buku nya yang bisa dijadikan acuan mengenai hal-hal yang berhubungan dengan SK tentang standar-standar di lingkungan UNIKU, dan ditekankan kembali bahwa semua civitas agar melakukan implementasi dari standar-standar tersebut.

Kesempatan selanjutnya diisi oleh Pembantu Rektor II, yang pad presentasinya banyak menyoroti kebijakan-kebijakan dibeberapa bidangnya diantaranya :

Bidang Keuangan

Dalam bidang keuangan Pembantu Rektor II selalu menghimbau dan menyaratkan agar penggunaan anggaran dimanfaatkan berdasarkan azas efisiensi dan efetivitas, dimana setiap penerimaan dan penggunaan dana harus dibukukan dan dipertanggungjawabkan disertai bukti-bukti yang sah sesuai prinsif akuntabilitas.Juga mengingatkan kepada fakultas untuk memberikan laporan anggaran tahunan tepat waktu.

Disoroti juga mengenai :

 

  1. Besaran pungutan dan pemasukan dana
  2. Bantuan biaya pendidikan
  3. Kenaikan gaji berkala yang harus diajukan bagi masing-masing fakultas, juga kenaikan gaji pegawai dan dosen tetap yayasan serta tunjangan jabatan pegawai pada tahun Akademik 2011/2012, termasuk honor dan transportnya, juga akan diperhitungkan dengan kewajiban pembayaran pajak penghasilan yang bersangkutan.

 

Bidang Kepegawaian

Pada bidang ini Pembantu Rektor II banyak member penekanan dalam pemanfaatan pegawai, Dosen tetap yayasan dan Dosen DPK seoptimal mungkin sesuai prinsip efisiensi dan efektivitas untuk mencapai tujuan pendidikan pada Universitas Kuningan, dimana :

 

  1. Dosen tetap yayasan dan Dosen DPK wajib melaksanakan tugas mengajar 12 sks per minggu.
  2. Semua pegawai harus melaksanakan tugasnya 8 jam per hari dan diberikan job deskripsi yang jelas.

 

Sehubungan dengan diberlakukannya PPPT, maka setiap fakultas harus berusaha untuk mencukupi kebutuhan dosen pada semua prodi :

 

  • Semua dosen minimal harus sudah S2.
  • Rasio Dosen : Mahasiswa yaitu :

 

 

    1. Eksak 1 : 30
    2. Sosial 1 : 45

 

 

  • Merekrut dosen baru lulusan S2 yang sesuai.
  • Menyekolahkan dosen S1 dan S2 yang sesuai (linier).
  • Dosen yang telah diikat dalam rangka pembukaan prodi baru hendaknya diberikan tugas mengajar agar tidak dimanfaatkan dan lari ke tempat lain.
  • Mata kuliah yang di ampu hendaknya terarah pada spesialisasi.
  • Kehadiran dosen betul-betul dikontrol, karena dapat mempengaruhi kompensasi yang diterima.
  • Usaha pembinaan dosen dan pegawai hendaknya di laksanakan secara kontinyu dengan tugas yang jelas.
  • Menerapkan prinsip Rewards dan Punishment.
  • Terciptanya suasana yang kondusif dalam kerja, sehingga tercapai hasil kerja yang optimal sesuai dengan tujuan akhir yang diharapkan.

 

Bidang Sarana dan Prasarana

Dalam upaya memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan pada periode tahun akademik 2011/2012 akan tetap dilaksanakan penambahan ruang kuliah dan sarana/ prasarana pendidikan lainnya sesuai kemampuan keuangan yang ada maupun kemungkinan adanya bantuan-bantuan lain.

Dibahas juga mengenai pemanfaatan sarana/ prasarana yang ada agar digunakan seoptimal mungkin, efisiensi dan efektivitas penggunaan SUmber Daya ATK, air, listrik, dan telepon. Dan penegasan dalam pemeliharaan lingkungan di tiap fakultas yang berhubungan dengan kebersihan, keindahan dan keamanan dilingkungannya menjadi penutup presentasi Pembantu Rektor II.

Kesempatan terakhir pada Raker ini diisi oleh Pembantu Rektor II yang banyak membahas dan memberikan penekanan terhadap hard skills juga bagaimana caranya meningkatkan/ mengembangkan softskill bagi mahasiswa di Uniku. Karena disadari bahwa softskill ini merupakan factor penting untuk mempersiapkan mahasiswa dalam memasuki dunia dan usaha, serta meningkatkan kemandirian mahasiswa dalam bermasyarakat dan bersosialisasi dengan lingkungan.

Juga dalam presentasinya Pembantu Rektor II menjelaskan mengenai beberapa program lain pada Bidang Kemahasiswaan yang dilakukan kedepan. Program-program tersebut meliputi :

I. Program dibidang kemahasiswaan pada tahun 2011-2012 yang akan dilakasanakan meliputi beberapa kegiatan yang mencakup 3 bidang utama yaitu :

 

  1. Bidang Kelembagaan Organisasi Mahasiswa.
  2. Bidang Penalaran.
  3. Bidang Minat dan Kegemaran.
  4. Bidang Kesejahteraan Mahasiswa.

 

II. Program Bidang Kerjasama.

III. Program Bidang Hubungan dengan Masysrakat.