Mahasiswa Baru 2011/ 2012


Mahasiswa Baru 2011/ 2012

Mengawali Kegiatan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK) Mahasiswa Baru UNIKU tahun 2011, Senin 22 Agustus s/d 24 Agustus 2011, marilah kita memanjatkan puji dan rasa syukur ke hadirat Allah yang senantiasa melimpahkan rahmat, hidayah, dan taufik serta kenikmatan yang luar biasa banyaknya kepada kita.

Segenap Civitas Akademika Universitas Kuningan menyambut kehadiran Saudara-saudara mahasiswa baru dengan ucapan "Selamat Datang dan Selamat Bergabung" dalam keluarga besar Universitas Kuningan sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi yang bermartabat dan sangat kita banggakan ini.

Saudara-saudara telah mencapai sukses awal dalam memasuki UNIKU melalui Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB). Hal itu berarti bahwa Saudara-saudara termasuk sekelompok orang "terpilih" karena telah berhasil menggungguli teman-teman Saudara yang berkeinginan sama untuk dapat belajar atau melanjutkan studi di UNIKU. Rasa syukur hendaklah diwujudkan untuk mencapai sukses lanjutan dengan meningkatkan ketekunan, kesungguhan, dan kerja keras selama studi di UNIKU ini, emban ilmu sebaik-baiknya sehingga pada akhirnya Saudara dapat menyelesaikan studi tepat waktu yang disertai prestasi akademik yang membanggakan, serta segera mendapatkan pekerjaan atau menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

Kegiatan OSPEK ini bertujuan membantu para mahasiswa baru UNIKU agar mampu beradaptasi dengan kehidupan kampus UNIKU dan lingkungannya, baik bidang akademik maupun non-akademik. Dengan itu, Saudara-saudara akan memiliki kesiapan dalam mengikuti semua program belajar dan pembelajaran yang pada akhirnya akan membuat Saudara sukses dalam studi.

Lebih dari itu, Saudara dikukuhkan menjadi Sivitas Akademika UNIKU pada Bulan Ramadhan dan bulan ketika bangsa Indonesia memperingati Hari Kemerdekaan. Mari kita bersyukur Kepada Allah SWT Sang Maha Pencipta semoga kita di kuatkan dalam menjalankan ibadah puasa, juga mari bersama kita renungkan sejenak perjuangan para pahlawan kita dalam merebut kemerdekaan negara ini serta perjuangan para generasi berikutnya, dan Saudara-saudara adalah bagian dari generasi penerus tersebut. Kesadaran sebagai generasi penerus bangsa dapat Saudara lakukan dengan memberi makna akan keberadaan dan eksistensi Saudara di kampus dan di masyarakat luas yang sedang dalam proses pembangunan di berbagai bidang kehidupan.

UNIKU menjunjung tinggi kualitas. Kualitas layanan, kualitas proses pendidikan, kualitas penilaian hasil belajar, dan kualitas sarana pendidikan. Kualitas adalah menjadi tradisi UNIKU. Oleh karena itu, sebagai anggota baru keluarga besar UNIKU, Saudara harus selalu menjunjung tinggi kualitas itu. Etos belajar yang keras dengan disiplin dan semangat juang pantang menyerah menghadapi kesulitan dan kendala serta memandang kesuksesan awal sebagai modal kesuksesan lebih lanjut adalah watak insan yang peduli dengan kualitas.

Kami juga sampaikan kabar gembira bagi Saudara-saudara, tentang tersedianya beasiswa untuk mahasiswa UNIKU. Beberapa beasiswa yang diberikan, antara lain Beasiswa dari UNIKU, Beasiswa BBM,Beasiswa PPA, Beasiswa BNI 46 dan lainnya. Oleh karena itu seluruh mahasiswa dituntut untuk berkompetesi untuk mendapatkan Beasiswa tersebut.

Berbagai kegiatan akan Saudara ikuti selama 3 (tiga) hari mulai hari ini, terkait dengan pengenalan program pendidikan, peraturan akademik, administrasi akademik, dan fasilitas kampus, serta program dan kegiatan organisasi kemahasiswaan. Hal itu sejalan dengan kebijakan bidang kemahasiswaan, yaitu penciptaan iklim akademik yang kondusif di kalangan mahasiswa di dalam kampus. Kegiatan-kegiatan tersebut berada di bawah koordinasi Pembantu Rektor III, Dekan dan para Pembantu Dekan, terutama Bidang Kemahasiswaan beserta para Ketua Prodi di setiap fakultas.

Diharapkan juga perhatiannya bagi seluruh sivitas akademika Dosen, karyawan, dan panitia OSPEK sebagai berikut.

  1. Marilah kita terima mahasiswa baru ini dengan penuh kekeluargaan, persaudaraan, kelembutan, dan kasih sayang.
  2. Marilah kita bina mereka agar memiliki Karakter Mahasiswa yang jujur, tanggung jawab, peduli, toleransi dan tangguh.
  3. Marilah kita bimbing mereka agar mampu mandiri, kreatif, inovatif, dan dedikatif dalam usahanya mencapai cita-cita.
  4. Marilah kita bantu mereka untuk memperoleh informasi yang benar dan memiliki kesempatan menyatakan pendapat secara bertanggung jawab yang mungkin berbeda.
  5. Hindarilah usaha-usaha untuk memanfaatkan mereka bagi kepentingan pribadi maupun golongan.
  6. Hargailah mereka sebagai individu yang merdeka, hormatilah hak mereka sesuai dengan eksistensinya sebagai mahasiswa baru.
  7. Berikanlah nasehat dan keteladanan yang terpuji kepada mereka.

UNIKU adalah kampus yang terbebas dan mengharamkan narkoba, perjudian, dan tindakan-tindakan Amoral, kami akan memberikan sanksi berat (mengeluarkan dari warga UNIKU jika yang tersebut atau ada yang melaporkan ke UNIKU atas perbuatanya tersebut), Seluruh mahasiswa harus mematuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh UNIKU agar kampus yang kita cinta ini berkarakter tersendiri berguna untuk perbaikan kampus dan seluruh civitas akademika UNIKU.

Akhirnya, dengan mengucapkan Bismillahirrohmanirrohim, Saudara-saudara semua mahasiswa baru secara resmi dinyatakan sebagai mahasiswa Universitas Kuningan Tahun Akademik 2011/2012, dan untuk selanjutnya pembinaan mahsiswa baru diserahkan kepada dekan masing masing fakultas.

Sekali lagi kami sampaikan "Selamat datang, mahasiswa baru UNIKU angkatan 2011! Selamat berkarya bagi bangsa ini, selamat merajut cits-cita masa depanmu yang indah, dan raihlah masa depan yang lebih baik..."

UNIKU JAYA !!!

Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kekuatan, hidayah, taufiq, dan ridho-Nya kepada kita semua. Amin. Terima kasih kepada semua pihak yang telah mempersiapkan dan terlibat dalam kegiatan OSPEK ini..

Billahi taufiq wal hidayah, wassalammu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh.