Lustrum ke 3, Uniku Berbagi di Ponpes Nurul Huda


Lustrum ke 3, Uniku Berbagi di Ponpes Nurul Huda

UNIKU JAYA – Dalam rangka dies natalis ke 14 dan Lustrum ke 3 Universitas Kuningan (Uniku) yang jatuh pada hari tanggal 06 Juni, Universitas Kuningan (Uniku) menggelar kegiatan yang bertajuk “Uniku Berbagi” di Pondok Pesantren Nurul Huda Desa Timbang Kecamatan Cigandamekar Kabupaten Kuningan, Rabu (06/06/2018).

Acara yang dihadiri oleh Ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan (YPSAK) Djuhari Karnawisastra, M.Pd., Ketua Pengurus YPSAK Drs. Uri Syam, SH., MH., beserta jajarannya, Rektor Uniku Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., beserta jajarannya, Ketua Ponpes Nurul Huda Kyai Ade Abdul Halim dan tamu undangan lainnya itu, diisi dengan penyerahan santunan sebesar Rp. 10.000.000,-, tausiyah dengan tema syukur nikmat, pemotongan tumpeng, buka bersama, sholat magrib berjamaah dan ditutup dengan makan bersama.

Dalam sambutannya, Rektor Uniku Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., mengatakan, pada hari ini tanggal 06 Juni merupakan hari lahirnya Universitas Kuningan (Uniku).

“06 Juni 2003 atau lebih tepatnya 15 tahun yang lalu Uniku berdiri dalam ritual kampus dikenal dengan hari ulang tahun (Anniversary) atau lebih terkenal lagi dengan nama dies natalis,” tuturnya.

Dijelaskannya, pada tahun ini ada sedikit berbeda bila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini, momentum dies natalis Uniku bertepatan dengan bulan suci Ramadhan.

“Untuk itu, pada tahun ini mencoba menggelar kegiatan dengan nama dies natalis itu diluar kampus Uniku dengan mendatangi pondok pesantren Nurul Huda di Desa Timbang Kecamatan CIgandamekar Kabupaten Kuningan dengan tema “Uniku Berbagi”,” jelasnya.

Lebih jauh, sambung mantan Wakil Rektor III Uniku itu, ada dua (2) hal di momentum dies natalis ini. Yang pertama adalah sebagai media untuk berinstrospeksi diri dan mengevaluasi apa yang sudah kami lakukan dan capai dalam usia yang sudah menginjak diangka 15 tahun. Kedua, di momentum dies natalis ini juga akan menjadi acuan untuk bisa lebih baik di masa yang akan datang.

“Alhamdulillah, Uniku sekarang sudah memiliki 18 jurusan atau program studi (Prodi) yang sudah hampir 80 % terakreditasi B, bahkan ada yang sudah terakreditasi A. Tahun depan, ada beberapa prodi lagi yang masih C, mudah-mudahan bisa berubah menjadi B. Dan yang paling berbahagia lagi adalah, tahun ini Uniku sudah terakreditasi B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan nilai 321. Di wilayah III Cirebon kita merupakan ketiga perguruan tinggi yang terakreditasi B, tetapi kalau dilihat dari jumlah nilai, mungkin kita yang paling pertama. Sedangkan, untuk di Jawa Barat itu sendiri kita merupakan yang ke 39 perguruan tinggi dengan akreditasi B,” sambungnya.

Ditambahkannya, hari ini merupakan salah satu bentuk rasa syukur kita kehadirat Allah SWT atas beberapa raihan prestasi yang sudah ditorehkan oleh Uniku.

“Dengan rasa syukur, kenikmatan dan keberkahan akan terus bertambah, lebih maju dan bisa unggul di masa-masa yang akan datang. Perlu diketahui juga bersama, bahwa Uniku juga membuka jalur hafiz qur’an yang pelaksanaan seleksinya sudah diselenggarakan pada tanggal 14 April 2018 yang lalu. Alhamdulillah, ada 5 orang calon mahasiswa yang dinyatakan lolos dan di biaya selama 8 semester oleh Uniku. Sementara, yang masih dibuka sekarang sampai dengan tanggal 16 Agustus 2018 itu adalah jalur reguler gelombang 2. Mari bergabunglah bersama kami, Universitas Kuningan (Uniku),” tambahnya.

Sedangkan, Ketua Ponpes Nurul Huda Kyai Ade Abdul Halim dalam sambutannya, mengatakan, dirinya mengucapkan terimakasih atas kepercayaan Uniku kepada ponpes Nurul Huda sebagai tempat untuk berbagi di hari dies natalisnya yang ke 15.

“Terimkasih saya sampaikan kepada seluruh jajaran Uniku dan Yayasan yang telah memberikan kepercayaan kepada kami Ponpes Nurul Huda untuk menggelar kegiatan yang bertajuk “Uniku Berbagi” di Ponpes yang dipimpinnya. Dan dirinya juga memohon maaf bila ada kekurangannya dalam segi tempat dan penerimaannya. Mohon maklum, karena di Ponpes yang dipimpinnya itu sedang dilakukan renovasi,” tuturnya.

Dirinya mendoakan, semoga Uniku bisa lebih maju, lebih baik dan lebih berkembang lagi kedepannya.

“Saya dan para santri turut mendoakan, semoga Uniku kedepannya bisa lebih baik, lebih maju dan lebih berkembang lagi. Amien YRA,” pungkasnya.