Mahasiswa Uniku Jadi Pengisi Acara HAI - Festival Literasi Indonesia 2017 Bersama Kemendikbud RI


Mahasiswa Uniku Jadi Pengisi Acara HAI - Festival Literasi Indonesia 2017 Bersama Kemendikbud RI

UNIKU JAYA - Setelah sukses dengan pementasan “Dalam Ruang Terbatas” di Gedung Kesenian Kuningan, Distra Band sub dari Teater Lintas Ruang Universitas Kuningan (Uniku) dipercaya untuk menjadi pengisi acara di Hari Aksara International (HAI) – Festival Literasi Indonesia yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kuningan. Kebetulan tahun ini Kabupaten Kuningan berkesempatan untuk menjadi tuan rumah HAI 2017.

“Awalnya sempat kaget yah ketika dapat telepon dari kang zeze guru untuk didaulat menjadi salah satu pengisi acara di HAI 2017, sempat tidak percaya juga. Karena ini acara besar dan melibatkan Kemendikbud RI, tentunya ada tantangan tersendiri. Tetapi, kami insyallah bisa menjawab tantangan tersebut. Apalagi ketika kita mengetahui bahwa selain kami juga akan ada VOB yang memang kami sudah kenal sebelumnya, terus juga ada Teater dari SMAN Ciawigebang dan Sanggar Sumasarna Willis yang mana mereka juga sudah tak asing di Kabupaten Kuningan. Bahkan sering menjuari beberapa festival teater ataupun tari. Tentu hal tersebut menjadi motivasi untuk berani melangkah lebih maju lagi kedepan,” ujar Aditya Toharudin saat dimintai keterangan via telepon, Rabu (06/09/2017).

Tak tanggung- tanggung dalam melakukan persiapan untuk tampil diacara HAI 2017 Distra Band, melakukan kolaborasi dengan CP 45 yang dipimpin oleh Raka Praja Pangestu serta bimbingan dari Kang Ipung. Lebih dari itu untuk wardrobenya sendiri mereka melakukan kerjasama dengan designer kondang dari Kota Cirebon MJ BATIQU by Jaenudin yang memang karya- karyanya sudah tak asing lagi didunia pertelevisian khususnya di salah satu tv swasta nasional. Lebih dari itu untuk melengkapi wardrobe vokalis mereka juga disokong oleh ADISTI by Iwan. Band yang beranggotakan 9 orang ini, yaitu Dede Rudiansyah, Dul Halim, Raka, Adimas Bagus, Albi, Tia dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Nadya Lova dari Prodi Ilmu Hukum dan Rofie ini akan tampil pada tanggal 07 September 2017 di HAI Festival Literasi Indonesia yang bertempat di GOR Ewangga Kabupaten Kuningan pada pukul 07.00 WIB.

“Semoga, ini menjadi bekal pengalaman dan menjadi langkah awal untuk hal yang lebih baik lagi kedepannya. Dan, semoga dengan kita bisa tampil diacara tersebut, kita bisa mendapatkan ilmu yang berharga serta pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan. Lebih dari itu, ini juga merupakan berkah dari Allah SWT serta merupakan langkah untuk membranding Distra dan CP 45 untuk lebih maju lagi kedepannya,” jelasnya.

 

(Sumber : Aditya Toharudin/PBSI/FKIP/Uniku-red)