Menwa Gelar LKBB Tahun 2017


Menwa Gelar LKBB Tahun 2017

UNIKU JAYA – Puluhan pelajar dari tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) se-wilayah III Cirebon mengikuti kegiatan Lomba Keterampilan Baris Berbaris (LKBB) yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Resimen Mahasiswa (Menwa) Mahawarman Batalyon IX Sunan Gunung Jati di Kampus 1 Universitas Kuningan, Minggu (17/09/2017).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Bupati Kuningan Acep Purnama, SH., MH., DPP IARMI Jawa Barat, Rektor Universitas Kuningan (Uniku) yang diwakili oleh Dekan Fakultas Kehutanan (Fahutan) Dr. Toto Supartono, M.Si., DPkom Universitas Kuningan (Uniku), Perwakilan dari Kodim Kuningan, Perwakilan dari Kodim Majalengka, Perwakilan dari Arhanudse 14 Cirebon, Perwakilan dari organisasi mahasiswa (Ormawa) Universitas Kuningan (Uniku) dan tamu undangan lainnya yang hadir.

Menurut Ketua Pelaksana Lomba Keterampilan Baris Berbaris (LKBB) tahun 2017 Saepul Azis, mengatakan, Kegiatan LKBB ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Kuningan yang ke-519 dan sebagai salah satu upaya penerapan Bela Negara pada generasi muda.

“Alhamdulillah, untuk pesertanya sendiri pada kegiatan LKBB tahun ini, baik dari tingkat SMP/MTS dan SMA/SMK/MA cukup banyak peminatnya. Untuk kategori SMP/MTS/sederajat se-wilayah III Cirebon diikuti oleh 21 Sekolah dan untuk kategori SMA/SMK/MA/sederajat diikuti oleh 34 Sekolah se-wilayah III Cirebon,” tuturnya.

Bukan hanya pesertanya yang banyak saja, tetapi kegiatan LKBB ini merupakan salah satu kegiatan yang positif bagi para pelajar. LKBB bisa menumbuhkan jiwa kedisiplinan, memupuk rasa cinta tanah air dan rasa bela negara pada generasi muda sebagai generasi penerus bangsa ini.

“Semoga dengan disiplin, cinta tanah air, dan rasa bela Negara bisa membangkitkan semangat patriotisme dan nasionalisme pada generasi muda Indonesia khususnya generasi muda di Kabupaten Kuningan,”jelasnya.

Sedangkan, Rektor Universitas Kuningan (Uniku) yang diwakili oleh Dekan Fakultas Kehutanan (Fahutan) Dr. Toto Supartono, M.Si., mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan LKBB ini serta menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran panitia yang telah mempersiapkan kegiatan tersebut sehingga bisa berjalan dengan baik dan sukses.

“Terimakasih saya sampaikan kepada seluruh jajaran panitia yang mana para pengurus UKM Menwa Mahawarman Uniku yang telah mempersiapkan kegiatan LKBB ini dengan matang sehingga bisa berjalan dengan baik dan sukses,” tuturnya.

Toto berharap, kegiatan LKBB seperti ini agar selalu konsisten dilaksanakan oleh UKM Resimen Mahasiswa (Menwa) Mahawarman Universitas Kuningan (Uniku) setiap tahunnya karena bisa menumbuhkan jiwa kedisiplinan, memupuk rasa cinta tanah air dan rasa bela negara pada generasi muda sebagai generasi penerus bangsa.

“Saya yakin dan percaya, UKM Menwa Uniku bisa terus menyelenggarakan kegiatan seperti ini setiap tahunnya secara konsisten,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Kuningan Acep Purnama, SH., MH., mengatakan, pihaknya juga sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan yang dirasa sangat positif dan memiliki manfaatnya itu bagi generasi muda sebagai generasi penerus bangsa.

“Kegiatan LKBB ini, saya rasa sangat positif sekali karena bisa menumbuhkan jiwa kedisiplinan, memupuk rasa cinta tanah air dan rasa bela negara pada generasi muda sebagai generasi penerus bangsa,” tuturnya.

Acep juga berpesan, agar kegiatan seperti ini yang diselenggarakan oleh UKM Menwa Uniku, bisa terus diselenggarakan secara konsisten setiap tahunnya karena banyak memiliki manfaatnya dan sangat positif sekali bagi generasi muda sebagai upaya untuk menumbuhkan jiwa kedisiplinan, memupuk rasa cinta tanah air dan rasa bela Negara.

“Menwa Uniku harus konsisten menyelenggarakan kegiatan LKBB ini setiap tahunnya. Saya yakin dan percaya, UKM Menwa Uniku bisa konsisten menyelenggarakannya kegiatan seperti ini. Perlu diketahui bersama, bahwa baru-baru ini juga Uniku mempelopori sebagai pelopor literasi kampus dengan menyelenggarakan reading marathon selama 42 menit pada saat Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK) tahun 2017 kemarin,” pungkasnya.